cara mendapat teman baru
Tips Belajar

Cara Mendapat Teman Baru bagi Seorang Introvert

Mencari teman baru bagi seorang introvert mungkin tidak mudah ya. Tapi tenang, ada beberapa tips menarik tentang cara mendapat teman baru untuk kamu yang pemalu. Kita bahas yuk. 

Introvert adalah orang yang lebih senang memilih menghabiskan waktu sendirian ketimbang berada dalam keramaian. Seringkali, introvert disamakan dengan pemalu. Biasanya orang yang memiliki sifat ini cenderung sulit memulai pembicaraan dengan orang lain. Itulah kenapa kebanyakan seorang introvert juga kesulitan mendapatkan teman baru, apalagi jika lingkungannya juga tergolong baru. 

Dalam berteman pun, seorang introvert umumnya hanya memiliki satu atau dua teman dekat saja. Nah menariknya, penelitian mengungkap kalau seorang introvert sudah punya teman, pasti akan sangat menjaga pertemanan tersebut. 

Namun, tetap ada masa-masa atau kondisi di mana seorang introvert tetap harus mencari teman baru.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Kreatif, Ternyata Beberapa Sifatnya Berlawanan

Kondisinya Seperti Apa?

1. Status Teman Berubah

Ambil contoh teman kamu menikah. Umumnya ada satu-dua hal yang berubah pasca menikah. Jadi bila tadinya setiap hari kamu bisa menghabiskan banyak waktu dengannya, mungkin setelah temanmu menikah jadi agak sulit ketemuan. Bisa jadi prioritas dia juga berubah, Guys. Ini artinya, sudah saatnya kamu cari teman lagi. 

2. Berada di Lingkungan Baru

Setiap orang pasti akan melewati fase perpindahan, entah itu dari pelajar jadi mahasiswa, dari karyawan kantor A jadi karyawan B, dari warga daerah C jadi warga daerah D, dan seterusnya. Nah, saat pindah ke lingkungan baru, mau tak mau kamu akan bertemu orang baru juga, kan?  

3. Pergi

Pergi di sini dapat berarti banyak hal. Misalnya teman kamu pindah ke luar negeri dan gak tahu kapan akan kembali. Meski tetap bisa berhubungan secara virtual, tapi kamu tetap butuh teman baru. Pergi juga bisa berarti teman kamu meninggal dunia. Meski berat, kamu tetap harus move on dan melanjutkan hidupmu, bukan? 

Nah, kondisi-kondisi seperti disebutkan di atas adalah contoh keadaan yang membuat seorang introvert tetap harus membuka diri mendapatkan teman baru. Sekarang permasalahannya adalah bagaimana cara mendapatkan teman baru tersebut.

Cara Mendapat Teman Baru Paling Mudah

1. Cari Teman dengan Interest yang Sama

Agar lebih mudah, cari teman yang kira-kira memiliki minat yang sama dengan kamu. Caranya cobalah mengikuti sebuah klub atau organisasi. Kalau kamu suka olahraga ya ikut klub olahraga. Jika kamu suka naik gunung ya ikut komunitas pecinta alam.

2. Terima Undangan atau Ajakan Orang Lain

Biasanya seorang introvert akan sangat selektif menerima undangan atau ajakan orang lain. Misalnya seperti ajakan untuk makan siang bareng dan lain-lain. Kamu mungkin merasa malas untuk obrolan ringan sekadar basa-basi. Tetapi dengan menjadi lebih mengenal orang-orang yang berada di sekitarmu, kamu bisa saja menemukan beberapa ruang untuk kesamaan dan dapat menjalin pertemanan.

3. Coba Sesuatu yang Baru

Cara ini adalah kebalikannya cara pertama. Keluarlah dari zona nyaman dan cobalah sesuatu yang baru. Misalnya kamu lebih suka menghabiskan waktu ke kafe, nonton, atau baca buku di rumah. Kenapa gak mencoba sesuatu yang baru seperti travelling ke luar negeri, gabung komunitas relawan, dan lain-lain. Siapa tahu kegiatan baru tersebut akan mempertemukan kamu dengan teman baru. 

Nah, itulah 3 cara mendapat teman baru yang paling mudah dicoba seorang introvert. Harus diingat, menjadi pribadi yang introvert bukan berarti kamu gak bisa memiliki teman. Introvet gak seharusnya jadi batasan kamu bersosialisasi dengan orang lain. Bagaimanapun juga, teman merupakan unsur penting dalam hidup. Menjalin relasi meskipun sekadar pertemanan itu penting, maka jangan diabaikan, ya. Semoga artikel ini bermanfaat ya. 

Dapatkan artikel menarik lainnya hanya di GOKAMPUS. Selain itu, di goKampus juga ada banyak kelas-kelas online seru dengan harga menarik. Ngomongin kelas online, GOKAMPUS punya kelas yang cocok buat kamu yang ingin mendapat teman baru lebih luas. Salah satunya dengan menguasai bahasa Inggris dalam waktu singkat dari Cakap.

Asyiknya ikutan kelas Cakap, kamu bisa dapetin diskon hingga Rp30 ribu setiap pembelian kelas minimal Rp250 ribu menggunakan kode voucher GOCAKAP. Kode voucher tersebut bisa kamu pakai lebih dari 1 kelas dan bersertifikasi Cakap. Asyik kan? Buruan daftar sebelum promo berakhir! Klik di sini untuk pilih kelas favoritmu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *