manfaat organisasi himpunan mahasiswa
goKampus Tips Belajar Upskill

10 Tips Belajar Efektif Yang Bisa Kamu Terapkan

Sibuk belajar sambil memahami proses pembelajaran di sekolah pasti selalu jadi tantangan yang gak gampang nih guys. Apalagi kalau kita memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, pasti butuh adaptasi sama guru-guru terus kan? Nah, sebenarnya sudah ada loh beberapa penelitian yang memberikan penjelasan tips belajar efektif yang cocok untuk anak muda khususnya yang lagi SMA nih.

Hmm.. kira-kira tips belajar efektif ada apa aja ya? goKampus akan kasih tau kamu 10 tips belajar efektif yang bisa kamu ikuti! Cek artikel ini yuk.

1. Mengulang pembelajaran terus-menerus

Tips belajar efektif yang pertama adalah belajar secara berulang kali. Nah, kamu bisa menggunakan cara ini untuk memaksimalkan gaya belajarmu. Kamu bisa belajar sebentar selama kurun waktu 5-10 menit saja, namun sering. Hal ini bisa membantumu untuk mengingat dan memahami banyak hal dan ini bisa menandakan bahwa kamu akan jauh lebih produktif untuk belajar secara teratur dan memiliki jam istirahat yang pas.

Meskipun gaya belajar seperti ini gak terlalu cocok untuk semua orang, tapi gak ada salahnya kalau kamu mencoba loh. Maksimalkan waktumu selama 10 menit untuk duduk dan fokus belajar topik yang ingin kamu pelajari selama setiap harinya dalam seminggu. Tips belajar efektif seperti ini akan menunjukkan kemajuan yang signifikan!

2. Temukan gaya belajar tipemu sendiri!

Tips belajar efektif yang kedua adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajarmu sendiri nih guys. Meskipun hal ini memang agak sulit dan biasanya selalu berubah-ubah, tapi kalau kamu sudah menemukan gayamu sendiri pasti semuanya akan berasa lebih mudah loh. Sering-sering mencoba gaya belajar yang baru untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Misalnya aja kamu ingin mencoba belajar di siang hari secara tenang tanpa gangguan musik atau suara apapun, bisa juga kamu coba belajar di siang hari namun di tempat umum seperti taman/cafe biar memiliki suasana yang oke. 

Tapi, bisa juga nih kalau kamu mencoba belajar di malam hari sambil mendengarkan lagu, atau menonton tutorial video, atau mungkin kamu ingin mencoba belajar setelah selesai berolahraga untuk menjaga tubuhmu dan otakmu lebih fokus untuk menyerap pelajaran. 

3. Tidur dan istirahat yang cukup ini penting!

Tips belajar efektif yang ketiga adalah harus tidur dan istirahat yang cukup. Kegiatan ini bisa membantumu untuk mendapatkan cara belajar efektif loh karen tidur dan istirahat yang cukup adalah hal yang vital dalam menyimpan informasi di dalam otak.

Mahasiswa yang tidur dengan jam yang cukup akan membantunya untuk bisa lebih fokus dan mengingat pelajaran di keesokan harinya dibandingkan mahasiswa yang memiliki jam tidur yang gak teratur.

4. Fokus dong!

Tips belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu harus fokus dengan pelajaranmu! Kalau kamu ada orang yang mudah selalu terganggu atau kamu adalah orang yang suka menunda-nunda ketika ingin belajar seperti main game dulu.

Maka, kamu harus rela untuk mematikan seluruh perangkat elektronik kamu demi mendapatkan cara belajarmu sendiri. Kamu bisa pergi ke perpustakaan untuk bisa mendapatkan suasana belajar yang kondusif agar kamu bisa lebih fokus untuk memahami pelajaran.

5. Gunakan teknik Pomodoro

Tips belajar efektif selanjutnya adalah menggunakan teknik pomodoro. Mungkin sebagian dari kamu udah mengenal teknik pomodoro ini untuk menjaga aktivitasmu biar semakin produktif. Buat kamu yang belum mengenal teknik pomodoro ini gampang banget.

Atur timer kamu selama 25 menit dan gunakan waktu tersebut untuk belajar. Namun, ketika timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit untuk istirahat agar pikiranmu jauh lebih tenang dan rileks. Dan kalau 5 menit sudah berlalu, set timer 25 menit kembali dan mulai belajar lagi.

Kamu bisa mengatur waktu kamu sesuai target yang kamu inginkan, yang penting adalah kamu harus bisa mencoba on time dan produktif selama timer belum berbunyi.

Baca Juga: Ajak Murid Belajar Pendidikan Karakter Sejak Dini

6. Kerjakan hal yang sulit terlebih dulu

Tips belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu yang sulit lebih dulu setiap harinya. Jadi ketika kamu telah menyelesaikan hal yang lebih susah, kamu akan memiliki perasaan dan percaya diri yang jauh lebih tinggi di hari tersebut. Kamu juga akan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal lain yang relatif jauh lebih mudah dan lebih gampang untuk diselesaikan secara cepat.

7. Jangan lupa untuk olahraga dan bersosialisasi

Tips belajar efektif yang selanjutnya adalah meskipun kerjaanmu dan jadwal belajarmu sangat sibuk, jangan sampai lupa untuk meluangkan waktu untuk olahraga dan bersosialisasi, karena dengan olahraga dan bersosialisasi itu akan bisa membantu otakmu menjadi sangat fokus dan kuat untuk bisa mengerjakan tugasmu.

Kamu juga bisa loh untuk bisa mengambil waktu untuk bersosialisasi bersama dengan teman-temanmu karena itu bisa membantu kamu untuk mendapatkan banyak ide yang siapa tau bisa berguna untuk proses pembelajaran mu. 

8. Belajar di lingkungan yang kaya visual

Tips belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu bisa belajar di lingkungan yang penuh dengan visual dan gambar. Hal ini bisa membantu kamu untuk bisa menghafal jauh lebih cepat dan menjadi lebih fokus karena suasananya yang mendukung. Tempat yang memiliki banyak visual bisa membantu kamu untuk menghindari belajar di suatu tempat yang monoton, sehingga kamu gak bosan dan selalu tetap fokus.

9. Belajar dengan situasi yang “fun”, namun serius!

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu harus bisa menerapkan gaya belajar yang fun namun serius. Gaya belajar yang fun bisa membantu kamu untuk bisa lebih aktif mengingat dan memahami suatu hal.

Misalnya aja kamu ingin belajar bahasa inggris, kamu bisa belajar dengan banyak video-video lucu yang berbahasa inggris dibandingkan kamu harus menonton video-video bahasa inggris namun yang tidak menarik perhatian.

10. Sering-sering belajar menggunakan sistem interval!

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah menggunakan gaya belajar interval. Agar kamu bisa mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang sangat lama, kamu bisa mengulangi belajarmu dengan berkala.

Misalnya aja nih ketika kamu menghafalkan sebuah kosakata di dalam sebuah kamus, kamu bisa mengulanginya dua hari sekali namun rutin selama sebulan.Hal ini bisa membantu kamu untuk jauh lebih baik dan efektif. Tentunya ini juga akan bergantung pada kebutuhanmu mempelajari materi tersebut.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih banyak mengenai goKampus ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *