Meski pada akhirnya harus merasakan dunia kerja, bukan berarti kuliah itu tidak penting. Dengan kembali mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tidak hanya menerima jenis pekerjaan apapun itu, tetapi lebih dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan diri sendiri.

Memang tak dapat dipungkuri bahwa bekerja adalah jawaban terbaik untuk dengan cepat memenuhi segala keinginan kita. Membeli baju baru, sepatu terkini, sampai pergi ke tempat wisata yang keren. Tidak lupa juga untuk mengabadikan setiap momen di sosial media, seperti Instagram, Twitter hingga Facebook.

Sebuah rasa kesenangan yang tentu ingin terus kita rasakan. Hingga akhirnya memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kerja dibandingkan harus kuliah. Terlebih lagi kita yang lulusan SMK, dimana memang sistem pendidikannya dirancang untuk langsung dapat menghadapi dunia kerja setelah lulus.

Selain untuk menghadirkan sebuah kesenangan, dengan langsung bekerja yang artinya mendapatkan penghasilan tetap, juga dapat membantu perekonomian keluarga. Bukan rahasia umum lagi bahwa tingkat kemiskinan di Indonesia masih tergolong tinggi. Ini pula yang menjadi alasan mengapa tidak banyak yang melanjutkan kuliah.

3 Alasan Kuliah itu Penting

Berdasarkan data survei yang dilakukan oleh HSBC pada tahun 2018, Indonesia menempati peringkat ke-13 dari 15 negara dalam daftar biaya pendidikan termahal di dunia. Rata-rata biaya pendidikan sejak SD hingga Sarjana di Indonesia mencapai angka US$ 18.422 atau setara dengan 257 juta Rupiah (pada kurs Rp14.000).

Tidak berhenti disitu, dengan langsung bekerja, maka itu juga berarti sedini mungkin memulai karir dibandingkan mereka yang harus kembali mengenyam pendidikan tinggi. Lantas, apakah kuliah itu masih penting?

Terlepas dari biaya pendidikan tinggi itu mahal, namun bukan berarti itu menjadi alasan untuk tidak kuliah. Berbagai cara dapat kita lakukan untuk mengatasi permasalahan biaya kuliah mahal tersebut, mulai dari pinjaman dana pendidikan, asuransi pendidikan, hingga beasiswa.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terlebih lagi, berbagai keuntungan akan kita dapatkan ketika kuliah. Inilah 3 alasan mengapa kuliah itu masih penting.

1. Pola Pikir Terbuka, Terstruktur dan Terasah

Alasan pertama mengapa kuliah itu penting adalah karena dengan kuliah, maka pola pikir kita tidak hanya jauh lebih terbuka dan terstruktur, tetapi juga terasah. Hal ini dapat dipastikan terjadi karena di dunia perkuliahan berbeda dengan dunia sekolah.

Di dunia perkuliahan, kita tidak hanya dituntut untuk berpikir secara kritis, tetapi juga menemukan solusi terbaik dari berbagai permasalahan yang terjadi. Tak berhenti disitu, kita juga dibebankan dengan tugas kuliah yang tentu jumlahnya tidak sedikit.

Jangan lihat tugas kuliah tersebut menjadi beban, tapi lihatlah bahwa itu sebuah tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Dengan demikian, pola pikir kita menjadi lebih terlatih dan menjadi modal berharga untuk terjun ke dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Dan ingatlah bahwa perubahan dimulai dari diri sendiri.

2. Meningkatkan Kemandirian

Manusia memang makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Namun, itu bukan berarti kita menggantungkan segala hal pada diri orang lain. Kita harus tetap mampu menjalankan berbagai hal secara mandiri alias tidak bergantung pada orang lain. Inilah alasan kedua mengapa kuliah itu masih sangat penting.

Pada saat kita kuliah, diri kita sendirilah yang menentukan kemana arah dan tujuan kuliah. Mulai dari mengatur jadwal kuliah, mengatur aktivitas kampus yang lain seperti jika bergabung dengan organisasi kampus, hingga menyelesaikan berbagai tugas individu.

Jika tidak pintar-pintar dalam mengatur jadwal dan disiplin, maka dipastikan segala hal menjadi berantakan. Untuk itulah, kita harus tetap kuliah karena dapat melatih kemandirian diri kita yang tentu akan sangat berguna di kemudian hari.

3. Pengetahuan dan Pengalaman Adalah Kunci

Dan alasan terakhir sekaligus menjadi poin utama mengapa kita harus tetap kuliah adalah fakta bahwa pengetahuan itu adalah kunci. Tanpa ilmu, kita hanya akan menjadi manusia tak berguna. Karena ketahuilah bahwa tujuan hidup adalah belajar. Tanpa pengalaman pula, kita hanya akan tinggal di tempat, alias tidak bergerak. Itu artinya tidak ada perubahan.

Belajar dapat dilakukan di mana saja, tidak perlu kuliah. Pernyataan tersebut tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya berarti benar. Namun, dengan kuliah, tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan semata, tetapi pengalaman berharga yang dapat dipastikan akan berguna di masa depan.

Dengan kuliah, proses belajar mengajar jauh lebih efektif dan efisien karena didampingi langsung oleh tenaga pengajar profesional. Selain itu, bertemu pula dengan orang-orang inspiratif yang tentu juga akan membuat kita menjadi individu yang lebih kreatif.

Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Hanya melalui satu aplikasi ini, urusan kampus beres. Mulai dari proses pendaftaran kuliah, kesempatan meraih beasiswa kuliah hingga ragam promo mahasiswa, dan informasi magang, event kampus, serta dana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like