revolusi industri 4.0
Upskill

Simak Pengertian Revolusi Industri 4.0 Yuk!

Revolusi industri 4.0 merupakan istilah yang udah gak asing lagi buat masyarakat nih. Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi dan informasi terjadi begitu cepat bahkan hampir seluruh kegiatan lapisan masyarakat semuanya dibantu dengan teknologi. Mulai dari komunikasi, makanan, belanja, hingga kegiatan lain-lainnya. Buat kamu yang masih belum tau tentang revolusi industri 4.0, simak pembahasan artikel ini yuk!

Apa itu revolusi industri 4.0?

Revolusi industri 4.0 adalah sebuah perubahan di mana untuk memproduksi suatu barang bisa memanfaatkan mesin dan teknologi sebagai tenaga penggerak dan pemroses. Jadi revolusi industri ini hadir untuk bisa menjawab permasalah efektivitas dan efisiensi dalam memproduksi suatu barang. Revolusi industri 4.0 juga mengintegrasikan antara teknologi cyber dan teknologi otomatisasi.

Pemanfaatan teknologi ini juga merupakan dasar dari masing-masing revolusi industri. Dampak era revolusi industri 4.0 adalah teknologi digital yang digunakan dan memungkinkan terjadinya koneksi antara mesin fisik dan sistem produksi. Terdapat beberapa teknologi yang menjadi unsur utama terhadap pengembangan industri konvensional menuju industri digital.

Mungkin kamu sering mendengar tentang Internet of Things (IoT), Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep atau program di mana sebuah objek memiliki kemampuan untuk bisa mentransmisikan atau mengirimkan sebuah data melalui sebuah jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia.

Kamu juga bisa melihat perkembangannya dalam kehidupan sehari-hari mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, internet, dan termasuk inovasi terbaru yang kerap kali Anda jumpai seperti QR Code.

Cara Kerja Internet of Things (IoT)

IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi dari algoritma bahasa pemrograman yang telah berhasil disusun sehingga setiap argumen yang terbentuk akan menghasilkan sebuah interaksi yang bisa membantu sebuah perangkat keras atau mesin untuk melakukan sebuah fungsi, sehingga mesin tersebut tidak lagi memerlukan bantuan dari manusia dan bisa dikendalikan secara otomatis.

Yang menjadi perhatian adalah bagaimana program tersebut terletak pada jaringan internet yang menjadi penghubung antar sistem dan perangkat keras, sehingga tugas utama dari manusia adalah menjadi seorang pengawas yang bertugas untuk monitoring setiap tindakan dari fungsi mesin ini saat sedang bekerja.

Baca Juga: Jurusan Baru Di Indonesia! Simak Jurusan Digital Media

Penggunaan IoT di industri

Berikut adalah contoh penggunaan IoT di berbagai industri dunia,yaitu:

1. Penggunaan IoT di industri kesehatan

Salah satu bentuk penggunaan IoT di bidang kesehatan. Dengan membuat sebuah terobosan baru dalam pengembangan mesin dan alat medis untuk bisa mendukung pekerjaan tenaga medis sehingga bisa bekerja dengan jauh lebih efektif,tepat, dan mengurangi resiko.

Contoh keberadaan IoT di dunia kesehatan adalah seperti membantu proses pendataan detak jantung, mengukur kadar gula di tubuh, melakukan pengecekan suhu tubuh, dan lain sebagainya. Seluruh data yang diperoleh akan disimpan dalam penyimpanan data berskala besar. Sehingga, keberadaan IoT yang terintegrasi bisa membantu industri kesehatan dengan lebih baik agar jauh lebih berkembang.

2. Penggunaan IoT di industri transportasi

Penggunaan IoT di bidang transportasi contohnya ketika Anda berkendara dengan mobil sendiri secara manual, seluruh keputusan dan aturan menyetir terletak pada Anda. Namun, saat ini para ahli menciptakan mobil yang bisa berjalan sendiri sesuai dengan prosedur dan program yang baik.

Selain kendaraan, sistem lalu lintas juga menggunakan cakupan IoT, keberadaan IoT mampu mengontrol berbagai sistem lalu lintas saat kondisi sedang ramai atau sedang sepi sehingga mampu mengurangi resiko angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

3. Penggunaan IoT di industri pertanian

Penggunaan IoT di bidang pertanian contohnya saat zaman dahulu aktivitas di bidang pertanian fokus pekerjaan di lapangan dan harus dilakukan secara manual, maka keberadaan IoT mengubah sudut pandang tersebut. Penerapannya bisa dimanfaatkan untuk membantu kegiatan menanam, memantau keadaan cuaca, atau penggunaan traktor yang bisa dikelola hanya menggunakan smartphone.

4. Penggunaan IoT di bidang energi

Penggunaan IoT di bidang energi adalah mengintegrasikan sejumlah besar perangkat yang menggunakan energi seperti listrik,lampu, televisi dengan konektivitas internet. Keberadaannya memungkinkan jaringan atau mesin bisa jauh lebih hemat dan efektif.

Perangkat ini juga bisa memungkinkan akses remote control dari pengguna atau bisa mengaktifkan fungsi seperti penjadwalan (misal; menyalakan/mematikan mesin, mengubah kondisi pencahayaan menjadi lebih terang/redup, hingga mengendalikan pemanas). Dengan penggunaan IoT di bidang ini, sistem bisa bertindak berdasarkan informasi yang terkait dengan energi dan daya untuk meningkatkan efisiensi.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *