manfaat media sosial
Tips Belajar

Inilah Beragam Manfaat Media Sosial, Gak Selalu Buruk

Tonton Sekarang

Saat ini, semua informasi dapat kamu temukan dengan mudah dan cepat melalui social media. Misalnya, melalui Twitter, kamu bisa mendapatkan informasi terkini dalam hitungan detik. Bahkan, kamu dapat melihat hal-hal yang lagi trending di dunia saat itu juga. Itulah salah satu manfaat media sosial untuk kehidupan kita.

Sejak awal muncul, media sosial memiliki pro dan kontra. Social media bisa merugikan dan berdampak negatif jika kamu menyalahgunakannya. Sebaliknya, media sosial akan memiliki banyak manfaat kalau kamu bijak menggunakannya. Di artikel ini, goKampus akan bahas beragam manfaat media sosial.

Sebelum membahasnya, buat kamu yang butuh jasa social media marketing, klik di sini!

Apa Saja Manfaat Media Sosial?

Mengutip dari website New York Times, setidaknya ada empat hal penting yang dapat kita lakukan melalui media sosial, seperti mencari dan menemukan berbagai ide dan tren terkini, terhubung lebih dekat dengan para pengguna, mendapatkan perhatian dan traffic, hingga membangun dan meningkatkan brand milikmu sendiri.

Jika kamu bisa memaksimalkan penggunaan media sosial di kehidupan sehari-hari, mengutip dari Gramedia, maka kamu akan mendapatkan manfaat berikut ini!

1. Mengasah dan meningkatkan kemampuan

Salah satu manfaat media sosial adalah dapat menjadi sarana belajar yang mudah, praktis, dan dapat diakses setiap waktu. Melalui media sosial, kamu dapat berbagi serta mendapat berbagai konten dan informasi yang edukatif. Belajar melalui media sosial bisa dengan berbagai cara, seperti membaca artikel, berdiskusi dengan pengguna media sosial yang ahli pada bidang-bidang tertentu, menonton video tutorial, hingga mengikuti akun-akun yang edukatif.

2. Menyimpan data dan dokumentasi

Media sosial dapat menjadi sarana komunikasi dan menyimpan atau mendokumentasikan berbagai konten, baik berbentuk foto, video, Selain untuk menyebaluaskan informasi, seluruh dokumentasi di media sosial bisa berguna sebagai pengingat atau kenang-kenangan.

3. Menyusun strategi dan evaluasi

Melalui media sosial, kamu juga dapat menentukan dan menyusun strategi pemasaran. Tujuannya adalah sebagai sarana promosi konten atau brand tertentu agar menarik perhatian lebih banyak pengguna. Dengan begitu, konten yang kamu unggah dapat publik atau audiens kenali. Selanjutnya, melalui media sosial, kamu juga bisa mendapatkan respons atau tanggapan dari followers atau audiens. Respons tersebut berguna untuk bahan evaluasi.

Meski melalui media sosial kita dapat membagikan informasi seluas-luasnya tanpa batas, namun gak semua informasi tersebut bisa kamu bagikan. Kamu juga harus bijak dan bertanggung jawab mengolah informasi. Tentu kamu gak mau kan terjerumus ke hal negatif dan merugikan diri sendiri serta orang lain karena gak bijak menggunakan media sosial?

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing yang Jitu dan Efektif

So, itulah beragam manfaat media sosial yang perlu kamu ketahui. Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Pekerjaan yang berhubungan dengan social media memang terus berkembang. Sambil mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja atau upgrade skill yang sesuai kebutuhan industri, kamu bisa ambil kelas Social Media Marketing di goKampus.

Kalau sudah belajar dan mulai profesi di bidang ini, kamu bisa menawarkan jasa social media marketing juga loh! Ayo mulai belajar sekarang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *