Apakah kamu memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikanmu di perguruan tinggi swasta (PTS)? Selain perguruan tinggi negeri (PTN), universitas swasta memang menjadi pilihan lain yang menarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali universitas swasta yang tengah berlomba-lomba guna menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Bingung dalam mencari perguruan tinggi swasta yang tepat untukmu? Daftar perguruan tinggi swasta terbaik berikut mungkin bisa membantumu!

Daftar universitas swasta terbaik Indonesia berikut merupakan hasil pemeringkatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada 17 Agustus 2018 terhadap 3.320 PTN dan PTS non-Politeknik. Berikut adalah beberapa Universitas Swasta terbaik yang berhasil masuk jajaran atas dari daftar tersebut:

1. Universitas Islam Indonesia

Perguruan tinggi swasta terbaik pertama adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Universitas swasta yang berada di Yogyakarta ini merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak 8 Juli 1945 dan kala itu masih bernama Sekolah Tinggi Islam (STI)

Kini UII telah memiliki 9 fakultas dengan lebih dari 50 program studi mulai diploma hingga program pascasarjana.

2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta atau yang dikenal juga dengan nama Unika Atma Jaya merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia yang berdiri pada  1 Juni 1960 sebagai buah dari gagasan yang dibahas pada rapat para Uskup se-Jawa pada Juni 1952. Bersama UII, Unika Atma Jaya seringkali masuk dalam jajaran universitas swasta terbaik di Indonesia.

Unika Atma Jaya kini memiliki 8 fakultas dan 1 sekolah pasca sarjana.

3. Universitas Telkom

Universitas swasta terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Telkom (Tel-U) yang berada di Bandung. Tel-U sendiri lahir pada 2013 sebagai hasil penggabungan dari Perguruan Tinggi Swasta yakni  Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) yang semuanya diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom sejak bertahun-tahun sebelumnya.

Kini, salah satu universitas terbaik di Indonesia ini telah memiliki 7 fakultas dan juga program-program pendidikan lainnya.

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta awalnya berdiri pada 27 September 1965 sebagai cabang dari Unika Atma Jaya Jakarta. Namun, pada 31 Agustus 1973 Universitas Atma Jaya Yogyakarta memisahkan dan menjadi universitas swasta independen di bawah Yayasan Slamet Rijadi.

Universita Atma Jaya Yogyakarta kini telah memiliki 6 fakultas dengan berbagai program studi hingga magister dan kerap menjadi pilihan universitas swasta favorit khususnya bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan di Yogyakarta.

5. Universitas Katolik Parahyangan

Berdiri dengan nama Akademi Perniagaan pada 17 Januari 1955, dengan nama Akademi Perniagaan, universitas swasta terbaik di Indonesia selanjutnya ini lahir berkat kerja sama kerjasama antara Uskup Bandung, Pierre Marin Arntz, O.S.C. dengan Uskup Bogor Prof. Dr. Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise, O.F.M,.

Barulah pada pada 15 September 1958, bersamaan dengan dibukanya Fakultas Hukum, nama institusi pendidikan ini resmi menjadi Universitas Parahyangan.

Universitas swasta terbaik yang berada di Bandung ini kini telah memiliki 7 fakultas yang menyelenggarakan program studi sarjana dan juga magister dan doktoral.

6. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terbaik selanjutnya yang telah berdiri sejak tahun 1964 atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang kala itu.

Awal berdiri UMM hanya memiliki 4 fakultas dan 1 jurusan Ilmu Agama yang kala itu merupakan cabang dari Fakultas Agama Islam dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Namun, kini salah satu universitas swasta terbaik Indonesia yang berada di Malang ini telah memiliki 10 fakultas, termasuk Fakultas Agama Islam-nya sendiri.

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sebelum berdiri menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), institusi pendidikan tinggi ini merupakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta Cabang Surakarta yang didirikan pada tahun 1957.

Hingga pada 1965, FKIP Muhammadiyah Cabang Surakarta ini  kemudian resmi berdiri independen menjadi 2 lembaga Pendidikan Tinggi, yakni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Surakarta. Dan seiring berkembangnya institusi pendidikan ini, pada tahun 1979, Drs. H. Mohamad Djazman yang merupakan Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta kala itu, memprakarsai berdirinya Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan menggabungkan IKIP Muhammadiyah Surakarta dan IAIM Surakarta yang akhirnya berhasil terwujud pada 1981.

Kini UMS telah berkembang menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia dengan 12 fakultas dan tak kurang dari 10 program magister yang bisa jadi pilihanmu dalam melanjutkan pendidikan tinggi.

8. Universitas Katolik Soegijapranata

Universitas Katolik Soegijapranata adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang berada di Semarang di bawah naungan Yayasan Sandjojo. Universitas swasta ini awalnya merupakan kelanjutan dari Universitas Katolik Atma Jaya Cabang Semarang yang lahir tahun 1964 dan pada 1973 berubah menjadi Institut Teknologi Katolik Semarang (I.T.K.S.)

Barulah pada 5 Agustus 1982 I.T.K.S. berubah nama menjadi Universitas Katolik Soegijapranata dan kini telah memiliki tak kurang dari 10 fakultas dan beberapa program pascasarjana.

9. Universitas Bina Nusantara

Berawal dari institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974 institusi pendidikan ini mengalami banyak perkembangan hingga akhirnya menjadi STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986. Universitas Bina Nusantara yang kini dikenal dengan nama BINUS sendiri baru berdiri pada 8 Agustus 1996 dan terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia.

Universitas Bina Nusantara kini menyelenggarakan pendidikan sarjana, gelar ganda, magister, hingga program kuliah internasional dan juga online.

10. Universitas Kristen Petra

Perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Kristen Petra yang berada di Surabaya atas peran dan gagasan dari Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra).

Hingga kini, Universitas Kristen Petra telah memiliki 7 fakultas dengan beragam pilihan program studi S1, Magister, dan juga Doktoral.

Untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi swasta, daftar universitas swasta diatas dapat menjadi referensimu dalam memilih perguruan tinggi swasta yang tepat. Ingin dapatkan lebih banyak informasi tentang perkuliahan dan kampus? Segera download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store yang akan bantu kamu dapatkan berbagai informasi serta fitur yang bisa membantu proses perkuliahanmu. Mulai dari informasi beasiswa dan juga pendaftaran kuliah hingga pinjaman dana pendidikan bisa kamu ajukan melalui aplikasi goKampus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like