Hai para Maba (Mahasiswa baru)! Udah siap belum menyambut dunia perkuliahan? Salah satu hal yang sangat penting dalam dunia perkuliahan adalah aktif di berbagai organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Biasanya semua mahasiswa akan berlomba-lomba untuk mengikuti berbagai organisasi yang mereka inginkan, bahkan saking banyak banget organisasi di kampus, kamu sampai bingung harus pilih yang mana. Nah, kali ini goKampus bakal kasih kamu 5 cara aktif organisasi dan UKM untuk para mahasiswa baru! Yuk, simak!

1. Bikin Agenda Harian

Cara pertama agar kamu tetap bisa aktif di berbagai organisasi adalah kamu harus membuat sebuah agenda. Agenda ini bisa dalam bentuk apa aja, bisa sebuah catatan kecil yang kamu taruh di device kamu atau kamu buat catatan di sebuah buku. Tuliskan seluruh kesibukan yang kamu miliki dengan jelas, sehingga jadwal kamu setiap harinya akan lebih terstruktur. Nah, kebayang gak kalo kamu gak menyusun jadwal dengan baik? Pasti kamu bakal skip di berbagai rapat organisasi, maupun kerja kelompok! Bahaya tuh!

cara aktif organisasi

2. Pilih Organisasi Sesuai Passion

Pastinya ketika kamu ingin berorganisasi, kamu harus cari tau dulu nih apa aja sih organisasi yang kira-kira sesuai sama passion kamu. Misalnya, kamu suka banget sama seni peran (acting), maka kamu bisa bergabung dengan organisasi teater di kampusmu untuk bisa mengeksplor kemampuan seni peranmu lebih dalam lagi. Siapa tau kamu bisa mengharumkan nama kampus dengan mengikuti berbagai kegiatan teater kan?

3. Pilih Organisasi Bermanfaat

Tentu saja waktu kamu memilih organisasi atau UKM yang oke, kamu mesti pikirkan juga manfaat dan dampak yang diberikan. Manfaat ini gak cuman buat kehidupanmu sendiri tapi juga untuk lingkungan sekitar. Kamu bisa mencari organisasi yang bisa menambah motivasi belajar dan mengembangkan skillmu di dunia kerja nanti.

Baca Juga : 20 Pertanyaan Kepo Tentang Cloud University

4. Pintar-Pintar Bagi Waktu

“Begadang jangan begadang…”

Nah, cara yang keempat adalah kamu harus pintar-pintar bagi waktu, salah satunya dengan membagi kegiatan perkuliahan kamu dalam berbagai fase. Fase pertama adalah fokus ke tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, fase kedua adalah organisasi atau UKM, fase ketiga adalah liburan bareng keluarga maupun nongkrong sama teman-teman. Nah, kehidupan perkuliahanmu juga harus seimbang nih, antara kelas, organisasi, dan hiburan, karena kalau masa perkuliahanmu gak seimbang pasti bakal berat banget buat dijalanin!

cara aktif organisasi

5. Jangan Ikut-Ikutan

“Kamu ambil kelas memasak? Yauda aku ikut deh…”

Meskipun kamu sohib banget nih sama temen kamu, tapi soal ikut organisasi kayaknya ga usah ikut-ikutan temen, deh! Hal ini sangat penting untuk diingat, karena nantinya kalau kamu sebenernya gak bener-bener suka dengan kegiatannya, maka kamu akan sulit banget untuk bertahan lama di organisasi atau UKM tersebut. Lebih baik cari saja yang sesuai dengan kesenangan diri sendiri. Kamu harus ingat, jalannya dunia perkuliahan akan berada di tanganmu sendiri ya!

Nah, meskipun kamu maba gak perlu takut ya, karena kamu juga bisa kok aktif di berbagai organisasi! Semoga tips dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like