vokasi ipb
Upskill

5 Jurusan Vokasi IPB Tinggi Peminat! Prospek Kerjanya Oke!

Tahukah kamu? Ada 5 jurusan vokasi IPB yang paling tinggi peminat karena prospek kerjanya yang cerah. Jurusan atau program studi apa sajakah?

Sama seperti program vokasi di kampus lainnya, vokasi IPB memang menekankan mahasiswanya pada keahlian praktikal yang menyesuaikan dengan dunia kerja. Jadi gak heran kalau sekarang banyak perusahaan justru lebih memilih lulusan vokasi dibandingkan sarjana. Apalagi nama besar IPB juga telah memberi jaminan tersendiri.

Baca Juga: Rekomendasi Kampus Vokasi Negeri dan Swasta Terbaik

5 Jurusan Vokasi IPB Paling Banyak Peminat

Nah, dari sekian jurusan atau program studi yang ada di vokasi IPB, setidaknya 5 jurusan paling banyak peminat karena punya prospek kerja yang cerah. Berikut di antaranya:

1. Jurusan komunikasi (KMN)

Berkembangnya tren komunikasi sedikit banyak membuat jurusan ini jadi salah satu yang paling favorit. Jumlah peminatnya terus bertambah mengingat betapa krusialnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan tren digital yang begitu cepat juga jadi salah satu faktornya. 

Prospek Kerja

Media cetak dan elektronik, instansi pemerintah dan swasta bidang Komunikasi dan Informasi, wirausaha bisnis komunikasi, dan lain-lain. 

2. Jurusan manajemen industri dan pangan

Industri pangan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Jadi wajar kalau perusahaan-perusahaan di bidang food industry membutuhkan lulusan ini. Tak hanya belajar mengolah bahan pangan menjadi makanan, mahasiswa Manajemen Industri dan Pangan juga belajar proses sortasi, pengawetan, pengemasan, hingga distribusi. 

Prospek Kerja 

Industri jasa makanan (restoran, katering, dan usaha sejenis), pengadaan bahan produksi makanan, instalasi gizi rumah sakit, ahli kuliner, dan lain-lain.  

3. Jurusan akuntansi banyak peminatnya di vokasi IPB

Setiap bisnis atau usaha yang melibatkan keuangan, sudah pasti memerlukan seorang akuntan. Perannya sangat penting. Tugasnya tidak hanya mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan, tapi juga mengelola arus kas, nilai aset, dan memberitahu bagian mana dari bisnis yang benar-benar menghasilkan uang. 

Prospek Kerja

Perusahaan (entitas bisnis) bidang usage industri, perdagangan, jasa (konsultan pajak, kantor akuntan publik), perbankan, asuransi, instansi pemerintah (pusat dan daerah), dan lembaga sektor publik yang menerapkan praktik akuntansi, dan masih banyak lagi. 

4. Jurusan manajemen agribisnis

Indonesia merupakan negara agraris dengan segala komoditas pertaniannya yang beraneka ragam. Pemerintah sangat membutuhkan ahli pertanian untuk berbagai posisi, seperti pengawas benih tanaman, pengendali organisme pengganggu tanaman, pengawas mutu hasil pertanian, widyaiswara, dan lainnya. Hal inilah yang membuat Jurusan Manajemen Agribisnis banyak diminati calon mahasiswa. Apalagi banyak negara berlomba-lomba mengembangkan bisnis pertanian 4.0.

Prospek Kerja

Pengusaha, bidang produksi, keuangan, pemasaran, dan personalia perusahaan agribisnis, lembaga atau instansi terkait agribisnis (lembaga keuangan, instansi pemerintah, lembaga penelitian, perusahaan, industri pengolahan), dan lain-lain. 

5. Jurusan teknik dan manajemen lingkungan

Permasalahan lingkungan yang dialami setiap negara semakin banyak. Mulai dari sumber daya air, pencemaran udara dan air di area industri, masalah akses air bersih, timbunan sampah, dan masih banyak lagi. Jurusan ini makin banyak peminat, terutama untuk mereka yang punya jiwa petualang dan memiliki ketertarikan untuk melindungi, mengelola, dan meningkatkan kualitas lingkungan seperti hutan, gunung, sungai, bahkan habitat laut. 

Prospek Kerja

Divisi lingkungan perusahaan, bagian lingkungan hidup perusahaan industri, konsultan lingkungan (AMDAL, Audit Lingkungan), unit pengelolaan limbah industri (IPAL Industri), Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) dan Badan Mengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD), Instansi Pengelolaan Limbah (IPAL), dan lain-lain. 

Itulah tadi 5 jurusan vokasi IPB yang banyak diminati calon mahasiswa karena menjanjikan prospek kerja yang luas. Perlu kamu tahu juga kalau IPB itu dibentuk dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan yang dimulai pada abad ke-20 di Bogor. Jenjang Diploma sendiri sudah ada sejak 1980. Artinya, IPB bisa dibilang menaruh perhatian tinggi pada program vokasi. Jadi gak perlu ragu untuk kuliah di Vokasi IPB. 

Setelah lulus kuliah di jurusan yang kamu minati, mungkin salah satu keinginan kamu bekerja di perusahaan impian, kan? Sembari kuliah nanti, yuk upgrade juga skill kamu bareng goKampus agar lebih siap kerja setelah lulus nanti!

Asah soft skill kamu sebelum terjun ke dunia kerja dengan ikutan kelas Keahlian Berpikir Kritis di sini dan kelas Kecerdasan Emosional (EQ) di Tempat Kerja di sini. Kedua soft skill itu penting banget dan dibutuhkan di dunia kerja, loh. Cus, ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *