Melanjutkan pendidikan tinggi tidak selamanya harus dilakukan di dalam negeri. Terdapat pilihan lain selain kuliah di dalam negeri, bukan lain adalah luar negeri. Banyak para pelajar Tanah Air yang memutuskan untuk mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang. Alasannya tentu sangat beragam. Mulai dari ingin merasakan kehidupan di luar negeri, hingga ingin mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Berdasarkan data terbaru, setidaknya lebih dari 5 juta mahasiswa yang kuliah tidak di negara asal, alias kuliah ke luar negeri. Setengah dari angka tersebut merupakan mahasiswa yang berasal dari kawasan Asia.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Memilih Jurusan

Menurut Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) menginformasikan bahwa negara-negara yang menjadi destinasi pada mahasiswa kuliah di luar negeri adalah Inggris, Australia, Selandia Baru, Swiss, Amerika Serikat, dan Austria.

Lantas, bagaimana mewujudkan impian kuliah di luar negeri? Mengingat pula biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Terlebih lagi biaya hidup yang mungkin saja lebih mahal dibandingkan negara kita, Indonesia. Berikut ini cara kuliah ke luar negeri!

Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Cara pertama untuk dapat kuliah di luar negeri adalah dengan lebih dulu mempersiapkan diri. Ini menjadi hal pertama yang lebih penting dibandingkan hal lainnya. Pasalnya, kamu akan hidup di luar negeri secara mandiri. Terlebih kalau kamu tidak memiliki keluarga atau saudara di negara tempat kamu menimba ilmu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mulailah berlatih berbahasa asing, seperti Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam berkomunikasi.

Untuk lebih memudahkan diri dalam beradaptasi, cari ragam informasi seputar negara tujuan. Seperti budaya di sana, kehidupan bermasyarakat seperti apa, dan lain sebagainya.

Cari Informasi Kuliah di Luar Negeri

Setelah mempersiapkan diri sebaik mungkin, cara kedua untuk dapat mewujudkan impian kuliah di luar negeri adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi yang dicari dalam hal ini adalah informasi seputar kuliah. Mulai dari universitas tujuan, program studi pilihan, hingga biaya kuliah itu sendiri.

Mencari informasi di era modern seperti saat ini bukanlah perkara yang sulit. Cukup menggunakan smartphone ataupun komputer dan laptop, kemudian mengetikkan kata kunci di mesin pencari seperti Google, dengan sekejap ragam informasi yang dicari langsung tersaji.

Informasi pertama yang harus kamu cari adalah mengenai universitas tujuan. Di mana kamu akan kuliah? Apakah di Harvard University? Stanford University? Sydney University? Dan lain sebagainya.

Kemudian, cari informasi mengenai program studi yang ingin dituju. Pastikan prodi yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat diri kamu. Jangan sampai salah dalam memilih jurusan karena itu akan berdampak fatal.

Dan informasi selanjutnya yang harus kamu cari adalah biaya kuliah. Carilah informasi biaya kuliah di luar negeri secara detail. Mulai dari biaya pendaftaran, biaya per semester, biaya praktek, dan sebagainya.

Berikutnya, informasi tentang persyaratan pendaftaran mahasiswa baru. Layaknya di dalam negeri, kuliah di luar negeri juga harus memperhatikan tentang syarat-syarat pendaftaran yang berlaku. Pastikan seluruh berkas lengkap agar proses berjalan lancar.

Persiapkan Dana Pendidikan

Cara terakhir untuk dapat kuliah di luar negeri adalah dengan mempersiapkan dana pendidikan. Beasiswa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi besarnya biaya kuliah di luar negeri yang cukup mahal.

Beragam program beasiswa pun ditawarkan. Tidak hanya dari pihak pemerintah, tetapi juga universitas terkait bahkan perusahaan swasta. Berjuanglah untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri!

Namun jika tidak mendapatkan beasiswa, asuransi pendidikan menjadi solusi alternatif dalam mempersiapkan dana pendidikan. Cerdaslah dalam memilih jenis asuransi pendidikan!

Raih kesempatan kuliah di luar negeri dengan beasiswa di goKampus! Aplikasi di Google Play Store dan App Store yang membuat urusan kuliah beres. Tidak hanya beasiswa, di aplikasi goKampus juga menyajikan informasi seputar dunia perkuliahan lainnya. Seperti event kampus, dana pendidikan, magang, hingga promo mahasiswa. Bahkan, proses pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan dengan mudah dan hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like