Kuliah di luar negeri menjadi cita-cita sebagian besar bagi pelajar Indonesia. Tapi layaknya sebuah cita-cita, tidak semua orang dapat mewujudkannya. Begitu juga dengan kuliah di luar negeri. Banyak faktor yang bisa menjadi penghalang terwujudnya cita-cita tersebut. Salah satunya yang paling umum adalah biaya kuliah.

Bukan lagi menjadi rahasia umum kalau mengenyam pendidikan tinggi itu membutuhkan dana yang jumlahnya tidak sedikit, apalagi di luar negeri. Parahnya lagi bahwa inflasi dana pendidikan seiring waktu terus terjadi.

Baca Juga: Tips & Cara Jitu Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri

Tak heran, mengapa banyak pelajar Indonesia yang pada akhirnya memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kerja dibandingkan kuliah. Faktor biaya hingga detik ini memang masih menjadi penghalang terbesar untuk melanjutkan kuliah.

Meski begitu, biaya kuliah mahal bukan berarti membuat kamu menyerah untuk mewujudkan cita-cita kuliah di luar negeri. Kendala tersebut dapat kamu atasi dengan mengajukan beasiswa. Berbagai pihak pun menyediakan program beasiswa, mulai dari pemerintah itu sendiri, perusahaan swasta hingga perguruan tinggi.

Umumnya, beasiswa luar negeri memiliki dua persyaratan wajib, yakni IELTS atau TOEFL. Dua sertifikat yang sama-sama memiliki arti sama, yakni menunjukan kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris.

Sertifikat berbahasa Inggris ini juga ternyata menjadi kendala lain bagi para calon mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa program beasiswa luar negeri yang bisa apply tanpa syarat TOEFL maupun IELTS.

Berikut ini setidaknya 3 daftar program beasiswa luar negeri tanpa TOEFL dan IELTS yang patut untuk kamu perjuangkan demi cita-cita kuliah di negeri orang.

Beasiswa Turkiye Burslari (Beasiswa YTB)

Tidak sedikit mahasiswa Indonesia yang menjadikan Turki sebagai destinasi pendidikan mereka. Hal itu tidak terlepas dari kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh negara yang terkenal akan makanan khasnya bernama Kebab.

Pemerintah Turki pun menyediakan program beasiswa untuk pelajar luar negeri yang ingin mengenyam pendidikan tinggi di Turki. Adalah program dana bantuan pendidikan bernama Beasiswa Turkiye Burslari.

Beasiswa YTB ini merupakan beasiswa fully-funded, yang artinya beasiswa penuh. Tidak hanya menanggung seluruh biaya pendidikan hingga lulus, tetapi juga biaya hidup selama kuliah di Turki.

Program beasiswa dari pemerintah Turki ini diperuntukan bagi calon mahasiswa S1, S2, dan S3. Dan dibuka setiap setahun sekali atau dengan kata lain termasuk ke dalam annual scholarship. Umumnya, waktu pendaftaran dimulai sejak awal tahun, yakni Januari hingga Februari.

Beasiswa Korean Government Scholarship Program

Sesuai dengan namanya, Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah beasiswa yang disediakan oleh pihak pemerintah Korea Selatan. Karena KGSP ini merupakan beasiswa penuh, maka tidak heran banyak mahasiswa Indonesia yang memperjuangkannya.

Terlebih lagi Korea Selatan menjadi negara asal K-Pop. Sebuah budaya yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sehingga, layaknya pepatah mengatakan “Tenggelam sambil minum air”, mengenyam pendidikan tinggi sembari belajar budaya K-Pop.

Beasiswa Monbukagakusho (Beasiswa MEXT)

Tidak berbeda jauh dengan Korea Selatan, masyarakat Indonesia juga sangat menggemari budaya Jepang. Apabila kamu salah satunya, maka berjuanglah untuk mendapatkan Beasiswa Monbukagakusho.

Program bantuan dana pendidikan yang juga dikenal dengan sebutan Beasiswa MEXT ini termasuk beasiswa penuh dan hanya setahun sekali waktu pendaftarannya dibuka. Mengajukan beasiswa ini tidak diwajibkan untuk melampirkan sertifikat TOEFL maupun IELTS, karena sifatnya opsional.

Ingin mendapatkan beasiswa hingga 20 juta per semester? Langsung saja download aplikasi sekarang goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Tidak hanya berkesempatan untuk kuliah gratis, aplikasi ini juga membuat segala urusan kampus beres. Sebut saja proses pendaftaran kuliah yang juga bisa dilakukan, jauh lebih hemat dan cepat. Berbagai informasi seputar dunia perkuliahan pun juga tersaji, seperti informasi magang, dana pendidikan, hingga tersedia pula ragam promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like