siap kerja
FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Mengenal Jurusan Desain Produk Yang Kekinian

Kamu pengen bikin benda yang bisa mengubah hidup seseorang, kayak smartphone atau mobil? Atau mungkin kamu suka mendesain dan menggambar sebuah produk untuk di sebuah kemasan? Kalo gitu, kamu cocok banget untuk memilih jurusan desain produk nih! 

Saat ini para pelaku bisnis sedang berlomba-lomba untuk membuat kemasan produk menjadi menarik dan enak dipandang mata, karena salah satu faktor utama orang menentukan pilihan waktu membeli sesuatu adalah dari kemasannya juga!

Kalau misalnya kamu bisa belajar dan menguasai bidang kemasan produk menjadi lebih menarik, kamu sudah bisa menguasai pasar sebanyak 50% loh! Maka penting banget untuk kamu bisa menguasai jurusan desain produk dengan inovasi terbaru.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan jurusan desain produk, kamu mesti belajar dan pahami dulu nih apa itu jurusan desain produk. Jurusan desain produk merupakan salah satu program studi yang ada di kampus-kampus di Indonesia khususnya di Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk mempelajari tata cara desain yang menarik dan keren banget untuk suatu produk. Pastinya kamu akan dituntut untuk terus menjadi mahasiswa yang kreatif untuk mengembangkan sebuah produk.

Tentunya nih, untuk meluncurkan atau mengembangkan sebuah produk pasti diperlukan sebuah perencanaan yang matang loh, maka dari itu kalau kamu belajar dan bergabung menjadi mahasiswa jurusan desain produk, kamu pastinya juga akan mendalami hal-hal seperti seni rupa, ergonomi, serta gaya hidup konsumen untuk mengetahui nilai pasar. 

Selain itu, kamu akan mempelajari bagaimana caranya kita bisa melakukan inovasi secara terus-menerus, hingga produk yang kamu pegang bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Ada beberapa alasan loh kenapa kamu harus memilih jurusan ini sebagai calon mahasiswa, yang pertama adalah karena kamu memang senang untuk berpikir kreatif, desain produk menggabungkan keahlian seni rupa dan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan sebuah produk. Sehingga banyak calon-calon mahasiswa yang memilih jurusan ini karena bisa menuangkan ide-ide kreatif yang bisa dikemas dalam bentuk seni, apalagi kalau kamu adalah orang yang hobi menggambar.

Yang kedua adalah kamu tipe orang yang memiliki keinginan untuk membuat sebuah karya untuk diakui oleh orang lain. Nah, di jurusan ini kamu akan dibimbing untuk menyusun konsep dan perencanaan penciptaan sebuah produk.

Yang ketiga, kamu adalah tipe orang yang senang mencari inspirasi untuk bisa mendapatkan ide yang orisinil, sebagai calon mahasiswa desain produk, haram hukumnya buat kamu membuat sebuah produk yang menjiplak karya orang, sehingga kamu akan dibimbing bagaimana langkah-langkahnya untuk bisa mencari ide produk yang orisinil.

Nah, daripada kamu bingung memilih kampus yang bisa menyesuaikan hobi kamu belajar di jurusan desain produk, gak perlu khawatir! Jurusan desain produk di Universitas Pelita Harapan (UPH) adalah pilihannya! Karena di UPH, kamu gak perlu pusing tentang kualitas pembelajaran dan fasilitasnya.

Jurusan desain produk di UPH memfasilitasi dan melengkapi mahasiswa untuk bisa menghasilkan desain yang inovatif, kreatif, dan fungsional melalui produk-produk yang bisa memberikan solusi dan meningkatkan kualitas kehidupan dengan tetap mempertahankan segi estetisnya. Untuk kurikulum yang ditawarkan di jurusan desain produk UPH mencakup berbagai keahlian perancangan teknik misalnya seperti menggambar, metode desain, fotografi, gambar teknik, dan pemodelan komputer.

Baca Juga : Mata Kuliah Jurusan Arsitektur Dan Prospek Kerjanya

Selain itu, mahasiswa jurusan desain produk UPH juga akan mendalami disiplin ilmu yang terkait dengan sejarah seni dan budaya, prinsip rekayasa, kajian sosial budaya, dan desain furniture. Diharapkan lulusan mahasiswa jurusan desain produk UPH mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan ilmu disiplin untuk merancang dan membuat produk di industri professional.

Mahasiswa desain produk UPH juga diharapkan mampu mengembangkan suatu usaha dari produk-produk inovatif yang meningkatkan mutu kehidupan masyarakat dan bisa bertanggung jawab terhadap lingkungan. Jurusan desain produk UPH juga diharapkan bisa mengembangkan dan mengajarkan keahlian dan disiplin ilmu desain produk sesuai dengan kerangka wawasan yang luas.

Apa saja yang akan kamu pelajari? Yang akan kamu pelajari di jurusan ini adalah kamu akan belajar fotografi produk, kamu akan diajarkan membuat model abstrak untuk mensimulasikan perilaku dan respon dari berbagai sistem. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang hal-hal mendasar dalam rekayasa sebuah produk, kamu juga akan belajar tentang teknik-teknik dalam kerajinan tangan dan penerapannya, serta kamu akan mendesain perhiasan atau otomotif.

Setelah kamu mengetahui apa aja mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan desain produk, ini ada beberapa penjelasan prospek kerja dari mahasiswa jurusan desain produk, ini dia:

1. Tenaga Pengajar

Lulusan dari fakultas desain biasanya bisa membuat kamu berperan menjadi seorang guru seni rupa di sekolah maupun bagi orang-orang yang membutuhkan, sehingga ilmu kamu bisa sangat bermanfaat untuk bisa diajarkan kembali kepada para pelajar. Nah, disamping itu, kamu juga bisa berbagi ide kreatif dan bekerja sama dengan para pelajar untuk menciptakan sebuah produk yang inovatif, gimana? Menarik kan?

2. Konsultan Desain

Kamu juga bisa memilih peran sebagai pekerja lepas atau penjual jasa yang menjual ilmu atau memanfaatkan pengalaman dan kemampuan yang kamu butuhkan. Kamu bisa bekerja secara independen menjadi konsultan desain dan memberikan berbagai saran-saran yang bermanfaat untuk para klien yang mungkin ingin menggunakan jasamu.

3. Pengusaha

Kamu bisa menjadi seorang pengusaha yang menciptakan sebuah produk-produk baru yang orisinil dan bermanfaat bagi masyarakat. Sudah siap belum menciptakan sebuah produk yang inovatif dan karya sendiri?

4. Desainer produk manufaktur

Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang desainer di sebuah perusahaan manufaktur. Semua proses yang melibatkan penciptaan suatu produk dalam industri manufaktur yang bisa membuatmu sebagai seorang desainer di perusahaan manufaktur.

5. Peneliti

Produk yang akan kamu hasilkan bakal di uji coba melalui laboratorium. Hal inilah yang membuka peluang untuk kamu bisa bekerja sebagai peneliti produk tersebut. Meskipun, gak bisa saat lulus S1 kamu langsung berprofesi sebagai peneliti, kamu butuh menempuh pendidikan lanjutan ya.

Gimana nih pendapatmu tentang jurusan ini di Universitas Pelita Harapan? Mata kuliahnya dan peluang karir menjadi mahasiswa desain produk sangat terbuka luas ya! Buat kamu yang pengen cari tau lebih lanjut mengenai jurusan desain arsitektur di UPH, kamu bisa klik halaman UPH ini ya!

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *