antropologi hukum
Kategori Kelas

Belajar Hukum Lebih Asik dengan Antropologi Hukum

Antropologi Hukum – Tahukah kamu kalau hukum adalah hal yang sangat penting di kehidupan sehari-hari? Hukum adalah sesuatu hal yang esensial, terutama di negara kita ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Makanya tak heran jika negara kita dijuluki sebagai negara hukum. Sesuai yang tercantum pada Undang-Undang Dasar 1945 pasal 1 ayat 3, yang berbunyi: “Negara Indonesia adalah negara hukum”.

Maka itu, sebagai warga Indonesia kita wajib mempelajari dan mengetahui terkait hukum-hukum yang ada. Hukum sendiri ada sebagai batasan-batasan, agar kita dapat menjalani segala aktivitas dengan tertib dan aman. Bayangkan jika tidak ada hukum di dunia ini, hiiii….pasti menyeramkan kan. Kejahatan bisa terjadi di mana saja, karena tidak adanya batasan dalam berperilaku dan bertindak.

Nah, kamu bisa mulai belajar dan mengetahui semua tentang hukum, bahkan dari akarnya melalui antropologi hukum. Antropologi hukum ini adalah salah satu cabang ilmu dari antropologi. Jika kamu memilih untuk berkuliah di jurusan antropologi, nantinya kamu akan bertemu dengan mata kuliah ini. Antropologi sendiri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari manusia mulai dari awal kemunculannya, hingga saat ini. Studi ini melihat dan menganalisis manusia berdasarkan ilmu, interaksi sosial, hingga budayanya.

Antropologi hukum mengajak kita melihat hukum lewat sudut pandang, atau perspektif dari masyarakat yang ada di berbagai bangsa dan budaya. Uniknya, di sini kita akan belajar keterkaitan hukum dengan budaya, tradisi, dan adat yang diyakini oleh masyarakat di berbagai daerah. Hukum diposisikan sebagai hasil dari nilai-nilai budaya tertentu, yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

Baca Juga: Mengenal Jenis Mahasiswa Dengan Antropologi Kampus

Apa Manfaatnya Belajar Antropologi Hukum?

Selain kamu akan lebih memahami dasar dan latar belakang dari hukum-hukum yang ada, berikut ini manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau belajar antropologi hukum.

1. Mengetahui pengertian-pengertian hukum yang berlaku dalam masyarakat, baik tradisional maupun modern.

2. Kamu bisa tahu bagaimana masyarakat mempertahankan nilai-nilai budaya yang mereka miliki, dan juga bagaimana mereka bisa menyikapi perubahan-perubahan nilai tersebut seiring dengan berjalannya waktu

3. Bagaimana sih pandangan masyarakat terhadap hukum yang berlaku di tempat tinggalnya? Melalui antropologi hukum kamu bisa mengetahui perbedaan pendapat dan pandangan dari masyarakat tersebut. Di sini kamu bisa melihat seberapat kuat masyarakat mempertahankan nilai-nilai budaya yang mereka anut.

Ternyata belajar hukum tidak membosankan seperti yang dibayangkan ya! Tapiii, nggak cuma antropologi hukum saja, di jurusan antropologi terdapat banyak cabang ilmu lainnya seperti antropologi budaya, sosial, hingga kesehatan. Daripada penasaran, langsung aja cek semuanya di website goKampus. Klik di sini ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *