Beasiswa masih menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi biaya kuliah yang mahal. Berhasil memperoleh beasiswa juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi penerimanya. Hal itu tidak terlepas dari tingkat persaingan yang begitu tinggi.

Beragam program beasiswa ditawarkan dari berbagai pihak. Salah satunya pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyediakan program beasiswa bernama Beasiswa Unggulan.

Baca Juga: Ingin Raih Beasiswa Kuliah Dengan Mudah? Ini Tipsnya!

Beasiswa Unggulan Kemendikbud merupakan program beasiswa dalam negeri untuk jenjang S1, S2 dan S3. Tujuan program ini sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia Indonesia melalui bantuan pendidikan dan pelatihan, baik gelar maupun non gelar.

Program beasiswa Kemendikbud yang bekerja sama dengan Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) ini terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Kedua, Beasiswa Unggulan 3T (bagi masyarakat miskin dan/atau tinggal di daerah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia).

Dan ketiga, Beasiswa Pegawai Kemendikbud. Jenis beasiswa ini tidak terbuka untuk umum, hanya berlaku untuk para karyawan atau pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peserta yang dapat mengikuti program Beasiswa Unggulan Kemendikbud adalah para mahasiswa baru dan mahasiswa yang tengah menjalani masa kuliah dengan maksimal semester 2 ketika melakukan pendaftaran.

Program Beasiswa Unggulan wajib hukumnya untuk diperjuangkan demi mewujudkan impian menggapai pendidikan setinggi-tingginya. Karena beragam keuntungan ditawarkan oleh program dana bantuan pendidikan yang satu ini.

Tidak Ada Batasan Pasti Kuota Beasiswa Unggulan

Keuntungan Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang pertama adalah tidak ada batasan pasti mengenai kuota yang dibuka. Hal ini bisa terjadi karena besaran dana Beasiswa Unggulan ditentukan juga oleh Kementerian Keuangan dan Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN).

Dengan begitu, apabila Kemenkeu memiliki dana berlebih, kemungkinan besar kuota penerima Beasiswa Unggulan akan bertambah, begitu juga sebaliknya. Sehingga tidak heran bahwa si pelamar yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos, dapat kembali dipanggil untuk menandatangani kontrak yang artinya lolos.

Biaya Pendidikan Ditanggung Hingga Lulus

Layaknya beasiswa pada umumnya, program Beasiswa Unggulan Kemendikbud ini juga menanggung seluruh biaya pendidikan bagi penerimanya. Tidak hanya uang pangkal, SPP atau UKT, tetapi juga biaya praktikum, biaya buku, SKS (Satuan Kredit Semester) dan lain sebagainya.

Dengan catatan, biaya pendidikan yang ditanggung pada program beasiswa ini hanya berlaku untuk 8 semester. Apabila si penerima tidak mampu menyelesaikan masa pendidikannya hingga waktu yang telah ditentukan yakni 8 semester, maka tambahan semesternya akan ditanggung sendiri.

Beasiswa Unggulan Juga Menanggung Biaya Hidup

Tidak hanya seluruh biaya pendidikan yang ditanggung oleh program Beasiswa Unggulan Kemdikbud, tetapi juga biaya hidup. Maksud dari biaya hidup disini adalah dana yang dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar.

Terdapat ketentuan mengenai biaya hidup pada program dana bantuan pendidikan dari Kemendikbud ini yang telah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku.

Dengan ragam keuntungan yang ditawarkan oleh Beasiswa Unggulan, tentu saja menjadi sebuah keharusan untuk berjuang mendapatkan dana bantuan pendidikan tersebut. Karena dengan berhasil lolos, bukan hanya akan meringankan perekonomian keluarga, tetapi juga sebuah kebanggaan.

Menjadi sebuah kebanggaan bagi penerima jika dinyatakan lolos. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya pelamar yang membuat tingkat persaingan begitu tinggi. Karena perlu diketahui bahwa setiap kali program Beasiswa Unggulan Kemdikbud dibuka, tidak sedikit yang berjuang mendapatkan kesempatan kuliah gratis.

Ingin mendapatkan informasi seputar beasiswa kuliah lainnya? Langsung saja download goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Selain beasiswa, informasi seputar dunia perkuliahan juga tersaji dengan lengkap. Mulai dari acara kampus, dana pendidikan, magang. Bahkan, proses pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like