Hai calon mahasiswa! Gak kerasa kita sudah masuk tahun ajaran baru nih. Untuk kamu yang baru banget lulus SMA, masuk dunia perkuliahan pastinya jadi suatu momen yang ditunggu-ditunggu. Meskipun terdengar menyenangkan, tapi jangan dianggap remeh loh! Kamu perlu banget mempersiapkan banyak hal sebelum akhirnya beneran masuk kuliah. Penasaran apa aja? goKampus mau share 4 persiapan sebelum masuk kuliah, khusus buat kamu calon mahasiswa baru 2020, cekidot!

1. Mental

Kamu mesti ingat dunia SMA dan dunia perkuliahan adalah dua dunia yang sangat berbeda, jadi mental kamu harus diubah dulu nih! Mungkin saat masa sekolah ruang lingkup kamu untuk beraktivitas hanya disitu-situ aja, tapi tidak dengan kuliah. Maka, mulailah untuk gak cepat puas dengan pujian orang lain dan berusaha mendengarkan saran dan kritik yang membangun sebanyak mungkin! Ini wajib kamu lakukan karena saat kamu kuliah nanti kamu akan diajarkan untuk tidak pernah puas dengan pencapaian yang seadanya dan kamu akan dituntut untuk menjadi mahasiswa yang aktif mencari informasi! 

4 persiapan kuliah

2. ‘Stalk’ Kampusmu

Masuk ke lingkungan baru tentu saja membuat kamu harus beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Maka, sebelum kamu masuk dan memulai pelajaran pertama di kampus, kamu wajib banget cari tau hal-hal apa saja yang ada di kampusmu. Info yang kamu dapat mengenai kampusmu bisa menjadi senjata utama untuk beradaptasi di lingkungan baru loh!

Untuk sementara, kamu bisa mencari informasi mengenai kampusmu melalui internet atau media sosial. Tapi, nanti waktu kamu sudah resmi jadi mahasiswa baru, kamu jangan malu bertanya kepada senior, dosen, teman, atau staff-staff kampus mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang kampusmu sendiri! Pelajari juga tentang sistem administrasi yang berhubungan dengan nilai akademik, misalnya cara mengurus Kartu Rencana Studi (KRS) dan Satuan Kredit Semester (SKS).

Baca Juga : 5 Jurusan Unik dan Langka di Indonesia

3. Restu Bokap Nyokap Penting!

Persiapan kuliah yang ketiga adalah restu orang tua! Restu dari kedua orang tua bisa membantu kamu untuk menghadapi perkuliahan dengan lebih siap dan tenang. Apalagi di zaman sekarang, sudah ada grup whatsapp keluarga kan? Walaupun seringkali ribet dan rese, grup Whatsapp keluarga sebenarnya adalah sarana yang pas buat kamu untuk selalu punya support system dari keluarga, untuk meminta kabar tentang perkembangan kuliahmu, dan kalau ada apa-apa yang darurat.

4 persiapan kuliah

4. Cari Kos Yang Enak

Nah, Persiapan kuliah yang terakhir ini spesial buat kamu anak rantau yang memang memilih untuk kuliah di luar kota. Kos-kosan akan menjadi saksi hidup perjuanganmu untuk menyelesaikan kuliah! Maka, penting banget untuk mencari dan mempersiapkan kos-kosan yang akan kamu tinggali nantinya dengan tepat.

Mencari kos-kosan bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan aplikasi yang sedang tren atau kamu bisa datang sendiri dan melihat apakah kamu suka dengan kamar kos dan lingkungan sekitarnya atau tidak. Kamu juga perlu menyisihkan waktumu untuk mengisi barang-barang apa saja yang kamu butuhkan. Meskipun pindah kos gak seribet pindah rumah, tapi kamu gak boleh menganggap sepele ya!

Yuk, dicek lagi apakah 4 hal persiapan kuliah ini sudah kamu lakukan apa belum, Semoga tips dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like