cara meningkatkan imun tubuh
Tips Belajar

8 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Dari Penyakit

Pandemi COVID-19 memang menyebalkan. Kita jadi gak bisa kumpul-kumpul, bikin parno juga kalau berada di keramaian. Mau traveling saja sulit. Namun, adanya pandemi menyadarkan masyarakat terhadap kesehatan. Misalnya, kita harus melakukan beberapa cara untuk meningkatkan imun tubuh.

Imunitas tubuh wajib kita perkuat, sebab dengan imun tinggi, tubuh kamu bisa “berantem” dengan kuman atau virus penyebab penyakit dan mengalahkan mereka. Yuk, kita bahas berbagai cara untuk meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga: Segalanya Tentang Imun, Senjata Tubuh Untuk Melawan Virus dan Penyakit

1. Olahraga, Salah Satu Cara Meningkatkan Imun Tubuh Paling Ampuh! 

Olahraga punya berbagai manfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan imun. Gak usah olahraga yang berat, kamu cukup berjalan kaki, lari pagi, jogging, bersepeda, atau olahraga indoor seperti yoga dan senam aerobik. Jangan lupa, olahraga secara teratur, misalnya 30 menit setiap sesi, minimal 3-5 kali seminggu.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan dengan gizi seimbang sangat penting bagi tubuh agar bisa memiliki imunitas yang kuat. Coba lebih banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin, protein, mineral, dan antioksidan misalnya buah, sayuran hijau, ikan, telur, susu, dan yoghurt.

3. Mengonsumsi Suplemen

Merasa sulit untuk mengonsumsi makanan bergizi secara teratur? Suplemen dan multivitamin bisa jadi jawabannya, terutama yang mengandung vitamin C dan D. 

4. Perbanyak Minum Air Putih

Setelah mengonsumsi makanan bergizi, jangan lupa minum air putih yang cukup ya. Jika kamu mengalami dehidrasi (tubuh kekurangan cairan), kamu bisa mengalami sakit kepala, mudah lelah, gak fokus yang otomatis bisa berdampak buruk pada sistem imun kamu.

5. Cukup Istirahat

Hal ini juga sering diremehkan muda-mudi nih. Banyak anak muda yang senang begadang, entah itu untuk bikin tugas atau main game. Apapun alasannya, begadang gak bagus untuk daya tahan tubuh kamu. Tidurlah secukupnya dan teratur, kira-kira 7-9 jam sehari.

6. Berjemur

Setelah bangun tidur, jangan lupa untuk berjemur seenggaknya 3 kali seminggu, masing-masing selama 10 menit pada pukul 9-10 pagi. Sebab, sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D pada tubuh yang dapat meningkatkan imunitas kita.

7. Menghindari Stres

Ternyata, stres bisa melemahkan daya tahan tubuh. Stres memang sulit dihindari, terutama jika penyebabnya adalah faktor eksternal yang gak bisa kita apa-apakan. Namun, kadar stres bisa dikurangi dengan liburan, hobi, meditasi, sampai hal sederhana seperti berbuat baik pada sesama atau mengobrol dengan teman.

8. Jaga Kebersihan

Kebersihan yang dimaksud adalah kebersihan tubuh dan lingkungan sekitarmu. Sering-sering cuci tangan, serta sering-sering mandi terutama jika sehabis bepergian. Selalu bersihkan rumah/kamarmu karena lingkungan kotor bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan virus.

Itulah 8 cara meningkatkan imun tubuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga imun ya. Tertarik untuk mendalami tentang imun dan sejenisnya? Kamu bisa memilih jurusan kesehatan atau kedokteran. Milih universitasnya di mana? Ya di goKampus tentunya. Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, pasti diterima, dapat cashback pula! Semudah itu! Klik di sini untuk info lengkapnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *