biaya pendaftaran sbmptn
goKampus Tips Belajar Upskill

Ini Biaya Pendaftaran SBMPTN Yang Harus Disiapkan

Buat kamu yang berencana untuk masuk PTN, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk lolos di kampus impian, loh. Ada tiga jenis jalur yang bisa diikuti, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri. Berbeda dengan SNMPTN yang tidak berbayar, ada biaya yang perlu dibayar untuk mengikuti SBMPTN. Nah, pasti kamu jadi bertanya, biaya pendaftaran SBMPTN itu berapa sih?

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah salah satu jalur penerimaan ke PTN yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dari pemerintah. Untuk diterima melalui SBMPTN, kamu harus mengikuti proses Ujian Tulis Berbasis Komputer atau biasa disingkat UTBK. Biaya pendaftarannya berbeda-beda tergantung dari kelompok ujian yang kamu pilih.

Biaya Pendaftaran SBMPTN 2021

  1. Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum.
  2. Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.
  3. Calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya alias gratis.

Biaya yang sudah dibayar gak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun. Pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN ini dapat dilakukan melalui ATM, Mobile atau Online Banking, maupun Teller di Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI. Khusus untuk peserta di Provinsi Aceh, terdapat informasi khusus untuk tata cara pembayaran ini. Untuk informasi tata cara pembayaran SBMPTN lebih lengkap, kamu bisa mengaksesnya di situs LTMPT ya!

Pendaftaran dengan KIP Kuliah

Seperti yang tertera sebelumnya, bagi para pemegang KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran UTBK. KIP Kuliah adalah sendiri bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi. Pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya.

Keuntungan yang didapat bagi pemegang KIP Kuliah adalah bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi, dan subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000,00/bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah. Menarik, ya? Hal ini bisa membantu kamu yang punya keinginan tinggi untuk kuliah namun punya kendala biaya.

Berikut persyaratan untuk mendaftar ke program KIP Kuliah:

  1. Siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus maksimal dua tahun sebelumnya.
  2. Memiliki potensi akademik yang baik, dibuktikan dari dokumen yang sah.
  3. Lulus di seleksi penerimaan mahasiswa baru baik di PTN maupun PTS pada program studi dengan Akreditasi A atau B. Jika diterima di program studi terakreditasi C, akan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu.
  4. Memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan salah satu kriteria:
  • Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Berasal dari panti sosial/panti asuhan
  • Berasal dari keluarga yang masuk dalam diesel kurang atau sama dengan kategori 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika kamu berminat untuk mendaftar KIP Kuliah tapi tidak dapat memenuhi salah satu dari 5 kriteria untuk membuktikan keterbatasan ekonomi, kamu masih bisa melanjutkan pendaftaran asal memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali. Maksimal pendapatan kotor ini sebesar Rp4.000.000,00/bulan atau Rp750.000/anggota keluarga per bulannya. 

Pendaftaran KIP Kuliah biasanya dibuka sekitar bulan Februari tiap tahunnya dan ditutup hingga Oktober. Pendaftaran KIP Kuliah mengikuti pendaftaran seleksi masuk kuliah seperti SNMPTN dan UTBK-SBMPTN, jadi jangan sampai kelewatan ya! Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek di situs KIP Kuliah

Semoga informasi mengenai biaya pendaftaran SBMPTN ini bisa berguna untuk kamu, ya! Selain mempersiapkan biaya pendaftaran, tentu kamu juga harus mempersiapkan mental, fisik, dan latihan soal untuk menghadapi UTBK-SBMPTN supaya bisa lolos di kampus tujuanmu. 

SBMPTN Gagal? Jangan Menyerah!

Kegagalan itu langkah awal dari keberhasilan. Yuk, jangan berhenti, Keep GOing bareng goKampus!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Admin

Hai, Siswa!
Ayo gabung di goKampus!

www.gokampus.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *