bunyi pancasila
Tips Belajar

Apa Saja Bunyi Pancasila? Cek Juga Makna Lambangnya, Yuk!

Sudah menjadi kewajiban setiap warga Indonesia untuk tahu tentang Pancasila. Parah banget kalau ada yang gak tahu karena Pancasila merupakan dasar negara kita. Biar pengetahuanmu lebih lengkap, yuk kita bahas bunyi Pancasila dan 5 lambang beserta makna yang menyertainya!

5 Bunyi Pancasila

Berdasarkan asal katanya, Pancasila terdiri atas 2 suku kata dari bahasa Sansekerta, yaitu panca (lima) dan sila (dasar). Jadi, Pancasila adalah 5 dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adapun bunyi Pancasila, yaitu:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Makna Lambang Pancasila

Setelah mengetahui bunyi Pancasila, kamu perlu mengetahui lambang beserta maknanya. Lambang Pancasila terdapat pada perisai yang berada dalam Burung Garuda, lambang negara kita. Dalam perisai itu, terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila Pancasila. Berikut 5 makna lambang Pancasila yang perlu kamu ketahui!

1. Simbol gambar bintang

Simbol gambar ini berbentuk bintang berwarna kuning, bersudut 5 dengan latar belakang warna hitam dan terletak di bagian tengah perisai serta merupakan simbol dari dasar sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Sebab, bangsa kita adalah bangsa yang religius, beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Simbol gambar rantai

Gambar rantai dengan latar belakang warna merah merupakan simbol untuk sila kedua Pancasila yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantainya berjumlah 17 (hari kemerdekaan RI adalah 17 Agustus) dan saling sambung menyambung tidak terputus, ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun.

3. Simbol gambar pohon beringin

Simbol pohon beringin terletak di bagian atas, sebelah kiri gambar bintang yang merupakan simbol untuk sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin ini melambangkan negara kita sebagai tempat berteduh atau berlindung.

4. Simbol gambar kepala banteng

Simbol Kepala Banteng merupakan simbol untuk sila keempat Pancasila, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan. Kepala banteng memiliki arti sebagai tenaga rakyat yang sangat kuat.

5. Simbol gambar padi dan kapas

Simbol yang satu ini sebagai dasar sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia dan terletak di sebelah kanan bawah dari gambar bintang, melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Kapan Hari Pers Nasional 2022, 2023, dan Seterusnya? Cek Juga Sejarahnya di Sini!

Itulah bunyi Pancasila dan makna dari lambang yang menyertainya. Oh iya, kamu bisa baca topik menarik lainnya hanya di goKampus blog mulai dari keperluan untuk pendidikanmu, sertifikasi siap kerja, upgrade skill, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa loh daftar kuliah. Caranya gampang banget, cukup upload rapor, 1 jam langsung diterima. Penasaran? cobain di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *