Inggris menjadi salah satu negara tujuan pendidikan bagi pelajar dari seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia. Tidak sedikit pelajar Tanah Air yang menjadikan Inggris sebagai negara tempat mengenyam pendidikan tinggi.

Alasan mengapa Inggris begitu banyak diminati oleh calon mahasiswa internasional adalah karena kualitas pendidikan yang disajikan. Selain itu, budaya masyarakat di sana menjunjung tinggi nilai toleransi. Sehingga tidak perlu takut dinilai berbeda oleh orang lain.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Inggris

Beragam program beasiswa luar negeri pun ditawarkan oleh berbagai pihak. Mulai dari pemerintah melalui berbagai kementerian, perusahaan swasta hingga universitas tertentu. Menjadi impian mengenyam pendidikan di luar negeri bukan lagi hanya angan-angan belaka.

Salah satu beasiswa luar negeri adalah Beasiswa Chevening. Sebuah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris bagi para calon mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Inggris.

Beasiswa Chevening didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan lembaga mitra. Program dana bantuan pendidikan ini akan mendanai seluruh kebutuhan studi selama kuliah di Inggris. Mulai dari biaya kuliah, biaya pembuatan visa dengan catatan hanya satu kali, biaya perjalanan pp (pulang-pergi) Indonesia – Inggris, hingga biaya hidup.

Mengenai biaya hidup, meliputi akomodasi atau tempat tinggal, transportasi, konsumsi, dan lain sebagainya. Melihat seluruh keuntungan yang dihadirkan oleh Beasiswa Chevening, siapa yang tidak menginginkannya.

Ragam keuntungan tersebut pula yang menjadi alasan mengapa mendapatkan Beasiswa Chevening adalah pekerjaan cukup sulit untuk dilakukan. Tidak sedikit yang berjuang untuk program beasiswa tersebut,

Namun meski tingkat persaingan meraih beasiswa asal pemerintah Inggris tersebut cukup tinggi, bukan berarti kamu menyerah begitu saja. Berikut ini 3 tips sukses dalam menaklukkan Beasiswa Chevening untuk mewujudkan impian kuliah di Inggris.

1. Pelajari Tentang Beasiswa Chevening

Tips pertama dalam upaya menaklukkan Beasiswa Chevening adalah dengan mempelajari tentang program beasiswa itu sendiri. Bukan hal yang sulit untuk mencari informasi secara detail seputar beasiswa asal pemerintah Inggris tersebut di era modern seperti sekarang ini.

Beasiswa Chevening menginginkan pelamar yang memiliki tingkat motivasi tinggi untuk mengembangkan diri. Tidak hanya itu, pelamar juga wajib memiliki rencana yang jelas, dan berani untuk berkomitmen.

Oleh karena itu, jauh sebelum kamu mengajukan diri pada program beasiswa yang satu ini, kenali diri kamu lebih dalam. Dengan begitu, kamu akan memiliki motivasi tinggi, visi misi di masa depan, dan komitmen.

2. Tingkatkan Prestasi Akademik dan Perbanyak Pengalaman

Setelah mengetahui seperti apa Beasiswa Chevening itu, maka tips kedua untuk memperbesar peluang kamu memenangkan persaingan program beasiswa penuh asal Inggris tersebut adalah dengan meningkatkan prestasi akademik dan perbanyak pengalaman.

Ini menjadi hal penting untuk diketahui bahwa Beasiswa Chevening memiliki syarat pengalaman dan prestasi akademik. Oleh karena itu, jauh sebelum mendaftarkan diri ke program dana bantuan pendidikan yang satu ini, kamu rajin-rajin memperkaya pengalaman organisasi, volunteer, komunitas yang sesuai dengan jurusan dan rencana di masa depan.

Memperbanyak pengalaman bukan berarti mengabaikan prestasi akademik. Minimal IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) untuk mendaftar Beasiswa Chevening adalah di angka antara 3,33 hingga 3,67.

3. Persiapkan Diri Secara Matang

Dan tips terakhir untuk menaklukkan Beasiswa Chevening tentu saja bukan lain adalah mempersiapkan diri secara matang. Persiapan diri secara matang meliputi kelengkapan berkas-berkas, mental, hingga menghadapi tes wawancara yang menjadi tahapan terakhir dalam seleksi beasiswa.

Tanpa persiapan yang matang, jangan berharap kamu berhasil mendapatkan beasiswa penuh dan kuliah di Inggris. Karena persiapan menjadi kunci dari segala. Ini yang membedakan antara orang sukses dan orang gagal.

Menangkan kesempatan meraih beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester hanya dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Sebuah platform yang membuat segala urusan kampus beres hanya dalam genggaman. Selain ragam informasi beasiswa kuliah, di app goKampus juga menyediakan fitur lainnya, yakni daftar kuliah, acara kampus, magang hingga dana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like