administrasi bisnis
Kategori Kelas

7 Prospek Pekerjaan Bagi Lulusan Administrasi Bisnis, Simak Yuk!

Salah satu jurusan kuliah yang berkaitan dengan bisnis adalah Administrasi Bisnis atau di beberapa kampus terkenal dengan nama Administrasi Niaga. Umumnya, jurusan ini menawarkan jenjang karier yang bervariasi, tak terkecuali jurusan Administrasi Bisnis. Prospek cerah nih bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan ini. Inilah beberapa pilihan karier untuk lulusan Administrasi Bisnis.

Pebisnis

Kamu sudah kuliah di jurusan yang berkaitan dengan bisnis, jadi kenapa gak jadi pebisnis saja? Membuka usaha sendiri alias wirausaha memang memiliki tantangan tersendiri dibandingkan kerja kantoran, tapi sewaktu kuliah di jurusan Administrasi Bisnis, kamu bakal punya bekal loh!

Saat kuliah, kamu akan mempelajari gimana sebuah bisnis bisa terus berjalan dan semakin berkembang. Segala macam hal dari logistik, keuangan, pemasaran, penjualan, operasi, sumber daya manusia, perilaku konsumen, kepemimpinan, dan manajemen akan kamu pelajari. Jadi, bekal ilmu kamu sudah cukup kuat. 

Staf Administrasi Di Dunia Bisnis

Namanya juga Administrasi Bisnis, tentu kamu bisa banget jadi staf administrasi di sebuah perusahaan. Tugas staf administrasi adalah rekapitulasi berbagai data penting bagi perusahaan, seperti bukti transaksi dan surat berharga seperti surat kontrak, surat domisili, dan sebagainya.

Staf HRD

Staf HRD (human resource development/ sumber daya manusia) merupakan salah satu pilihan jenjang karier oleh lulusan jurusan ini. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah perusahaan. Tanpa SDM yang bagus dari segi kualitas dan kuantitas, perusahaan bakal pincang.

Nah, tugas HRD adalah segala hal yang berkaitan dengan SDM. Contohnya, merekrut dan mengontrak pegawai baru, serta memetakan atau mengevaluasi SDM yang ada dalam perusahaan selama kurun waktu tertentu.

Staf Marketing

Ilmu pemasaran akan kamu pelajari dalam Jurusan Administrasi Bisnis. Jadi, tentu saja kamu bisa jadi staf marketing/pemasaran dalam sebuah perusahaan. Bagian pemasaran punya tugas untuk mempromosikan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan agar penjualannya bisa terus meningkat.

Staf Sales

Bagian sales atau penjualan punya tanggung jawab pada transaksi jual-beli produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Seorang sales harus punya kemampuan negosiasi, menawarkan produk/jasa, dan knowledge yang luas mengenai produk/jasa tersebut.

Staf Finance

Pekerjaan ini menuntut ketelitian tinggi. Orang yang bekerja sebagai staf finance/ keuangan bertugas mengurus arus keuangan perusahaan. Sehari-harinya, kamu bakal mencatat transaksi, mengelola alur kas perusahaan, serta melakukan kegiatan akuntansi dalam perusahaan. 

Konsultan Bisnis

Jika kamu mengambil pekerjaan sebagai konsultan bisnis, kamu bertugas untuk memberikan konsultasi dan berbagai nasehat mengenai bisnis pada klienmu. Konsultan bisnis ada dua jenis, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Konsultan internal (in-house) bekerja dalam perusahaan tempat ia memberi konsultasi. Sementara konsultan eksternal bekerja di sebuah agensi konsultan dan bisa memiliki beberapa klien sekaligus.

Itu tadi berbagai jenis pekerjaan yang bisa didapat oleh lulusan Administrasi Bisnis. Kamu bisa memulainya dengan menerapkan strategi bisnis yang mumpuni ya! Caranya? Kamu bisa ikutan kelas Managing Business Strategy dari goKampus yang bekerja sama dengan kampus terbaik di Singapura, Nanyang Technological University. Kamu bisa dapat sertifikat profesional dari NTU secara online dari rumah! Penasaran? Klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *