“Bener ga ya gue milih kampus dan jurusan ini? Takut gak suka deh…”

Memilih kampus dan jurusan yang sesuai dengan keinginan kita memang selalu jadi problem utama sejak SMA. Pasti banyak banget faktor yang membuat kamu ragu-ragu apakah jurusan yang akan kamu pilih sesuai dengan kata hatimu atau tidak. Nah, dari obrolan santai goKampus bareng Joshua Evandeo Irawan, dosen Fakultas Hukum UPH Surabaya pas acara goKTalk hari Kamis (24/9) yang lalu, ada beberapa tips cara memilih kampus dan jurusan yang tepat nih, supaya kamu bisa tau apa saja sih yang harus dipertimbangkan dalam menentukan pilihanmu! Ini dia!

1. Cari Yang Sesuai Minat

Cara memilih kampus yang pertama adalah kamu harus tau minat kamu apa, dan minat ini gak bisa muncul secara mendadak loh! Ini mesti kamu bangun sejak kamu masuk SMA, misalnya saja nih, waktu kamu kelas 10, kamu harus mulai mencari informasi secara menyeluruh tentang kampus dan jurusan yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Nah, waktu kamu naik kelas 11, kamu mulai mencari tau minat dan bakat kamu apa! Contoh, kalau kamu suka dengan fotografi, di kelas 11 inilah kamu mengeksplor segala hal tentang fotografi tersebut. Di akhir, pada saat kamu kelas 12, kamu tinggal menentukan deh kampus dan jurusan apa saja yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

cara memilih kampus

2. Cari Lingkungan Yang Pas

Cara kedua memilih kampus adalah kamu mesti mencari kampus dan jurusan yang sesuai dengan lingkungan pergaulan kamu. 

“Kan aku baru mau masuk ke kampus itu? Gimana cara cari taunya?”

Nah, justru sebelum masuk inilah waktu yang pas untuk kamu mengeksplorasi dan mencari tahu apakah pergaulan di kampus yang akan kamu masuki! Kamu bisa mulai dari nanya ke kampusnya, “Kira-kira sekelas berapa orang sih?” atau “Anak-anaknya dateng dari mana aja sih?”. Kenapa ukuran kelas itu penting? Karena kalau kamu terbiasa di lingkungan yang orangnya tidak terlalu banyak, tiba-tiba kamu masuk ke kelas yang isinya ratusan, riset membuktikan mayoritas anak jadi tidak bisa bersinar. Tentunya kamu pengen bersinar, dong?

Kalau kamu merasa gak nyaman dengan lingkungan pergaulan di kampus dan kamu merasa gak bisa berkembang di jurusan itu, buat dilanjutin lagi? Kamu bisa mencari kampus dan jurusan lain yang kamu rasa cocok untuk melanjutkan pendidikan. Intinya jangan dipaksain, itu berat… Kamu ga akan kuat!

Baca Juga : 4 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Masuk Kuliah

3. “Dompet” Orang Tua

Dompet orang tua menjadi penting banget karena kuliahmu bakal dibayar oleh mereka, kecuali memang kamu sudah memiliki penghasilan sendiri dan sudah sultan sejak dini. Kamu harus mempertimbangkan apakah jurusan yang kamu suka sesuai dengan budget orang tuamu, karena kalau tidak kamu harus mengambil tindakan dengan melakukan beberapa cara nih, salah satunya adalah mencari beasiswa. Psst… di app goKampus bisa liat banyak opsi beasiswa dan pendanaan kuliah loh!

4. Harus Selalu Punya Alternatif

Nah, langkah ini nyambung banget sama cara yang ketiga! Kalau dompet orang tua tidak bisa mengakomodasi pilihan pertamamu, maka kamu harus siap mencari alternatif lain. Kamu bisa mencari jurusan-jurusan lain yang kamu rasa memiliki jenjang karir yang baik di masa depan, atau kampus lain dengan jurusan yang sama yang biayanya lebih bersahabat.

Lebih baik pertimbangkan dulu empat langkah di atas sebelum kamu memilih kampus dan jurusan ya. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like