instrumen pasar modal
Tips Belajar

Apa Saja Instrumen Pasar Modal? Yuk, Cek buat Investasimu!

Tahukah kamu kalau Indonesia memperingati Hari Pasar Modal Indonesia pada hari ini atau lebih tepatnya setiap 3 Juni? FYI, pasar modal memberikan berbagai pilihan bagi calon investor maupun investor untuk melakukan investasi dalam bentuk saham, reksa dana, dan sebagainya. Nah, untuk memperingati Hari Pasar Modal Indonesia, goKampus mau membahas tentang instrumen pasar modal. Siapa tahu saja kamu tertarik berinvestasi dengan instrumen tersebut! Penasaran?

3 Instrumen Pasar Modal sebagai Pilihan Investasimu

Pasar modal atau capital market adalah pasar atau tempat untuk transaksi jual beli instrumen investasi. Capital market memiliki berbagai instrumen dengan potensi serta risiko yang beragam. Berikut instrumen pasar modal yang perlu kamu ketahui, mengutip dari Kompas.com!

1. Saham

Saham merupakan bukti penyertaan modal dari suatu perusahaan dan salah satu instrumen pasar modal yang populer. Alasan banyak investor suka berinvestasi dan memilih instrumen ini adalah tingkat cuan atau keuntungan yang tinggi. Namun, di balik keuntungan yang tinggi, kamu juga harus siap dengan kerugian yang sewaktu-waktu mungkin terjadi.

Baca Juga: Yuk, Kenalan Sama Istilah Dalam Investasi Saham

2. Reksa dana

Selain saham, reksa dana juga merupakan salah satu pilihan investasi yang calon investor atau investor sukai, terutama mereka yang gak punya terlalu banyak modal dan gak punya waktu maupun keahlian untuk mengenali risiko instrumen investasi mereka. Reksa dana adalah tempat dana investor terkumpul, kemudian Manajer Investasi yang mengelola dana tersebut dalam bentuk surat berharga, seperti saham, obligasi, pasar uang, hingga campuran.

3. Obligasi

Penerbit dari obligasi atau surat utang biasanya adalah negara ataupun korporasi. Obligasi adalah surat utang dalam jangka menengah hingga panjang yang dapat diperdagangkan.

Itulah 3 instrumen pasar modal yang perlu kamu ketahui! Berinvestasi sejak dini atau di usia muda itu memang penting loh supaya kamu lebih produktif, financially independent, dan gak pusing mempersiapkan masa tua kelak. Oh iya, goKampus juga sudah pernah membahas soal sukses berinvestasi di usia muda. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di YouTube goKampus!

Nah, buat kamu yang tertarik dengan salah satu instrumen capital market, seperti saham, kamu bisa loh mengenal apa itu saham hingga cara memilihnya agar dapat cuan yang banyak dengan ikutan kelas sertifikasi goKampus. Kalau kamu tertarik dengan kelasnya dan sudah gak sabar buat ikutan, cek kelas belajar memilih investasi saham di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *