Alasan Beasiswa Kuliah
Tips Belajar

Ingin Diterima Beasiswa Kuliah? Beri Alasan Menarik!

Alasan menarik Ingin Diterima Beasiswa Kuliah – Mengikuti serangkaian tes menjadi hal yang harus dilakukan oleh para pelamar Beasiswa untuk mewujudkan impiannya mengenyam pendidikan tinggi tanpa lagi memikirkan tentang biaya kuliah yang menjadi kendala sebagian besar pelajar.

Serangkaian tes beasiswa mulai dari seleksi administrasi. Pada tahapan ini, kamu hanya melampirkan berbagai berkas yang menjadi persyaratan dalam pengajuan beasiswa. Diantaranya seperti salinan ijazah, transkrip nilai, surat rekomendasi, essay beasiswa, hingga lain sebagainya.

beasiswa

Baca Juga: 3 Kesalahan Konyol Saat Pengajuan Beasiswa Kuliah

Pastikan tidak ada satupun berkas yang terlewatkan. Jika terjadi, dapat dipastikan bahwa kamu akan dinyatakan gagal. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan sebaik dan sedetail mungkin tentang persyaratan. Jangan lupa pula untuk memperhitungkan dengan baik, mengingat beberapa berkas seperti sertifikat TOEFL umumnya akan keluar hingga seminggu lamanya.

Setelah berhasil melewati tahapan seleksi administrasi, berikutnya kamu akan menghadapi tahapan ujian tertulis. Di tahapan ini, kamu akan mengerjakan sejumlah soal gabungan dari beberapa mata pelajaran.

Namun, tidak semua menerapkan tahapan ini dalam program beasiswa. Ada beberapa penyedia beasiswa alias sponsor yang langsung ke tahapan berikutnya, yakni tes wawancara, tanpa lebih dulu mengerjakan ujian tertulis.

Tes wawancara menjadi tahapan terakhir dari rangkaian seleksi beasiswa kuliah. Pada tahap ini, kamu akan berhadapan langsung dengan interviewer dari pihak sponsor. Dimana kamu akan ditanya seputar diri sendiri dan rencana masa depan. Selain itu, interviewer juga menanyakan seputar alasan, mengapa memilih jurusan kuliah ini, mengapa harus kuliah di universitas itu, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit para pejuang beasiswa yang gagal pada tahap seleksi wawancara. Alasannya beragam, mulai dari gugup, kurang persiapan, hingga pada akhirnya kebingungan dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan.

Untuk membantu kamu melewati tahapan seleksi beasiswa kuliah yang satu ini, lebih baik tidak menjelaskan dan memberikan contoh nyata mengapa kamu layak menerima bantuan dana pendidikan. Alasan beasiswa kuliah kamu harus diterima!

Pendidikan

Kamu harus mampu menjelaskan sekaligus membuktikan kalau diri kamu memiliki latar belakang pendidikan yang baik. Caranya adalah dengan memberitahukan bahwa kamu menekuni program studi baik secara formal, informal maupun non-formal.

Formal yang dimaksud adalah sekolah, yakni belajar di ruangan kelas dengan dibimbing oleh tenaga pengajar profesional. Informal merupakan kegiatan diluar sekolah, seperti workshop, seminiar, konferensi, dan lain sebagainya. Non-formal adalah belajar secara mandiri atau otodidak melalui berbagai platform, baik buku, Youtube, maupun internet.

Tidak perlu menceritakan semua itu kepada interviewer. Cukup pelajaran atau ilmu yang berkaitan dengan goal, cita-cita atau kontribusi kamu di masa depan. Ceritakan secara menarik mungkin supaya interviewer tidak bosan mendengar penjelasan kamu.

Pengalaman

Pengalaman dalam hal ini merujuk pada dua hal. Pertama pengalaman kamu dalam mengikuti komunitas, organisasi, atau pernah menjadi volunteer, bahkan magang, dan lainnya. Ceritakan pengalaman-pengalaman tersebut baik itu yang sudah, tengah, atau akan datang untuk dilakukan.

Hal kedua adalah pengalaman kerja. Ini menjadi poin yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja jika memiliki pengalaman tersebut. Alasannya tentu saja karena seseorang yang pernah bekerja telah mengetahui kondisi sebenarnya tentang suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Rencana di Masa Depan

Terakhir, kamu harus menceritakan tentang rencana masa depan kamu. Sederhananya, setelah kamu lulus kuliah nanti, kamu akan menjadi pribadi seperti apa, apa yang ingin kamu beri kepada masyarakat, dan goal hidupmu.

Beri penjelasan yang cukup detail tentang rencana masa depanmu. Dengan begitu, maka akan membuat pewawancara lebih percaya. Interviewer tidak menganggap ucapanmu hanya omong kosong belaka.

Ragam program beasiswa kuliah tersaji secara lengkap di aplikasi goKampus. Tak hanya tersaji, tetapi kamu juga bisa mengajukan diri pada program-program beasiswa tersebut.

Sambil menunggu hasil positif dari program beasiswa, kamu juga bisa membekali diri dengan beragam ilmu dan skill baru dengan ikutan kelas-kelas online di goKampus ya! Ada beragam kelas dari universitas dan perusahaan top dunia yang bisa bikin kamu expert di bidang yang ingin kamu kuasai!

Yuk, gali potensi terbaikmu dengan ikutan kelas online berkualitas dan bersertifikasi! Kalau kamu butuh rujukan kelas yang saat ini paling dicari di dunia kerja, kamu bisa intip kelas-kelas rekomendasi dari goKampus yang kamu bisa lihat di link ini! Ada diskon menarik dan kelas gratisnya juga loh! Yuk #LearnBetterGoFaster bareng goKampus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *