perbedaan teknik informatika dan sistem informasi
Kategori Kelas

Cek Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi!

Buat kamu anak-anak kelas 12 SMA yang baru mau lulus, apakah kamu sering tertukar antara dua jurusan kuliah yang namanya mirip, seperti teknik informatika dan sistem informasi? Biar gak bingung, goKampus akan kasih tahu kamu perbedaan teknik informatika dan sistem informasi. Yuk, kepoin di artikel ini!

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Mungkin kalau seperti jurusan kedokteran, akuntansi, dan bisnis itu adalah jurusan-jurusan yang sangat terkenal di Indonesia dan banyak diketahui soal proses pembelajarannya. Nah, bagaimana kalau perbedaan teknik informatika dan sistem informasi? Meskipun karier kedua lulusan tersebut menjanjikan gaji besar, namun banyak orang menganggap kalau dua jurusan ini sama padahal berbeda. Berikut perbedaan keduanya!

1. Dari definisi, teknik informatika dan sistem informasi berbeda

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi yang pertama adalah dari definisinya. Jurusan sistem informasi melatih kalian untuk mendesain, mengembangkan, serta menjalankan sistem informasi pada organisasi atau perusahaan. Nah, walaupun kamu tetap akan berfokus pada pemrograman komputer, tapi tujuannya kamu akan lebih pada bisnis perusahaan.

Ilmu komputer yang kamu pelajari akan berkaitan lebih banyak dengan pengembangan sistem manajemen perusahaan. Cakupan bidang pembelajaran sistem informasi yang akan kamu pelajari di sistem informasi adalah tentang ekonomi manajemen, bisnis, dan menjadikan ilmu komputer, seperti coding sebagai landasannya. 

Kamu juga akan banyak belajar tentang merancang dan mendesain sebuah aplikasi yang nantinya aplikasi yang kamu desain ini harus memberikan manfaat yang besar bagi keperluan bisnis-bisnis perusahaan.

Selain itu, kamu akan terlatih mengintegrasikan proses bisnis dengan teknologi informasi sebagai solusi atau cara menggunakan sumber daya informasi demi menunjang produktivitas organisasi. Kamu akan belajar cara informasi tercipta, prosesnya, dan kemudian terdistribusi pada seluruh pemangku kepentingan dalam organisasi (manajemen teknologi informasi).

Sementara, untuk jurusan teknik informasi ini cocok banget untuk kamu yang mungkin ingin mengasah ilmu dan mendalami kemampuan tentang ilmu komputer secara murni. Di jurusan ini, kamu akan banyak berhubungan dengan ilmu komputer dan software engineering.

Berbagai bidang ilmu komputer yang mungkin akan kamu pelajari adalah tentang programming, analisis numerik, rekayasa software, artificial intelligence, teori dasar komputasi, jaringan, sistem operasi, analisa algoritma, dan sebagainya.

Kamu akan belajar tentang, merancang, dan mengembangkan transformasi fakta berlambang, baik berupa informasi maupun data, pada mesin dengan basis algoritma komputasi.

Selain itu, tentang computer vision, sistem cerdas, robotika, dan berbagai hal lain yang terkait dengan komputer di masa depan. Kamu tak cukup kenal dengan artificial intelligence maupun intelligent software, tapi juga perlu tahu tentang elektronika dan mekanika.

2. Perbedaan dari segi kurikulum

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi yang kedua adalah dari segi kurikulum. Kurikulum sistem informasi didesain untuk menyelaraskan sistem informasi berbasis teknologi canggih dengan strategi bisnis demi kemajuan perusahaan.

Di sistem informasi kamu akan belajar tentang jaringan komunikasi data, sistem interaksi, manajemen proyek data, manajemen sistem informasi, analisis dan perancangan sistem informasi, dan lain-lainnya. Selain tentang pemrograman, di jurusan sistem informasi kamu juga akan belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi dan manajemen.

Kalau di jurusan teknik informatika, sebaiknya kamu mempunyai dasar dan minat yang besar terkait matematika. Hal ini karena kurikulum jurusan tersebut memang terkenal dengan logika matematika,algoritma, dan komputasi.

Beberapa mata kuliah yang bisa kamu temui di jurusan teknik informatika antara lain adalah dari sistem digital, struktur data, pemrograman berorientasi objek, komputasi numerik, organisasi komputer, manajemen bisnis, keamanan informasi, dan lainnya.

gokampus instan approval
gokampus instan approval

3. Menyandang gelar sarjana yang berbeda pula

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi yang ketiga adalah mengenai gelar sarjana yang nanti akan kamu dapatkan setelah perkuliahan. Untuk yang mengambil bidang studi jurusan sistem informasi, kamu akan mendapatkan gelar S.SI atau Sarjana Sistem Informasi. 

Sementara buat kamu yang lulusan jurusan teknik informatika, kamu akan mendapatkan gelar sarjana S.TI yaitu Sarjana Teknologi Informasi atau yang biasa kita kenal dengan Sarjana Teknik.

Nah, biasanya nama pencantuman gelar ini juga tergantung dari perguruan tinggi tempat kamu menimba ilmu nanti karena ada beberapa kampus yang menyematkan gelar yang serupa untuk lulusan jurusan sistem informasi maupun teknik informatika. Gelar tersebut adalah Sarjana Komputer alias S.Kom.

4. Prospek karier keduanya juga berbeda

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi yang keempat adalah dari segi prospek atau peluang kerja di masa depan nanti.

Beberapa alumni dari jurusan sistem informasi banyak sekali perusahaan butuhkan sebagai staf pada divisi teknologi informasi. Nah, biasanya peluang karier dari sistem informasi terbagi menjadi beberapa prospek karier, antara lain:

  1. Business analyst. Tugas utama business analyst adalah tugas utama profesi tersebut adalah sebagai “jembatan” antara tim IT yang mengembangkan aplikasi bisnis dengan manajemen perusahaan. 
  2. Web developer. Tugasnya adalah bertanggung jawab untuk merancang website suatu perusahaan secara lengkap, misalnya saja mengenai profil perusahaan, bisnis perusahaan yang dijalankan, dan sebagainya.
  3. Project manager. Tugasnya menjalankan suatu proyek yang memang terkait dengan teknologi komputer.

Nah, kalau kamu memilih jurusan teknik informatika, kamu akan memiliki peluang karier yang berbeda dengan sistem informasi antara lain:

  1. Web designer yang bertanggung jawab membuat sebuah tampilan website dengan gaya yang menarik secara visual.
  2. Mobile application developer yang bertanggung jawab untuk menjadi seorang pengembang aplikasi pada perangkat mobile
  3. System analyst, profesi tersebut menyediakan jasa untuk menganalisa sistem yang suatu organisasi atau perusahaan terapkan dan sudah cukup efektif atau belum.

Gimana pendapatmu tentang perbedaan teknik informatika dan sistem informasi? Meskipun orang-orang sering kebalik soal kedua jurusan ini, jangan sampai kamu salah memilih jurusan. Terkait dengan peluang kerja, kamu gak perlu khawatir dan bingung lagi karena di dua jurusan ini memberikanmu kesempatan besar di masa depan nanti.

Oh iya, mau belajar lebih dalam mengenai programming? Di goKampus, ada beragam kelas bersertifikat dengan pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Kamu bisa belajar tentang NodeJS di sini, Fitur-Fitur Umum Modern C++ di sini, atau explore kelas dari Amazon Web Services (AWS) di sini. Yuk, buruan ikutan kelasnya buat upgrade diri!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *