contoh laporan kkn
Tips Belajar

Tips Membuat dan Contoh Laporan KKN, Ternyata Mudah!

Bagi para mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata alias KKN, membuat laporan KKN wajib hukumnya. Soalnya, hal tersebut sebagai salah satu indikator penilaian hasil KKN. Bagi kamu yang gak terbiasa bikin laporan, mungkin bingung bagaimana membuat laporan KKN, misalnya muncul pertanyaan, “Contoh laporan KKN seperti apa?”. Simak di sini yuk.

Baca Juga: Serba-serbi KKN, Ternyata Lebih Mulia Dari Sekadar Cerita Horor

Ini Tips yang Memudahkan Hidupmu!

1. Kerja Sama

KKN dilakukan secara teamwork, jadi tentu saja laporan KKN juga harus dibuat secara kerja sama. Sebab, laporan KKN cukup panjang dan bakal menghabiskan banyak waktu, meski memang enggak sepanjang dan sesulit membuat skripsi

2. Lihat Contoh

Cobalah kamu ke perpustakaan, pastinya ada contoh laporan KKN dari kakak kelas dan alumni di kampus. Kamu bisa melihatnya lebih dulu sebelum menyusun laporan KKN.

3. Konsultasi dengan Kating/Alumni

Sebagai orang yang sudah pernah membuat laporan KKN, kakak tingkat (kating) dan alumni kampus pasti tahu cara dan tips bikin laporan KKN. Gak ada salahnya berkonsultasi dengan mereka, bisa sekalian memperluas koneksi kamu loh!

4. Format Fisik Wajib Sesuai Ketentuan

Pastikan laporan KKN dibuat sesuai format yang jadi pedoman dari kampus. Format laporan KKN dari berbagai kampus tentu berbeda-beda. Namun umumnya, kertas yang digunakan berukuran A4, lalu kamu harus menggunakan font jenis Times New Roman dengan ukuran 12, jarak antar paragraf 1.5, dan headings normal.

Soal penjilidan juga tergantung kebijakan kampus, apakah harus hard cover atau cukup soft cover, juga dengan warna cover dan pembatas bab, biasanya sih biru muda. Perhatikan juga format desain judul yang harus kamu buat.

Jangan lupa perhatikan apakah kampus mewajibkanmu melampirkan dokumentasi KKN atau tidak. Dokumentasi bisa berupa foto-foto dan video selama kamu menjalankan KKN.

5. Jujur Dalam Menyusun Laporan KKN

Janganlah kamu mengada-ngada dalam menyusun laporan KKN. Ingat, dosen pembimbing lapangan gak bodoh. Beliau pasti akan menyadari jika ada hal yang gak wajar.

6. Perhatikan Deadline

Pengumpulan laporan KKN memiliki tenggat waktu alias deadline. Jangan sampai telat, karena jika terlambat, kemungkinan KKN kamu baru dinilai dan diproses pada semester berikutnya.

Contoh Laporan KKN

Sekali lagi harus dicatat bahwa kebijakan setiap kampus berbeda-beda, tapi umumnya contoh laporan KKN dan isi laporan KKN memiliki urutan seperti ini:

  • HALAMAN JUDUL
  • HALAMAN PENGESAHAN
  • KATA PENGANTAR
  • DAFTAR ISI
  • PROGRAM KELOMPOK
  • BAB I. PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

I.2. Rumusan Masalah

I.3 Tujuan

I.4 Tinjauan Pustaka

  • BAB II. PELAKSANAAN PROGRAM

II.1 Bidang Kegiatan

II.2 Objek Kegiatan

II.3 Lokasi Kegiatan

II.4 Jenis dan Waktu Kegiatan

II.5 Pendanaan

  • BAB III. PEMBAHASAN

Berisi Pembahasan tentang Pelaksanaan dan Capaian Kinerja setiap Program Kegiatan

(Capaian pelaksanaan, capaian dana, capaian waktu)

  • BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN

Berisi kesimpulan dan saran perbaikan ke depan.

  • DAFTAR PUSTAKA

Gimana, mulai saat ini tidak ada kata tidak siap untuk menjalani KKN ya? Selain itu, kamu juga perlu upgrade skill untuk menghadapi tantangan dan persaingan di dunia kerja nih. Cara cepat dan mudahnya gimana? Kamu bisa mengikuti program online course dari goKampus.

Bermodalkan gadget, kamu bisa upgrade skill dan menambah nilai jualmu untuk masuk perusahaan dengan program sertifikasi. Menarik bukan? Yuk cek info detailnya dengan klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *