cara belajar bahasa inggris
goKampus Tips Belajar Upskill

Cari Tau Soal Prospek Kerja Sistem Informasi Yuk

Salah satu jurusan yang paling banyak dicari di perkuliahan adalah jurusan sistem informasi nih guys! Meskipun banyak rumor yang mengatakan kalau jurusan sistem informasi itu hal yang sulit untuk dikerjakan dan dipelajari serta membutuhkan kemampuan matematika yang bagus, sebenarnya jurusan ini memiliki peluang dan prospek kerja yang bagus loh! Gimana nih menurut kamu prospek kerja sistem informasi di masa depan? Sebelum kita bahas tentang prospek kerja sistem informasi, kita bahas dulu yuk program studi sistem informasi itu belajar apa aja sih?

Program studi sistem informasi akan mempelajari tentang gimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai kebutuhan dan proses bisnis. Program studi sistem informasi juga dikenal dengan nama manajemen informatika. Keduanya sama-sama membahas tentang ilmu IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi.

Program studi ini cocok banget buat kamu yang ingin belajar lebih dalam mengenai dunia IT loh, meskipun gak terlalu mengenai programming tapi juga dicampur sama ilmu bisnis dan manajemen. Program studi ini juga cocok untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Berikut ini adalah 10 peluang dan prospek kerja sistem informasi di Indonesia!

1. IT Manager

Prospek kerja sistem informasi yang pertama adalah menjadi IT manager. Menjadi seorang IT manager adalah peluang kerja yang cocok untuk para lulusan sistem informasi dengan bakat manajemen yang bagus. Nah, kamu akan mendapatkan tugas untuk bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses yang ada di department IT. Sebagai seorang IT manager, kamu bisa menerima gaji mulai dari Rp 8,000,000 hingga ini bisa mencapai Rp 12,000,000 per bulan.

2. Database Administrator

Prospek kerja sistem informasi adalah kamu bisa bekerja menjadi database administrator. Kamu bisa memiliki tugas mengelola data perusahaan dan merapikan data-data tersebut untuk kepentingan perusahaan. 

Kamu juga bakal banyak banget berhubungan dengan data yang sangat besar atau yang biasa disebut dengan big data. Kamu juga perlu loh untuk menyiapkan sistem yang mampu menampung dan mengolah berbagai data-data tersebut. Gaji yang bisa kamu peroleh sebagai pekerja database administrator adalah sekitar Rp 4,000,000 per bulan.

3. Sistem Analis

Prospek kerja sistem informasi berikutnya adalah menjadi seorang sistem analis. Tugasmu sebagai seorang sistem analis adalah bertugas untuk melakukan analisis terhadap sebuah sistem operasi atau informasi dari perusahaan yang menggunakan sebuah sistem. Kamu bisa menerima kisaran gaji mulai dari Rp 6,000,000 hingga Rp 12,000,000 per bulannya.

4. Konsultan IT

Prospek kerja sistem informasi yang keempat adalah menjadi seorang konsultan IT. sebagai mahasiswa lulusan sistem informasi, kamu bisa berkarir sebagai seorang konsultan IT yang bertanggung jawab di bagian jasa pelayanan konsultasi di bidang IT seperti software, sistem informasi, elektronik, dan lain sebagainya. 

Dengan ilmu dan pengalaman yang kamu miliki, kamu bisa memberikan saran terbaik untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkannya. Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 6,000,000 per bulan hingga mencapai Rp 11,000,000 perbulan.

5. Web Developer

Prospek kerja sistem informasi yang kelima adalah sebagai web developer. Web developer adalah seseorang yang bekerja merancang web, kamu akan banyak berhubungan dengan dunia pemrograman dan proses membangun website. Secara garis besar, profesi web developer dibagi dua yaitu front end developer dan bagian back-end developer. Dengan bekerja di bagian ini, kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 6,000,000 hingga Rp 15,000,000 per bulan.

Baca Juga: Jurusan Sistem Informasi Belajar Apa Aja Sih?

6. System Engineer

Bekerja menjadi seorang system engineer juga membuka peluang bagi mahasiswa lulusan sistem informasi. Untuk berkarir sebagai system engineer, Kamu perlu memiliki pemahaman bahasa pemrograman yang baik dan hal-hal yang berkaitan dengan komputer lainnya, seperti software, sistem operasi, dan juga hardware. Gaji yang didapatkan oleh seorang system engineer sekitar Rp8.000.000 per bulan.

7. Information System Manager

Prospek kerja sistem informasi yang ketujuh adalah menjadi seorang information system manager. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengendalikan sistem agar mendukung proses bisnis di sebuah perusahaan. Gaji yang bisa diperoleh oleh information system manager mulai dari Rp4.000.000 sampai dengan Rp7.000.000 per bulan.

8. Chief Executive Officer (CEO)

Lulusan dari jurusan sistem informasi tidak selalu berada di jabatan teknis. Kamu juga bisa masuk ke ranah manajemen dengan menjadi CEO. Mungkin profesi ini yang paling diimpikan oleh semua orang. Sebagai lulusan sistem informasi, kamu juga berpeluang besar menjadi seorang CEO. Kamu bisa memulai perusahaan startup-mu sendiri. Dengan menjadi CEO sekaligus pemilik perusahaan, penghasilan yang bisa didapat tentu tidak terbatas.

9. Network Security

Peluang atau prospek kerja sistem informasi berikutnya adalah menjadi network security. Kamu akan bertanggung jawab atas keamanan jaringan yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Kamu juga yang akan membangun sistem keamanan tersebut sehingga sistem IT perusahaan tidak mudah ditembus oleh para hacker.Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000 per bulan dan bisa mencapai Rp15.000.000 per bulan.

10. Programmer

Yang terakhir, lulusan sistem informasi memiliki kesempatan terbuka lebar untuk menjadi seorang programmer. Kamu bisa menjadi programmer dan terus mengembangkan kemampuanmu hingga menjadi programmer handal. 

Sebagai programmer, Kamu memiliki tugas untuk menciptakan program-program digital yang dibutuhkan perusahaan. Dari profesi ini, Kamu yang pemula di bidang ini bisa mendapat gaji mulai dari Rp5.000.000 per bulan dan akan terus naik seiring dengan pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki.

Buat kamu yang pengen cari tau lebih lanjut mengenai prospek kerja sistem informasi, kamu bisa kunjungi halaman ini ya!

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *