kegiatan ramadhan
Tips Belajar

7 Kegiatan Ramadhan yang Gak Ada di Bulan Lain

Ramadhan memang istimewa. Saat bulan penuh berkah ini, umat Islam yang baik tentu menjalani ibadah puasa. Selain ibadah puasa, ternyata banyak kegiatan Ramadhan yang gak kita temui di bulan lainnya. Apa sajakah itu? Simak 7 di antaranya!

Kegiatan Ramadhan yang Gak Ada di Bulan Lain

1. Ngabuburit

Ngabuburit adalah sebutan untuk berbagai kegiatan yang dilakukan sore hari menjelang waktu berbuka. Umumnya, ngabuburit dilakukan oleh anak muda. Sebab, orang dewasa umumnya masih bekerja di jam segitu.

Ada kegiatan ngabuburit yang berfaedah, misalnya membaca Alquran, berburu takjil hingga menyiapkan menu berbuka. Ada juga kegiatan ngabuburit yang kurang berfaedah, seperti nongkrong ramai-ramai di pinggir jalan atau kegiatan yang malahan menodai Ramadhan, misalnya balap liar.

2. Teriakan “Sahur, sahur!!”

Saat bulan Ramadhan, dini hari kita selalu dihiasi dengan teriakan “Sahur.. Sahur!!” sambil memukul beduk dan keliling kampung. Maksudnya untuk membangunkan orang agar mereka gak terlambat sahur. Tradisi ini disebut juga obrog-obrog.

3. Sahur on the road dan berbagi takjil

Pada dasarnya, Sahur on the Road alias SotR bertujuan mulia. Bulan Ramadhan merupakan saat penuh berkah sehingga berbagai kelompok dan komunitas masyarakat berbagi rezeki dengan membagikan nasi bungkus saat sahur kepada mereka yang membutuhkan. 

Pada saat menunggu berbuka, kita juga bisa berbagi takjil gratis di jalanan untuk berbagai orang. Gak perlu makanan berat karena takjil umumnya cuma sebotol air putih dan beberapa penganan manis, seperti roti, kurma, atau dessert lainnya.

4. Bukber

Masyarakat Indonesia memiliki sifat komunal. “Makan gak makan yang penting ngumpul!”, begitu ungkapan yang sangat Indonesia sekali. Nah, makanya kegiatan buka bersama juga menjadi ciri khas masyarakat kita saat menjalani bulan Ramadhan. Bisa sekalian reuni dengan kawan lama, sahabat atau keluarga. Intinya sih, untuk mempererat tali silaturahmi.

5. Belanja

Lebaran adalah saat-saat kemenangan bagi Muslim setelah sebulan menjalani ibadah puasa. Nah, persiapannya selama bulan Ramadhan, seperti belanja baju baru, bikin atau beli kue khas Lebaran. 

6. Mudik

Bagi kamu yang sedang dalam perantauan, hari raya Lebaran adalah saat yang tepat untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga besar. Tapi, siap-siap ya, sebab aktivitas lalu lintas akan melonjak tajam. Entah itu kamu naik kendaraan sendiri atau angkutan umum, berhati-hati dan jangan memaksakan diri, sebab kemungkinan besar kamu akan mudik dalam kondisi masih bulan puasa.

7. Takbiran

Pada malam terakhir malam bulan Ramadhan, umat Islam bersiap menjelang Idul Fitri. Takbir akan dikumandangkan di setiap masjid sebagai tanda berakhirnya Ramadhan serta menyambut hari kemenangan.

Baca Juga: Sejarah Ramadhan, Bulan Penuh Keistimewaan bagi Umat Islam

Itulah 7 kegiatan khas Ramadhan yang gak kita temui di bulan lainnya. Oh iya, kamu juga bisa mengisi waktu selama bulan puasa dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *