internship programmer
Magang

5 Manfaat Mengikuti Program Internship Bagi Calon Programmer

Salah satu syarat kelulusan di jurusan Teknik Informatika pada kampus-kampus ternama adalah mahasiswa harus pernah mengikuti program internship sebagai programmer. Mengapa sebagai mahasiswa wajib mengikuti internship (magang), atau yang terkenal dengan istilah PKL (Praktik Kerja Lapangan)?

Beberapa dari kamu mungkin merasa enggan mengikuti magang, tapi sebenarnya mengikuti internship sebagai programmer punya banyak manfaat loh. Yuk kita bahas.

Cari Pengalaman 

Yang ini jelas banget, sih. Kamu memang belajar algoritma, bahasa pemrograman, dan lain sebagainya di kampus. Tapi itu cuma teori. Memang ada matkul praktikum, tapi itu sebatas uji teori yang kamu dapat dari dosen. Nah, kalau mau cari pengalaman sesungguhnya, dunia kerja adalah tempat yang tepat.

Banyak realita dalam dunia kerja yang gak akan kamu temukan di kampus. Misalnya, cara berkomunikasi dengan rekan kerja. Kalau di tempat magang, kamu berkomunikasi dengan rekan kerja. Sehingga, kamu harus bersikap profesional, berbeda dibandingkan bekerja sama dengan teman di kampus. 

Kamu dapat kesempatan untuk mempelajari karakter orang-orang di dunia kerja, tipikal cara mereka bekerja, dan berbagai sisi positif atau negatif pada karyawan sebuah perusahaan. Kelak, kamu bakal mengerti cara berkomunikasi yang tepat tanpa menimbulkan kesalahpahaman.

Kamu juga akan mendapat gambaran bagaimana cara kerja sebuah perusahaan dengan berbagai tim di dalamnya; dari marketing, sales, HRD, finance, product development, dan sebagainya. Itu semua enggak ada di kampus, kan? Nah, dengan memiliki pengalaman, kamu enggak akan kaget saat kerja kelak.

Cari Inspirasi Karier Dari Internship Programmer? Bisa Banget!

Jadi web developer, system analyst, atau database administrator? Dengan berbagai ilmu yang kamu pelajari di kampus, apakah kamu masih bingung memilih karier? Itu wajar saja. Nah, program internship magang memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi jenis-jenis pekerjaan yang bisa dipilih saat kamu memulai karier profesional.

Cari Networking

Stereotipe para programmer adalah “pintar, tapi kurang bisa bergaul”. Nah, dengan mengikuti program internship, kamu bisa mengubah stereotipe itu. Jangan salah, bergaul juga punya banyak keuntungan, tentu kalau kita bergaul dengan orang yang tepat. 

Keuntungan itu adalah networking. Entah itu dengan rekan kerja di kantor, atau di luar kantor. Misalnya, saat menjalani internship kamu harus mengikuti event. Di situ, kamu bisa membangun networking lebih luas lagi.

Sebab, gak menutup kemungkinan bahwa networking yang kamu buat akan menjadi berkah di kemudian hari. 

Di-Hire Lebih Cepat

Jika perusahaan tempat kamu magang menyukai hasil kerjamu, gak menutup kemungkinan kamu bakal di-hire mereka. Bahkan, bisa saja kamu direkrut perusahaan sebelum kamu lulus. Wah, asyik kan, bisa dapat gaji lebih cepat dari teman-teman yang lain?

Baca Juga: Anak Daerah Mau Ikut Program Internship Di Jakarta? Yuk, Simak Tips Ini Dulu

Menambah Daya Saing CV

Coba kamu cek lowongan pekerjaan deh. Pasti banyak perusahaan yang menginginkan calon karyawan yang setidaknya sudah punya pengalaman. Duh, gimana mau cari kerja kalau semua perusahaan seperti itu? 

Jangan khawatir. Dengan mengikuti program internship, kamu sudah punya pengalaman. Saat interview kerja, kamu bisa menyebutkan tugas-tugasmu pada saat magang kepada perekrut.

Nah, banyak kan keuntungan yang kamu dapat saat mengikuti internship sebagai programmer? Untuk informasi selengkapnya mengenai dunia perkuliahan dan cara memulai karier, yuk eksplorasi di goKampus! Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Yuk klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *