Karena banyak hal yang belum diketahui oleh mahasiswa baru, perlu diketahui bahwa dunia kampus sepenuhnya BERBEDA dengan sekolah. Biasanya, banyak yang menganggap menjadi mahasiswa adalah hal yang menyenangkan. Rasanya benar juga, tapi ketahui dulu deh 5 hal berikut ini ketika menjadi MABA ( Mahasiswa Baru), agar kamu bisa menyesuaikan diri di lingkungan kampus yang baru!

1. Jadwal kuliah beda dengan sekolah
Di sekolah, pasti sudah terbiasa dengan jadwal mulai dari Senin-Jumat. Lalu apa yang membuat beda dengan kuliah? Di kuliah kamu tidak akan menemui jadwal kuliah yang ‘stabil’. Ketika dosen sudah masuk dan berkata, “Kuliah hari ini ditiadakan dan diganti besok. Terima kasih”, mahasiswa bisa apa? Tentunya mengikuti perubahan jadwal itu.
2. Guru dan dosen adalah sosok yang berbeda
Di sekolak, guru selalu membimbing dan mengarahkan layaknya orangtua sehingga kamu selalu terpantau. Namun berbeda dengan dosen, mereka cenderung memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk menggali informasi dan mengembangkan keterampilannya sendiri. Di sinilah seni sebagai mahasiswa dimulai. Berkreasilah.
3. Banyak komunitas dan organisasi
Ketika di sekolah hanya ada beberapa ekstrakurikuler yang bisa diikuti, berbeda denga di kampus. Saat kuliah kamu bisa memilih banyak kegiatan dari sekian banyak daftar komunitas dan organisasi yang ada. Karena di masa kuliah adalah waktu yang tepat untuk memperluas komunitas.
4. Beasiswa
Sangat disarankan untuk peka terhadap informasi beasiswa. Cobalah untuk lebih sering browsing di internet, mengikuti komunitas beasiswa, atau menghubungi pihak kemahasiswaan kampus untuk update info beasiswa.
5. Bisa kuliah sambil kerja
Bagi kalian yang jadwal kuliahnya tidak padat, alias banyak liburnya, ada baiknya untuk mencari pekerjaan part-time atau buka usaha, lumayan kan untuk nambah pengalaman dan uang jajan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like