universitas trisakti
Kategori Kelas

3 Hal Penting Sebelum Ambil Jurusan Teknik Industri

Saat ini jurusan teknik industri cukup populer lho. Meski namanya masuk ke dalam rumpun teknik, tapi ternyata jurusan ini nggak melulu mempelajari hitungan atau rekayasa teknologi seperti jurusan teknik lain. Kalau nggak percaya, kamu bisa intip keseruan jurusan teknik di beberapa kampus ternama, misalnya kamu bisa intip di Universitas Trisakti, Institut Teknologi, Universitas Gadjah Mada, dan lain-lain.

Menurut IISE (Institute of Industrial and System Engineers), teknik industri adalah ilmu tentang rancang desain, perbaikan, serta pembuatan sistem yang mengoptimalisasi kegiatan manusia. Selain itu, jurusan teknik industri juga mempelajari tentang manajemen, ekonomi, bahkan psikologi.

Secara umum, jurusan teknik industri merupakan ilmu interdisipliner yang selain mempelajari seluk-beluk mengenai proses industri, tetapi juga akan membawa kamu ke dalam sisi manajemen. Jadi, ilmu yang kamu dapat juga semakin luas.

Prospek Kerja

Buat kamu yang tertarik dengan jurusan teknik industri, ada hal yang wajib banget tahu nih prospek kerja teknik industri kedepannya.

Pertama, lulusan teknik industri berpeluang besar untuk menduduki posisi engineering manager. Tugasnya, kamu mengarahkan perusahaan untuk mencapai tujuan, banyak bertemu dan memimpin sekelompok insinyur dalam membuat keputusan penting dan harus selaras dengan tujuan perusahaan dan bisnis di dalamnya.

Selain itu, lulusan teknik industri juga berkesempatan untuk bekerja sebagai project manager. Kamu akan diberikan tanggung jawab untuk menggerakkan strategi manajemen proyek dengan tujuan utamanya yaitu tujuan proyek.

Gak Teknik Banget, Contohnya Universitas Trisakti

Nah guys, meski membawa nama teknik, para mahasiswa yang kuliah di jurusan ini sering banget menyebut predikat “nggak teknik banget” buat jurusan teknik industri. Soalnya, secara garis besar jurusan ini mempelajari tentang proses industri dari dua sisi, yaitu teknik dan manajemen.

Jurusan ini juga berfokus pada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang menggabungkan tenaga manusia, material, peralatan, dan energi. Jadi, kamu gak hanya belajar tentang seluk-beluk mesin infrastruktur, tapi kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri.

Teknik industri sendiri terbagi menjadi tiga bidang besar loh. Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Kedua, manajemen industri di mana para mahasiswa mempelajari manajemen keuangan, operasional, inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, serta ekonomi teknik.

Terakhir, kamu juga akan mendapatkan ilmu seputar sistem industri dan tekno ekonomi seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data. Kampus yang terkenal “gak teknik banget” salah satunya adalah Universitas Trisakti.

Pilih Kampus yang Dicari Banyak Perusahaan

Gimana? Kamu udah membulatkan tekad untuk mengambil jurusan teknik industri? Kamu bisa memilih kampus dengan reputasi dan jaringan luas ke industri dan dunia kerja. Salah satunya kuliah di Universitas Trisakti.

Alasan kamu memilih jurusan teknik industri di Universitas Trisakti adalah hadirnya Career Development Center. Fungsinya, setiap mahasiswa Universitas Trisakti bisa mengikuti program development yang membantu kamu untuk mencari pekerjaan usai kelulusan. Nantinya, memudahkanmu untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Nah, apabila kamu ingin membuka usaha sendiri atau kerja sama dengan perusahaan ternama, Universitas Trisakti juga program Entrepreneurship Development Center. Jadi, kamu gak perlu bingung lagi untuk merencanakan bisnis apa yang bisa kamu jalani setelah lulus nanti ya!

Gak hanya itu, kampus berakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini juga punya citra yang baik di mata perusahaan lho. Soalnya, rata-rata perusahaan pemberi kerja mengenal seluk-beluk pendidikan di Universitas Trisakti yang mampu memberikan lulusan profesional. Nah, hal ini yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk memilih kuliah di Universitas Trisakti.

Gimana guys, tertarik kuliah teknik industri di Universitas Trisakti? Kamu juga bisa memilih jurusan lain, seperti teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, hingga akuntansi dan manajemen di goKampus. Kamu bisa klik di sini untuk info kuliah di Trisakti School of Management. Di goKampus, kamu juga bisa daftar kuliah dan memilih jurusan terfavorit. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima. Penasaran? Klik link ini: daftar di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *