robotic
Upskill

Simak Keunikan Jurusan Industrial Robotic Design Yuk!

Hai guys, kamu pernah gak sih denger tentang jurusan robotic? Mungkin beberapa dari kamu pasti pernah melihat bahwa banyak dunia saat ini sedang berlomba-lomba untuk membuat berbagai inovasi seperti Artificial Intelligence (AI) atau robot yang bisa membantu beberapa orang-orang untuk mengerjakan pekerjaannya.

Ternyata yang menciptakan robot seperti itu saat ini sudah ada jurusannya sendiri loh di Indonesia yaitu jurusan Industrial Robotics Design! Jurusan ini masuk ke salah satu jurusan yang menarik perhatian para mahasiswa baru loh, ada yang menganggap bahwa jurusan ini adalah jurusan desain yang berkaitan dengan gambar menggambar, ada juga yang mengira jurusan ini adalah jurusan yang khusus untuk membuat robot-robot elektronik. Nah, daripada bingung, simak yuk penjelasan jurusan Industrial Robotics Design khususnya di Indonesia!

Program studi Industrial Robotics Design akan mengajak kamu untuk mempelajari berbagai seluk beluk robot industrial seperti merancang robot canggih yang bisa digunakan untuk membantu proses produksi pada pabrik. Banyak sekali yang beranggapan bahwa kerja-kerja robot akan berhasil untuk menggantikan pekerjaan manusia, dan kegiatan inilah yang akan kamu pelajari nanti di jurusan ini.

Baca Juga: Jurusan Baru Di Indonesia! Simak Jurusan Digital Media

Jurusan Industrial Robotics Design juga bisa menjadi pilihan kamu kalau kamu sangat menyukai teknologi dan berminat untuk memperdalam tentang teknik robotika. Mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini antara lain seperti Algoritma & pemrograman, pengantar teknik elektro, teknologi digital, rangkaian listrik, elektronika, gambar teknik, arsitektur komputer, dan lain sebagainya. 

Untuk prospek kerja di jurusan Industrial Robotics Design pun juga memiliki peluang kerja yang besar loh di masa depan khususnya di industri 4.0 ini. Kamu bisa berkarir menjadi mekanik mesin industri, programmer peralatan industri, ahli teknik material, ahli teknik mekatronik, spesialis robotik, ahli teknik elektronik, dan lain sebagainya.

Ada tiga universitas yang bisa goKampus rekomendasiin kalau kamu ingin mengambil kuliah jurusan robotika loh! Ini dia!

1. Oregon State University (OSU)

Universitas yang unggul di jurusan robotika yang pertama adalah Oregon State University (OSU). OSU merupakan salah satu universitas unggulan di Amerika Serikat yang termasuk dalam Tier 1 Research University, yakni salah satu dari sekian universitas dengan aktivitas riset paling tinggi di Amerika Serikat. 

Sebagai salah satu universitas dengan reputasi penelitian terbaik di Amerika Serikat, pada tahun ini Oregon State University menempati peringkat 58 untuk kategori universitas paling inovatif dan merupakan top 100 universitas publik di Amerika Serikat. 

OSU juga terkenal banget dengan program studi teknik robotic mereka, bahkan menduduki posisi empat besar loh di Amerika. Sempat terkenal juga waktu 2017 lalu, bahwa para peneliti dari Oregon State University menciptakan sebuah robot yang bisa bergerak secara fleksibel tapi sangat efisien seperti tubuh binatang. Robot ini sengaja dibuat agar robot ini mampu untuk bisa memiliki energi layaknya tubuh manusia dan bisa menghadapi segala situasi. 

Robot ini diberi nama Casey yang dimana berbentuk menyerupai burung unta, dan dengan dukungan dana sebesar $1 juta dari pemerintah AS, maka para peneliti dari OSU juga mengembangkan robot berkaki dua lainnya. Jadi, buat kamu yang suka banget dengan robotik, yakinkan dirimu untuk bisa kuliah di Amerika ya! 

Selain itu, program studi dari Oregon State University yaitu jurusan kehutanan mendapatkan peringkat kedua terbaik di dunia loh. Oregon State University juga merupakan universitas terkemuka yang mungkin diakui secara nasional dalam praktik pengajaran, penelitian, pelayanan, dan manajemen yang memang mengedepankan kelestarian dan tanggung jawab lingkungan. Dijamin deh jurusan kehutanan di OSU akan menghasilkan kamu sebagai lulusan yang oke dan siap untuk berkarir di masa depan.

Selain program studi kehutanan, program studi oseanografi yang ada di OSU menduduki peringkat tiga besar dunia loh. Buat kamu yang masih bingung program studi oseanografi itu apa sih? Kok sampai jauh-jauh harus kuliah di Amerika? Pada dasarnya, ilmu oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan, tapi jurusan ini berbeda dengan jurusan kelautan itu sendiri, bedanya dimana?

Nah, kalo ilmu oseanografi, kamu akan lebih mendalami berbagai fenomena laut yang kemudian bisa diaplikasikan ke berbagai macam bidang misalnya tentang lingkungan, bencana laut, atau mitigasi bencana. Sedangkan kalau jurusan ilmu kelautan, biasanya kamu akan lebih banyak mempelajari tentang ilmu dasar dan teorinya yang nanti baru dikaitkan dengan kelautan misalnya saja seperti biota atau sumber daya alamnya.

Nah, ini dia yang membuat jurusan ini lebih sering dikaitkan dengan topik perikanan dan lebih dikenal dengan sebutan jurusan ilmu kelautan dan perikanan. Wah.. kamu gak perlu susah-susah lagi untuk kuliah di Amerika khususnya di OSU, karena OSU merupakan salah satu universitas terbaik yang menyediakan program online sejak lama yaitu semenjak tahun 2000-2001! Klik halaman ini untuk informasi lebih lanjut ya.

2. Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya (Ubaya) memiliki program studi Industrial Robotic Design yang mempelajari tentang teknik perancangan dan rekayasa robot untuk keperluan otomatisasi proses produksi seperti perakitan kendaraan (mobil), makanan dan minuman dalam kemasan (kertas, kaleng, botol, plastik), industri obat dan kosmetik, sampai industri penghasil robot industri itu sendiri.

Mahasiswa lulusan Industrial Robotic Design memiliki keahlian menganalisis, merancang, dan membuat robot yang digunakan industri untuk melakukan proses produksi secara otomatis serta melakukan rekayasa atau modifikasi robot sesuai kebutuhan.

3. PSB Academy Singapore

Universitas luar negeri yang kedua adalah PSB Academy Singapore. PSB Academy adalah salah universitas swasta atau sekolah tinggi swasta di Singapore yang memiliki jurusan robotic dan memiliki berbagai kerjasama dengan beberapa universitas luar negeri dari Australia seperti University of Newcastle, University of Wollongong, latrobe university dan universitas dari UK seperti coventry university, edinburgh napier university. 

Kalau kamu ingin melanjutkan kuliah di bidang robotic,kamu bisa masuk ke program studi teknik elektro. Jurusan teknik elektro adalah disiplin ilmu yang luas karena mencakup studi mengenai kontrol dan otomatisasi, pembangkit, dan distribusi tenaga serta elektronik digital. Untuk masuk ke jurusan ini, kamu harus bisa menguasai studi matematika, sains, teknologi, dan konstruksi.

Selain teknik robotika yang unggul, keunggulan PSB Academy lainnya adalah memiliki durasi program kuliah yang cukup singkat. Durasi program kuliah di PSB Academy untuk mendapatkan gelar Bachelor Degree/S1 hanya butuh 2 tahun aja.

Hal ini dikarenakan PSB Academy termasuk salah satu kampus swasta di Singapura, sedangkan jika kampus-kampus negeri di Singapura untuk mendapatkan gelar S1 harus membutuhkan waktu 3-4 tahun. Wah,kalo di Indonesia ada yang kuliah S1 hanya 2 tahun pasti jadi incaran banget tuh!

Selain durasinya yang singkat, kurikulum di PSB Academy juga mengambil kurikulum dari luar negeri khususnya dari Australia. Kenapa? Karena sistem kampus PSB Academy adalah sistem partnership. Sehingga, untuk jenjang pendidikan S1, PSB Academy juga bekerja sama dengan kampus-kampus di Australia dan UK.

Program-program studi di PSB Academy juga bervariasi seperti jurusan IT, bisnis, perhotelan, akuntansi/keuangan,dan komunikasi. Selain itu, PSB Academy juga memiliki dua jurusan terbaru yang kekinian banget nih, ada fakultas digital marketing, dan cyber security.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *