menu buka puasa sehat
Tips Belajar

Menu Buka Puasa Sehat Agar Tetap Fit Selama Ramadan

Bulan puasa bisa menjadi salah satu momen untuk kamu mulai hidup dengan sehat. Tentunya, hidup sehat ini harus bersama pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup. Beberapa dari kamu mungkin masih bingung kira-kira apa saja sih menu buka puasa sehat agar tetap fit selama Ramadan? Biar gak bingung lagi, kamu bisa langsung baca artikel ini.

Menu Buka Puasa Sehat

Mengutip dari Dokter Sehat, berikut daftar menu buka puasa sehat yang bisa kamu coba. Yuk, langsung cek satu per satu!

1. Air putih

Selama berpuasa, maka cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Agar tubuh terhidrasi kembali, maka kamu dianjurkan minum 2 hingga 3 gelas air putih hangat atau biasa saat berbuka. Selain menyegarkan, air putih juga menjaga tubuh agar gak mengalami dehidrasi yang parah. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan mudah merasa lemas dan ngantuk, pusing, hingga sembelit.

2. Sayuran

Gak dapat kita pungkiri lagi kalau salah satu menu buka puasa sehat ialah sayuran karena memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Alangkah baiknya selalu menyediakan sayur untuk berbuka puasa. Dengan mengonsumsi sayuran, maka tubuh lebih mudah mencerna nutrisi dan lambung gak perlu bekerja terlalu keras. Sayur juga memiliki banyak gizi yang baik untuk kesehatan.

3. Buah-buahan

Makanan satu ini gak boleh terlewatkan! Buah-buahan memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang bagus bagi tubuhmu. Nutrisi tersebut dapat mengembalikan energimu dan badan pun menjadi lebih segar. Buah yang populer sebagai salah satu menu buka puasa sehat adalah kurma. Hal ini karena kurma mengandung banyak antioksidan, dapat menjadi sumber energi tubuh, melancarkan pencernaan hingga mencegah kadar gula darah melonjak. Kamu juga bisa makan buah lainnya yang segar, seperti jeruk, apel, melon, semangka dan kiwi.

4. Nasi merah

Nasi merah memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah serta zat besi, protein dan serat yang tinggi daripada nasi putih, loh. Kadar karbohidrat yang lebih rendah dari nasi merah dapat menurunkan kadar gula darah, mengontrol kolesterol, mencegah obesitas dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Nasi jagung

Nasi jagung adalah alternatif dari menu buka puasa sehat lainnya. Selain nasi merah, nasi jagung kaya akan serat dan bagus untuk pencernaanmu. Mengonsumsi nasi jagung di bulan puasa baik untuk tubuh karena dapat mencegah anemia, mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan tulang. Nasi jagung juga sama memberikan efek kenyang yang sama dengan nasi putih dan nasi merah.

6. Ikan

Makanan yang berbahan dasar ikan sangat dianjurkan sebagai menu buka puasa karena memiliki banyak nutrisi, vitamin dan juga rendah lemak. Ikan sangat baik bagi tubuh, terlebih bagi kamu yang lagi diet saat puasa. Kamu bisa mengolah ikan bersama sayuran agar lebih sehat.

Baca Juga: Hindari Menu Sahur Ini, Terutama Bagi Kamu yang Berniat Diet!

7. Kentang rebus

Kentang adalah salah satu menu buka puasa sehat dan sumber energi serta karbohidrat yang rendah kalori. Sebaiknya kamu mengolah kentang dengan merebus atau mengukus daripada menggoreng karena kentang rebus memiliki manfaat yang lebih baik daripada kentang goreng.

8. Sup kacang merah

Sup kacang merah bisa menjadi menu pilihanmu untuk berbuka puasa. Selain sehat, pembuatan sup kacang merah ternyata mudah, loh. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga gak banyak. Tentunya lezat dan bergizi!

9. Oatmeal

Kamu dapat membuat berbagai menu sehat dan lezat dengan mengolah oatmeal. Oatmeal bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga kamu bisa dengan tenang melaksanakan ibadah tarawih setelah berbuka puasa.

10. Yoghurt

Rupanya beberapa ahli gizi juga menyarankan yoghurt sebagai salah satu menu buka puasa yang sehat. Yoghurt dinilai sehat karena gak mengandung pemanis buatan, seperti makanan lainnya, misalnya es campur atau es timun suri. Kesehatan pencernaanmu juga akan terjaga dengan mengonsumsi yoghurt.

Karena selama seharian perutmu kosong, maka ketika berbuka jangan langsung makan dengan berlebihan. Hal ini agar lambung dan sistem pencernaanmu gak kaget. Berbukalah dengan secukupnya saja karena sesuatu yang berlebihan itu gak baik bagi tubuh.

Oh iya, kamu juga bisa mengisi waktu selama bulan puasa dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *