Kuliah adalah masa dimana seseorang belajar untuk hidup secara mandiri. Hal itu tercermin dalam proses belajar mengajar. Tidak seperti masa sekolah, jadwal sudah ditentukan. Di bangku kuliah, mahasiswa sendiri yang menentukannya. Sementara magang, adalah kegiatan untuk mempraktekkan ilmu kuliah. Dengan kata lain, kuliah sambil magang menjadi jawaban terbaik untuk benar-benar memahami ilmu kuliah.

Masa depan menjadi tanggung jawab diri sendiri. Bukan orang lain bahkan juga orang tua. Fase penentuan masa depan pun bisa dikatakan terjadi di waktu kuliah. Tidak heran, mengapa dalam memilih jurusan kuliah, harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga: 3 Tips Sukses Magang Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Hal itu untuk meminimalisir salah jurusan, sebagaimana yang dialami oleh beberapa mahasiswa. Karena dampaknya cukup besar untuk masa depan. Bahkan, sebagian dari mahasiswa yang salah jurusan memutuskan untuk mengakhiri masa kuliahnya.

Menjadi mahasiswa di era informatika seperti sekarang ini, seharusnya dapat lebih produktif dalam memanfaatkan waktu luang. Seperti misalnya dengan magang, dimana akan meningkatkan kemampuan sekaligus mengembangkan diri.

Dengan magang, mahasiswa dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajarinya di ruang kelas secara langsung di dunia kerja. Sekaligus juga merasakan bagaimana dunia kerja itu sebenarnya. Sehingga ketika lulus nanti, tidak kaget jika ingin terjun ke dunia kerja.

Ironinya, mahasiswa di Indonesia tidak banyak yang memutuskan untuk magang. Mereka takut kalau melakukan hal tersebut akan mengganggu fokus kuliah, hingga bahkan berhenti ditengah jalan.

Padahal patut untuk diketahui bahwa magang kuliah itu memiliki berbagai manfaat. Dan untuk meyakinkan diri kamu bahwa magang itu juga perlu dilakukan meski tengah kuliah, simak tiga alasan berikut ini.

Waktu Kuliah Bukan Hanya Untuk Fokus Belajar Teori

Alasan pertama mengapa kamu perlu magang meskipun juga tengah mengenyam pendidikan tinggi adalah jangan habiskan waktu hanya untuk belajar teori. Bukan berarti teori itu tidak penting.

Teori dipelajari di dalam ruangan kelas yang dibimbing langsung oleh tenaga pengajar profesional. Dan ilmu tersebut akan jauh lebih berguna apabila mampu diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

Itulah mengapa, dengan magang, kamu dapat menerapkan segala ilmu yang telah kamu pelajari tersebut di dunia kerja. Dengan begitu pula, kamu mengetahui sampai mana pengetahuan atau kemampuan yang kamu miliki.

Belajar Menghadapi Karakter Seseorang Dengan Cara Kerjanya

Pada saat menjadi mahasiswa, kamu tentu akan menemui banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Mulai dari dosen yang mengasyikkan sampai dosen menakutkan, teman satu angkatan yang bawel hingga teman pendiam, dan teman lintas angkatan ataupun beda jurusan.

Bayangkan kalau kamu kuliah juga sambil magang. Kamu akan menghadapi banyak orang dengan karakteristik yang berbeda-beda melalui cara kerjanya. Beradaptasi menjadi kunci. Bukan hal sulit dalam menyesuaikan diri akan keadaan baru, terpenting kemauan yang tinggi.

Belajarlah untuk mengenali ruang lingkup magang kamu. Belajar pula untuk mempelajari karakteristik seseorang dalam bekerja. Dengan begitu, kamu dapat mengembangkan diri sendiri karena mampu beradaptasi.

Produktif dan Bukan Sibuk

Alasan ketiga mengapa kuliah sambil magang itu juga perlu kamu lakukan adalah menghabiskan waktu untuk produktif, bukan sibuk. Maksudnya, memang waktu yang kamu miliki akan tersita untuk mengerjakan sesuatu dalam hal ini tugas kantor. Namun, hal itu tentu saja produktif.

Belajarlah untuk produktif sedini mungkin. Dengan begitu, kamu tidak membuang-buang waktu dengan hal percuma. Sebaliknya, waktu yang kamu habiskan untuk hal-hal produktif. Produktifitas ini pun dapat kamu latih dengan magang.

Urusan kampus beres hanya cukup melalui satu aplikasi, goKampus namanya. Download goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Pendaftaran kuliah pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat serta hemat. Berkesempatan juga untuk meraih beasiswa kuliah. Selain itu, informasi seputar dunia perkuliahan tersaji dengan menarik dan lugas. Mulai dari acara kampus, dana pendidikan, kerja magang, hingga promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like