larangan mudik
Tips Belajar

Lebaran 2022, Larangan Mudik Sudah Gak Ada Nih!

Pandemi COVID-19 sempat membuat pemerintah membuat larangan mudik. Menjelang Lebaran tahun 2022, penyebaran virus corona berangsur-angsur mereda. Berkat vaksin, penyebaran dan dampaknya sudah gak seganas kejadian pada 2020 dan 2021. Nah tahun ini, larangan mudik sudah gak ada nih guys.

Larangan Mudik Gak Ada, Tapi Ada Syaratnya Loh!

Pada 2022, pemerintah sudah gak memberlakukan larangan mudik. Tapi, ada syarat yang harus kamu ikuti? Syarat tersebut adalah vaksin. Lebih jelasnya seperti ini:

  1. Jika kamu sudah vaksin ketiga alias booster, kamu boleh melakukan perjalanan tanpa harus mengikuti tes kesehatan. 
  2. Jika kamu baru dua kali vaksin (2 dosis), kamu harus menjalani pemeriksaan kesehatan dengan rapid test antigen lebih dulu. Tentu saja hasilnya harus negatif COVID-19.
  3. Baru sekali vaksin? Siap-siap untuk tes PCR dulu sebelum menempuh perjalanan mudik.

Baca Juga: Fakta Unik! Kepanjangan dan Beberapa Versi Asal Kata Mudik

Pemberlakuan kewajiban vaksin bagi pemudik bertujuan untuk melindungi kelompok lansia. Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, lansia adalah salah satu kelompok yang paling rentan terpapar COVID-19. 

Saat lebaran, kerabat dan keluarga akan bertemu. Tradisinya sih, anak-anak akan menyambangi rumah orang tua dan kerabatnya yang lebih tua untuk bersilaturahmi. Nah, ini memperbesar kemungkinan lansia terpapar COVID-19. Padahal, risiko kematian kelompok lansia akibat COVID-19 relatif tinggi dibanding kelompok usia lain.

Salah Tarawih Juga Sudah Boleh Berjamaah Di Masjid

Selain menghilangkan larangan mudik, pemerintah juga memberi kelonggaran untuk Ramadhan dan lebaran 2022. Kali ini, umat Islam boleh salat Tarawih secara berjamaah di masjid. 

Kamu berada di luar negeri dan ingin mudik ke Indonesia? Kabar baik, karena karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang baru tiba di Indonesia sudah gak berlaku. Meski begitu, pelaku perjalanan wajib melakukan tes PCR.

Kelonggaran-kelonggaran ini memang melegakan. Namun, meski kamu sudah vaksin, jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan ya. 

Selalu kenakan masker, selalu bawa dan gunakan hand sanitizer. Cuci tangan dengan air mengalir secara berkala. Sebisa mungkin tetap hindari kerumunan. Ingat, protokol kesehatan bukan cuma untuk melindungi dirimu, tetapi juga orang lain. Termasuk para lansia.

Jadi sudah jelas ya, kalau mudik tahun ini sudah gak dilarang. Bagi kamu yang menjalani mudik, stay safe ya! Selepas mudik jangan lupa upgrade skill di goKampus! Di goKampus, kamu bisa upgrade skill melalui kelas online sekaligus mendapatkan sertifikat berlisensi Nanyang Technological University Singapura atau Trent Global College sebagai modal kamu mencari pekerjaan terbaik! Penasaran? Klik di sini

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *