cara menjadi content creator
Tips Belajar

5 Cara Menjadi Content Creator Sukses

Gimana sih cara menjadi content creator yang sukses? Kamu pernah kepikiran seperti itu? Ya ternyata, memang banyak sekali contoh para pembuat konten yang sukses dengan setelah terjun ke dunia pembuatan konten, tapi yang gagal juga nggak sedikit. Kok bisa ya?

Baca Juga: Berapa Gaji Seorang Content Creator? Menjanjikan Gak Sih?

Cara Menjadi Content Creator Sukses yang Bisa Kamu Coba

Ikuti Passion

Ini adalah salah satu langkah terawal cara menjadi content creator sukses. Cari lebih dulu: apa sih yang menjadi passion kamu? Misalnya, kamu sangat paham mengenai dunia masak karena kamu pernah belajar jadi chef. Kebetulan, dunia masak juga merupakan hal yang sangat kamu sukai.

Ini bisa jadi topik untuk konten-konten yang akan kamu buat, bisa video TikTok, tutorial masak di Youtube, foto-foto masakan di Instagram, dan sebagainya. Dengan passion, kamu akan mengerjakannya dengan lebih “ikhlas”. Toh kamu memang suka hal-hal yang jadi passion kamu, kan?

Konsisten

Taruhlah konten bikinanmu bagus. Tapi tentu percuma kalau kamu upload konten terbaru setiap setahun sekali. Audience terlanjur lupa kepadamu. Teruslah membuat konten secara berkala. Tentukan timeline dan deadline

Misalnya, setidaknya kamu harus ada video Youtube baru setiap dua minggu sekali, post di TikTok setiap dua hari sekali, isi feed Instagram setiap minggu, dan sebagainya.

Konsistensi adalah salah satu cara menjadi content creator sukses. Jika kamu konsisten dan tekun, pada akhirnya kamu akan dilirik audience.

Kreatif dan Orisinal

Dunia content creator adalah tempat di mana kreativitasmu bakal sangat diuji. Referensi atau terinspirasi boleh, tapi jangan pernah melakukan plagiat terhadap karya orang lain. Mending jadi diri sendiri saja, deh! Lebih aman dan hasilnya juga bakalan keren. 

Thinking out of the box adalah salah satu sikap yang diperlukan untuk menjadi content creator sukses, apalagi jika kamu memiliki banyak pesaing yang punya konten serupa. Banyak-banyaklah cari inspirasi: bisa dengan membaca, mendengarkan musik, brainstorming dengan teman, atau bahkan cara sederhana seperti mencoba me time.

Selalu Update

Salah satu cara menjadi content creator sukses adalah selalu update dengan apa yang terjadi di dunia ini. Jika kamu mengetahui topik yang sedang ngetren di dunia maya, kamu bisa mencoba menemukan ide baru sehingga kontenmu selanjutnya akan lebih relevan dengan topik tersebut. 

Caranya sangat mudah, kamu dapat membaca portal berita, mengikuti trend di setiap media sosial, hingga mengeksplor Google News dan Google Trends.

Selalu Belajar

Jangan lupa bahwa dunia digital terus berkembang. Coba saja tengok Instagram yang dulunya hanya bisa upload foto dengan aspek rasio 1:1, kini sudah dilengkapi fitur-fitur untuk video seperti Reels. Mereka mengikuti perkembangan zaman, agar gak kalah saing dengan TikTok.

Perkembangan itu membuat kamu harus belajar terus menerus. Itu hanya dari segi platform software, loh. Belum lagi hal-hal teknis, misalnya media perekaman seperti kamera dan mikrofon yang selalu menjadi lebih canggih. Terakhir, jangan lupa kalau ilmu kamu juga mesti update dan upgrade.

Gimana guys? Kamu tertarik jadi content creator? Sebelum memulainya, yuk asah diri kamu dulu sebelum terjun ke dunia content yang makin sengit ini. Kamu bisa memulainya upgrade skill dengan ikutan Kelas Dasar Digital Marketing di sini dari goKampus. Ada sertifikat resmi dari Trent Global College Singapura dan diskon up to 65% loh! Penasaran? Segera daftar dan kamu bisa pilih kelas favorit lainnya di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *