Beragam cara dapat dilakukan untuk mengatasi biaya kuliah yang mahal. Namun, beasiswa tetap menjadi pilihan terbaik. Hal itu tidak terlepas dari berbagai keuntungan yang akan dirasakan oleh si penerima. Salah satunya adalah biaya pendidikan ditanggung hingga lulus dengan ketentuan yang disepakati. Bahkan juga ada pula jenis beasiswa yang menanggung biaya hidup selama mengenyam pendidikan tinggi.

Meraih beasiswa kuliah dapat dikatakan gampang-gampang susah. Dibilang gampang kalau mampu memahami diri sendiri dan melengkapi berbagai persyaratan yang berlaku. Dan dibilang susah karena tingkat persaingan yang begitu tinggi dan serangkaian tes yang harus dilewati, mulai dari tes ujian tertulis hingga tes wawancara.

Baca Juga: Mudah! 3 Langkah Raih Beasiswa Unggulan

Maksud dari memahami diri sendiri adalah untuk memudahkan dalam penulisan essay beasiswa yang merupakan syarat wajib dalam pengajuan beasiswa. Selain itu, pada saat tes wawancara beasiswa, dapat menjawab dengan baik berbagai pertanyaan seputar rencana dan diri sendiri.

Mengenai persyaratan pengajuan beasiswa kuliah, umumnya pelamar harus melampirkan beberapa berkas. Salah satunya adalah LoA atau merupakan singkatan dari Letter of Acceptance. LoA adalah surat dari perguruan tinggi sebagai bukti bahwa kamu diterima di universitas tersebut.

2 Jenis LoA Beasiswa Kuliah

Dalam dunia akademisi, Loa terbagi menjadi 2 jenis, yakni LoA Unconditional atau tak bersyarat dan LoA Conditional atau bersyarat.

LoA Unconditional merupakan LoA yang menyatakan bahwa kamu telah resmi menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dan telah pula memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan. Kamu hanya tinggal menunggu waktu saja untuk masuk kuliah atau kuliah perdana.

Sementara LoA Conditional merupakan LoA yang menunjukan bahwa kamu telah diterima sebagai mahasiswa di universitas tersebut, namun belum memenuhi berbagai persyaratan seperti sertifikat bahasa.

Tidak dapat dipungkuri memang bahasa sertifikat bahasa menjadi salah satu syarat yang cukup sulit untuk dipenuhi. Selain dikarenakan belum mencapai target nilai yang telah ditentukan, biaya juga menjadi faktor penghambat. Seperti tes IELTS yang satu kali official test membutuhkan dana hingga 3 juta Rupiah.

LoA Dalam Negeri dan LoA Luar Negeri

Perlu diketahui bahwa universitas di luar negeri memang banyak yang menerbitkan LoA, namun perguruan tinggi dalam negeri ada pula yang beberapa tidak mengeluarkan LoA. Meski begitu, Surat Keputusan yang diterbitkan oleh perguruan tinggi juga dapat menjadi pengganti sah LoA.

Cara mendapatkan LoA antara perguruan tinggi dalam negeri dengan luar negeri tidaklah sama. Pada kampus dalam negeri, umumnya akan menyelenggarakan seleksi masuk seperti halnya ketika mengambil S1.

Biasanya, seleksi masuk terdiri dari tes TPA dan Bahasa Inggris. Tapi ada pula beberapa universitas yang menambahkan tes wawancara didalam seleksi tersebut. Setelah serangkaian tes dilewati dan dinyatakan diterima sebagai mahasiswa, Surat Keputusan diterbitkan oleh pihak universitas terkait. Ini bagi universitas yang tidak menerbitkan LoA.

Sementara kampus yang menerbitkan LoA seperti salah satunya Universitas Pendidikan Bandung (UPI), langsung dapat diunduh melalui laman resmi pada saat pengumuman mahasiswa baru.

Untuk LoA di luar negeri, cara mendapatkannya dapat dilakukan dengan banyak cara. Ada beberapa yang serupa dengan di Indonesia, yakni mahasiswanya harus mengikuti serangkaian tes masuk terlebih dahulu.

Tapi ada pula universitas di luar negeri yang hanya cukup apply di website resmi. Kemudian isi formulir pendaftaran dan lengkapi segala berkas yang diminta. Apabila diterima, maka LoA akan langsung dikirimkan melalui email.

Dapatkan informasi seputar dunia perkuliahan lainnya hanya cukup download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store! Mulai dari informasi acara kampus, dana pendidikan, hingga kerja magang. Bahkan, kamu juga berkesempatan untuk raih beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester. Tidak berhenti disitu, proses pendaftaran kuliah bisa dilakukan di goKampus. Jauh lebih hemat dan cepat tentunya.

1 comment
  1. Greetings from Idaho! I’m bored to tears at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break.
    I really like the knowledge you present here and can’t wait
    to take a look when I get home. I’m surprised at how fast your blog loaded on my cell phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, excellent site!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like