jurnalis adalah
Upskill

Jadi Jurnalis Aja? 10 Top Pekerjaan Jurusan Jurnalistik

Hai guys, pasti kamu udah gak asing lagi kan denger nama Najwa Shihab, jurnalis berita di TV atau mungkin penyiar radio seperti Gofar Hilman? Sebenarnya kamu tau gak sih kalau pekerjaan sebagai penyiar atau jurnalis berita merupakan salah satu pekerjaan yang bergerak di bidang jurnalistik loh. Sebagai calon mahasiswa baru, kamu bisa mempelajari bidang jurnalistik dengan ambil kuliah jurusan jurnalistik di kampus idaman loh. Kira-kira jurusan jurnalistik belajar apa aja, ya?

Jurusan jurnalistik atau jurnalis adalah salah satu program studi yang paling dinamis di antara yang lainnya. Biasanya jurusan ini masuk ke dalam fakultas ilmu komunikasi dan kamu bisa mempelajari semua hal loh.

Beberapa kegiatan jurnalis adalah mencari, mengolah, dan menyebarluaskan berita kepada khalayak melalui media massa. Di jurusan jurnalistik ini, kita akan berlatih untuk mencari, menulis, menyunting berita untuk bisa didistribusikan melalui berbagai media mulai dari media cetak, TV, radio, dan media online.

Jurusan jurnalistik gak hanya mengajarkan kamu tentang menulis sebuah berita aja loh. Kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana melakukan wawancara kepada narasumber, belajar pengambilan gambar menggunakan kamera, sehingga kamu akan terlatih melihat sebuah masalah dan berpikir secara kritis. 

Selama kelas di perkuliahan ini berlangsung, kamu juga akan mempelajari dasar-dasar ilmu komunikasi dan jurnalistik untuk menjadi bekalmu mengikuti kelas-kelas selanjutnya nanti. Mata kuliah jurusan jurnalistik yang akan kamu pelajari antara lain bahasa jurnalistik, penulisan berita, broadcasting, pengantar ilmu komunikasi, jurnalistik radio, jurnalistik TV, pengantar ilmu komunikasi, komunikasi antar pribadi, jurnalistik foto,hingga komunikasi internasional.

Gak cuman program pembelajarannya aja yang dinamis, tapi karir di masa depan bagi mahasiswa jurusan jurnalistik juga dinamis loh! Kamu bisa bekerja jadi apa aja yang kamu mau karena kamu mempelajari dasar-dasarnya! Bahkan kerjaanmu gak hanya jadi wartawan aja loh, yuk intip 10 prospek kerja jurnalistik di masa depan!

1. Travel blogger

Prospek kerja jurusan jurnalistik yang pertama adalah kamu bisa menjadi seorang travel blogger apalagi kalau kamu orangnya senang banget travelling! Sambil liburan bisa sambil mencari cuan, cukup dengan posting gambar instagram dan menulis blog setiap hari bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Kisaran pendapatan yang akan kamu dapatkan gak menentu tergantung dari seberapa banyak dan sering kamu membagikan tulisanmu di media sosial. Jadi, skill dan kemampuan menulismu yang akan berbicara nih! Kapan lagi kan travelling ke berbagai kota sambil liburan bisa sambil jadi penghasilan.

2. Presenter atau pembawa berita

Menjadi seorang presenter atau pembawa berita bisa menjadi salah satu pekerjaan yang menyenangkan karena kamu bisa membawakan acara, event, atau menjadi pembaca berita di TV. gak cuman acara-acara yang serius seperti buletin berita aja, tapi kamu juga bisa menjadi presenter olahraga aau infotainment juga loh. Yakin gak mau?

3. Wartawan atau jurnalis

Menjadi seorang jurnalis merupakan salah satu pekerjaan yang paling awam jika kamu masuk ke jurusan jurnalistik. Namun, meskipun peminatnya banyak, menjadi seorang jurnalis bukan sebuah pekerjaan yang mudah karena membutuhkan keberanian dan komitmen dalam menyajikan sebuah berita yang layak bagi masyarakat loh.

