menu sahur
Tips Belajar

Hindari Menu Sahur Ini, Terutama Bagi Kamu yang Berniat Diet!

Banyak orang memanfaatkan puasa sebagai sarana untuk menjalankan diet. Dengan larangan untuk makan dan minum selama kurun waktu Subuh-Maghrib, wajar jika banyak orang berpikir demikian. Diet selama berpuasa boleh saja, tapi sebaiknya mengikuti beberapa aturan. Apa saja sih makanan yang mesti dihindari saat menjalankan diet? Inilah beberapa menu sahur yang sebisa mungkin jangan kamu konsumsi kalau berniat diet.

Baca Juga: Sejarah dan Arti Sahur, Bagian Penting Dalam Ibadah Puasa

1. Makanan Pedas

Makanan khas Indonesia penuh dengan menu yang pedas. Enak sih, tapi sebaiknya jangan mengonsumsinya saat sahur. Sebab, makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan memicu penyakit maag. Tentu kamu gak mau kena maag saat berpuasa, kan?

2. Makanan Bersantan

Duh, sahur dan berbuka kok rasanya enggak afdol jika tidak mencicipi makanan khas Ramadhan seperti rendang sapi. Namun, makanan bersantan seperti rendang sebisa mungkin kamu hindari, sebab kandungan lemak jenuhnya tinggi.

3. Gorengan

Sebisa mungkin juga jangan makan gorengan ya. Soalnya makanan jenis ini dapat memicu radang tenggorokan. Minyak goreng pada jajanan gorengan juga umumnya digoreng berulang, sehingga bisa membahayakan kesehatan tubuh, karena memicu kanker.

4. Makanan Tinggi Gula, Menu Sahur Paling Menggoda!

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi memang lezat. Misalnya minuman bersoda, jus buah, permen, es krim, bahkan produk yang kelihatannya sehat namun mengandung kadar gula tinggi seperti susu jenis tertentu, sereal, atau biskuit. Kadar lemaknya rendah, tapi kadar gulanya juga cukup tinggi.

Bahkan, nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia juga memiliki kadar gula cukup tinggi, loh! Kamu bisa mengakalinya dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah.

5. Makanan Olahan dan Cepat Saji

Saat kita terburu-buru menjalani sahur, kita cenderung memakan makanan olahan dan menu cepat saji agar tidak memakan waktu banyak. Namun, jenis makanan ini sangat gak dianjurkan bagi kamu yang sedang diet.

Sebenarnya jenis-jenis makanan di atas gak dilarang dan boleh saja dikonsumsi, tapi jangan sampai berlebihan. Tapi jika kamu memang menjalankan diet, tentu sebaiknya disiplin menjalankannya, sebab jenis-jenis makanan di atas bisa mengurangi efektivitas diet kamu.

Buat kamu yang menjalani puasa Ramadhan, semoga puasanya lancar ya! Jangan lupa untuk selalu meningkatkan skill dan menambah ilmu meski di bulan puasa. Kamu bisa mendapatkan kemudahan belajar secara online di goKampus. Dengan ikutan kursus online di goKampus, skill meningkat, dapat sertifikat siap kerja. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *