Menentukan pilihan jurusan kuliah bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Faktanya, tidak sedikit yang harus berhenti di awal perkuliahan dan kembali memulai dengan jurusan yang baru alias salah memilih jurusan, dimana belum tentu juga jurusan yang baru itu sudah cocok dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Memilih jurusan kuliah menjadi sebuah langkah awal yang sangat berarti dalam meniti karir di masa yang akan datang. Ketika pijakan awal sudah “goyang”, maka cukup sulit untuk menginjakkan langkah selanjutnya.

Jangan Sampai Salah Jurusan Kuliah, Ini Tipsnya!

Sejatinya, masing-masing dari kita memiliki pengalaman dan waktu yang berbeda-beda. Tidak sepenuhnya menjadi sebuah kesalahan ketika harus kembali belajar dari awal saat merasa jurusan kuliah yang dipilih tidak sesuai. Tapi juga harus diketahui bersama bahwa dengan mengulang dari awal, itu artinya kita kehilangan waktu, meski itu juga menjadi waktu yang berharga karena melahirkan pengalaman yang juga bermakna.

Pada intinya, untuk memilih jurusan kuliah yang menjadi langkah awal untuk mengarungi dunia perkuliahan hampir kurang lebih selama 8 semester (berarti 4 tahun atau lebih cepat sekitar 3,5 tahun), harus benar-benar diperhitungkan dengan seksama hingga pada akhirnya menghadirkan keputusan terbaik.

Dan, setelah mengambil keputusan, maka langkah terbaiknya adalah menjalani dengan penuh keyakinan. Hilangkan lagi rasa ragu yang membelenggu, karena itu menjalani awal sebuah penyesalan.

Penentuan Jurusan Kuliah Berawal Dari Minat dan Bakat

Untuk membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat dan tentunya terbaik, maka jalan awal yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari tahu sebenarnya apa hal atau bidang yang menjadi kemampuan kamu. Dengan kata lain, kamu tahu apa minat dan bakat yang terpendam di dalam diri kamu selama ini.

Tes minat dan bakat menjadi langkah mudah untuk membantu kamu dalam mengambil keputusan dalam memilih jurusan kuliah. Dan bahagianya buat kamu adalah bahwa di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali situs-situs yang menghadirkan tes minat dan bakat. Ada yang berbayar, tapi tidak sedikit pula yang gratis.

Pada dasarnya, baik yang gratis maupun yang berbayar, hasil dari tes yang telah kamu lakukan itu bisa menjadi salah satu faktor dalam menentukan jurusan kuliah. Kuncinya adalah ketika melakukan tes, kerjakan dengan jujur. Jawab tidak suka jika memang itu tidak menggambarkan diri kamu. Sebaliknya, jika itu jawaban mewakili siapa diri kamu, maka jawablah dengan benar. Usahakan menghindari jawaban netral.

goKampus Hadir Dengan Aptitude Test

Berbicara mengenai tes minat dan bakat, tahukah kamu bahwa goKampus menghadirkan fitur baru yang bernama Aptitude Test. Sebuah tes minat dan bakat yang membantu kamu mengenal siapa diri kamu sebenarnya, sekaligus juga membantu dalam menentukan jurusan kuliah.

Dari hasil Aptitude Test yang kamu lakukan di goKampus, tidak hanya akan muncul penjelasan minat dan bakat diri kamu, tetapi juga rekomendasi jurusan kuliah beserta universitas yang sesuai.

Tidak perlu merasa ragu akan hasil Aptitude Test di goKampus. Pasalnya, tes ini menggunakan metode yang disebut Holland Code. Seorang psikologi asal Amerika Serikat, John L. Holland adalah sosok dibalik Holland Code.

Dengan demikian, urusan memilih jurusan kuliah bukan lagi suatu masalah yang besar ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Melalui aplikasi goKampus juga, kamu langsung bisa daftar kuliah, bahkan berkesempatan meraih beasiswa kuliah. So, download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like