Jam kerja menjadi seorang jurnalis juga tidak tetap dan jarang bisa dapat waktu libur di weekend, tapi keuntungannya adalah kamu bisa bertemu banyak orang yang berpengalaman dan bisa menjalin relasi dengan narasumber loh.

4. Fotografer

Sebagai mahasiswa lulusan jurnalistik, kamu juga bisa bekerja menjadi seorang fotografer. Gak hanya sekedar memotret sebuah gambar saja, tapi menjadi seorang fotografer, kamu juga harus mampu merancang, merencanakan ide, dan mempersiapkan segala prosesnya untuk foto. Kalau kamu sudah selesai melakukan pemotretan, kamu juga harus mampu melakukan editing foto, mengatur layout, dan melakukan percetakan.

Baca Juga: Jurusan Baru Di Indonesia! Simak Jurusan Digital Media

5. Public Relation

Sebagai mahasiswa lulusan jurnalistik, kamu juga bisa bekerja menjadi Public Relation atau sering disebut sebagai Hubungan Masyarakat (Humas). Kamu akan bertanggung jawab sebagai penghubung komunikasi antara ruang publik dengan sebuah instansi tertentu.

Selain itu, kamu akan membawa perusahaan atau brand tertentu sehingga dapat dikenal publik melalui berbagai medium seperti media sosial, pernyataan pers, maupun melalui internet. Kamu juga memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan sebuah event yang mungkin membutuhkan kerjasama dari pihak sponsor atau penyedia iklan.

6. Youtuber

Saat ini semakin berkembangnya dunia digital, siapa sih yang gak pengen jadi youtuber? Mulai dari lulusan komunikasi hingga lulusan dari program studi lain semuanya bisa menjadi seorang youtuber. Kalau kamu menekuni bidang sebagai seorang youtuber, kamu bertanggung jawab untuk aktif membuat sebuah video per harinya.

Penghasilan yang akan kamu dapatkan akan berdasarkan jumlah views dan subscriber yang berhasil kamu kumpulkan. Jadi, membutuhkan konsistensi dan waktu yang panjang untuk membangun karier ini guys.

7. Editor 

Prospek kerja jurusan jurnalistik selanjutnya adalah menjadi seorang editor atau penyunting tulisan. Kamu akan memiliki tanggung jawab untuk mencari, memperbaiki, dan mempublikasikan sebuah naskah. Namun, kamu gak hanya bisa menjadi seorang editor tulisan aja, kamu juga bisa menjadi editor foto, editor video, film, dan lain sebagainya.

8. Content writer di perusahaan/startup

Gak hanya bekerja di media aja, tapi kamu juga bisa bekerja di perusahaan atau startup menjadi seorang content writer. Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi berbagai konten-konten menarik di blog, media sosial, website agar bisa dibaca oleh orang banyak.

Content writer membantu perusahaan atau startup di bidang periklanan sehingga tulisan yang dibuat oleh seorang content writer biasanya akan berkaitan dan memiliki relevansi terkait dengan produk perusahaan agar traffic website di perusahaan tersebut bisa tinggi.

9. Periklanan/agency

Saat ini seluruh produk barang dan jasa agar bisa dikenal oleh masyarakat bisa dipromosikan melalui iklan. Sehingga, prospek kerja mahasiswa jurusan jurnalistik bisa berkutat di bidang periklanan loh. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengembangkan konsep ide dan terlibat mulai dari pre production hingga post production.

Kamu akan bertanggung jawab untuk memperlancar promosi dengan membentuk citra dari brand suatu produk barang atau jasa tertentu. 

10. Kameramen atau juru kamera

Prospek kerja jurusan jurnalistik yang selanjutnya adalah menjadi seorang kameramen atau juru kamera di stasiun TV. kamu akan bertugas untuk mengoperasikan kamera dan bertanggung jawab untuk seluruh aspek teknis dari proses perekaman video dan gambar sehingga menjadi berkualitas.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar.

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu.

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu explore!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *