cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa
Tips Belajar

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa Kuliah

Surat rekomendasi atau letter of recommendation merupakan surat yang berisikan tentang pendapat atau kesaksian orang lain mengenai diri kita. Pendapat tersebut seputar kelebihan, kemampuan, pengalaman, catatan akademik, dan lain sebagainya. Surat rekomendasi menjadi salah satu syarat yang wajib ketika mengajukan diri pada program beasiswa.

Selain itu, surat rekomendasi juga sebagai salah satu syarat mendaftarkan diri ke kampus luar negeri. Bahkan dapat dikatakan, tidak ada program beasiswa dan universitas luar negeri yang tidak menyertakan kewajiban akan surat rekomendasi.

gokampus instan approval
gokampus instan approval

Baca Juga: 3 Tips Menulis Motivation Letter Beasiswa Kuliah

Syarat wajib dalam beasiswa ini memiliki peran penting sebagai alat untuk meyakinkan pihak penyedia beasiswa atau perguruan tinggi tentang kemampuan yang kamu miliki. Mengingat, mereka belum pernah bertemu dengan dirimu sebelumnya. Dengan kata lain, mereka tidak mengetahui sama sekali tentang diri kamu.

Itulah mengapa surat rekomendasi sangatlah penting. Melalui surat ini, pihak penyedia beasiswa dan kampus akan mengetahui sudut pandang orang lain tentang diri kamu, meskipun hanya dalam bentuk surat.

Dapat diartikan bahwa apabila surat rekomendasi milik kamu tergolong bagus, tentu saja pihak pemberi beasiswa atau kampus akan terkesan. dengan begitu, surat rekomendasi menjadi pertimbangan untuk meloloskan kamu sebagian penerima bantuan dana pendidikan.

Alasan lain surat rekomendasi merupakan syarat penting adalah karena kemungkinan orang lain berbohong sangat kecil. Hal itu karena menyangkut nama baik seseorang.

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan surat rekomendasi? Mengingat tidak semua orang bersedia untuk menjadi sosok yang memberikan kesaksian tentang diri kamu. Berikut 2 cara untuk memperoleh surat rekomendasi.

1. Download Format Surat Rekomendasi Beasiswa

Cara pertama untuk mendapatkan surat rekomendasi beasiswa kuliah adalah dengan mengunduh langsung format surat pada laman resmi baik itu di website penyedia beasiswa maupun universitas tujuan.

Beberapa program beasiswa telah memiliki format surat rekomendasi. Tujuannya agar mereka mengetahui poin-poin yang memang ingin mereka ketahui tentang sosok pelamar dari pendapat orang lain.

Sehingga, apabila kamu tidak melampirkan surat rekomendasi saat pengajuan beasiswa kuliah sesuai dengan format, dapat dipastikan kamu akan langsung dinyatakan gagal atau tidak lolos sebagai penerima beasiswa.

2. Menulis Secara Mandiri

Tidak semua program beasiswa kuliah menyediakan format rekomendasi. Secara sederhana, kamu diwajibkan untuk menulis salah syarat tersebut secara mandiri. Dengan kata lain, segala isi pada surat tersebut sepenuhnya diserahkan kepada pelamar beasiswa.

Meskipun tidak terdapat poin-poin yang diharuskan dari pihak penyedia beasiswa, bukan berarti kamu dapat menulis surat rekomendasi secara sembarangan.

Bagi kamu yang pertama kalinya menulis rekomendasi kuliah, alangkah baiknya untuk mencari contoh-contoh surat rekomendasi di dunia internet. Atau bisa juga meminta bantuan kepada seseorang yang sudah berpengalaman.

Mencari informasi di era digital seperti sekarang ini bukanlah pekerjaan yang sulit. Cukup menggunakan smartphone yang pastinya hampir dimiliki setiap orang. Kemudian mengetikkan kata kunci. Dengan sekejap, informasi yang dicari tersaji secara lengkap.

Menjadi hal yang sangat penting untuk kamu dapat menentukan siapa sosok yang akan diminati untuk menulis surat rekomendasi. Pastikan bahwa sosok tersebut mengenal dirimu itu seperti apa. Sehingga, tulisan yang dihasilkan adalah sebenar-benarnya. Tidak ada yang dilebih-lebihkan.

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sinikelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manger di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *