keuntungan beasiswa unggulan kemdikbud
Tips Belajar

3 Keuntungan Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Salah satu keuntungan beasiswa adalah mengatasi biaya kuliah yang mahal. Berhasil memperoleh beasiswa juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi penerimanya. Hal itu tidak terlepas dari tingkat persaingan yang begitu tinggi.

Beragam program beasiswa tersedia dari berbagai pihak. Salah satunya pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyediakan program beasiswa bernama Beasiswa Unggulan.

Baca Juga: Ingin Raih Beasiswa Kuliah Dengan Mudah? Ini Tipsnya!

Apa Itu Beasiswa Unggulan Kemendikbud?

Beasiswa Unggulan Kemendikbud merupakan program beasiswa dalam negeri untuk jenjang S1, S2 dan S3. Tujuan program ini sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia Indonesia melalui bantuan pendidikan dan pelatihan, baik gelar maupun non gelar.

Program beasiswa Kemendikbud yang bekerja sama dengan Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) ini terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Kedua, Beasiswa Unggulan 3T (bagi masyarakat miskin dan/atau tinggal di daerah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia).

Ketiga, Beasiswa Pegawai Kemendikbud. Jenis beasiswa ini tidak terbuka untuk umum, hanya berlaku untuk para karyawan atau pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peserta yang dapat mengikuti program Beasiswa Unggulan Kemendikbud adalah para mahasiswa baru dan mahasiswa yang tengah menjalani masa kuliah dengan maksimal semester 2 ketika melakukan pendaftaran.

Keuntungan Beasiswa Unggulan

Program Beasiswa Unggulan wajib hukumnya kamu perjuangkan demi mewujudkan impian menggapai pendidikan setinggi-tingginya karena ada keuntungan beasiswa dari program dana bantuan pendidikan yang satu ini.

1. Tidak ada batasan pasti kuota Beasiswa Unggulan

Keuntungan Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang pertama adalah tidak ada batasan pasti mengenai kuota. Hal ini bisa terjadi karena besaran dana Beasiswa Unggulan juga dari Kementerian Keuangan dan Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN).

Dengan begitu, apabila Kemenkeu memiliki dana berlebih, kemungkinan besar kuota penerima Beasiswa Unggulan akan bertambah, begitu juga sebaliknya. Sehingga tidak heran bahwa si pelamar yang sebelumnya tidak lolos, dapat kembali dipanggil untuk menandatangani kontrak yang artinya lolos.

2. Biaya pendidikan hingga lulus

Layaknya beasiswa pada umumnya, ada keuntungan beasiswa Unggulan Kemendikbud ini yaitu beasiswa ini juga menanggung seluruh biaya pendidikan bagi penerimanya. Tidak hanya uang pangkal, SPP atau UKT, tetapi juga biaya praktikum, biaya buku, SKS (Satuan Kredit Semester) dan lain sebagainya.

Dengan catatan, biaya pendidikan pada program beasiswa ini hanya berlaku untuk 8 semester. Apabila si penerima tidak mampu menyelesaikan masa pendidikannya hingga waktu yang telah ditentukan yakni 8 semester, maka tambahan semesternya akan ditanggung sendiri.

3. Beasiswa Unggulan juga menanggung biaya hidup

Tidak hanya seluruh biaya pendidikan dari program Beasiswa Unggulan Kemdikbud, tetapi juga biaya hidup. Maksud dari biaya hidup disini adalah dana yang dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar.

Terdapat ketentuan mengenai biaya hidup pada program dana bantuan pendidikan dari Kemendikbud ini yang aturannya ada pada perundang-undangan yang berlaku.

Dengan ragam keuntungan yang ditawarkan oleh Beasiswa Unggulan, tentu saja menjadi sebuah keharusan untuk berjuang mendapatkan dana bantuan pendidikan tersebut. Karena dengan berhasil lolos, bukan hanya akan meringankan perekonomian keluarga, tetapi juga sebuah kebanggaan.

Menjadi sebuah kebanggaan bagi penerima jika lolos. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya pelamar yang membuat tingkat persaingan begitu tinggi. Karena perlu diketahui bahwa setiap kali program Beasiswa Unggulan Kemdikbud dibuka, tidak sedikit yang berjuang mendapatkan kesempatan kuliah gratis.

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store dan cek selengkapnya tentang beasiswa di sini. Dapatkan juga cashback hingga Rp500 ribu tiap kamu daftar kuliah melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Banyak untungnya, kan? Yuk, download!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *