Banyak orang yang beranggapan bahwa kehidupan mahasiswa itu adalah kehidupan bebas yang tak mengenal kata batas, terlebih bagi mereka yang berasal dari luar kota atau juga bisa dikatakan dengan istilah mahasiswa perantauan.

Baca Juga: Apa Bisa Kuliah Sambil Kerja? Bisa!

Sebelum berstatus sebagai mahasiswa, mungkin kehidupan mahasiswa perantauan seperti “dipenjara”. Mereka harus mengikuti peraturan keluarga, khususnya orang tua seperti batas pulang ke rumah, dan lain sebagainya.

Mahasiswa seperti itu tentu menjadikan masa perkuliahan sebagai kesempatan untuk menghirup “udara bebas”. Mereka untuk sementara waktu jauh dari kondisi sebelumnya yang tinggal bersama orang tua, dan berbagai peraturan yang mengikat.

Pendapat lainnya mengatakan bahwa gambaran kehidupan mahasiswa itu adalah seperti titik dalam proses kehidupan untuk belajar membenahi diri sendiri, belajar lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada bantuan orang tua.

Terlepas dari berbagai pendapat, kehidupan mahasiswa itu kembali pada individu masing-masing, mengingat yang akan menjalaninya adalah diri sendiri dengan tentunya memiliki latar belakang baik itu kondisi keluarga, keuangan, dan lain sebagainya yang tak sama.

Seperti apapun kehidupan mahasiswa yang akan di jalaninya, tidak perlu dikhawatirkan ataupun ditakutkan. Jangan pula justru menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, usai sebelumnya telah dinyatakan lulus SMA dan sederajatnya.

Menempuh pendidikan setinggi-tingginya itu sangat penting untuk dilakukan, terutama di era modern seperti sekarang ini, dimana segalanya berjalan begitu cepat. Jika tidak mampu beradaptasi dengan baik, tertinggal adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi yang akan dialami nanti.

Oleh karena itu, persiapkan segalanya dengan baik sebelum menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Dan untuk membantu mempersiapkan berbagai hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang patut untuk diterapkan dalam menyongsong kehidupan mahasiswa.

1. Kenali Lingkungan Kuliah

Mengenali lingkungan universitas negeri di Indonesia misalnya, menjadi tips jalani kehidupan mahasiswa jadi lebih baik yang pertama. Pepatah pun juga mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Sebab itu, menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui seperti apa lingkungan kampus, baik itu mencakup laboratorium, ruangan kelas, ruang administrasi, dan lain sebagainya.

Dengan mengenal lingkungan yang akan menjadi tempat belajar hingga beberapa tahun kedepan, maka tidak sulit untuk dengan cepat menyesuaikan diri. Sehingga, proses belajar pun akan menjadi berjalan sebagaimana mestinya.

2. Jalin Hubungan Pertemanan

Tips jalani kehidupan mahasiswa yang kedua adalah menjalin hubungan pertemanan. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Itu artinya, penting untuk memberanikan diri berkenalan dengan orang baru.

Jangan terpaku hanya berkenalan dengan mahasiswa sesama jurusan. Perluas hubungan pertemanan dengan program studi lain. Dengan begitu, ilmu yang diperoleh semasa kuliah tidak hanya sesuai prodi yang ditempuh, tapi juga dari jurusan lain karena saling berbagi.

3. Pintar Mengolah Waktu

Tips terakhir dalam menjalani kehidupan mahasiswa adalah pintar dalam mengelolah waktu. Berbeda ketika masih duduk di bangku SMA, dimana masih memiliki waktu cukup banyak untuk bermain bersama teman-teman. Di waktu kuliah, waktu terasa sedikit karena bukan hanya belajar di ruang kelas, tapi juga tugas yang cukup banyak. Inilah mengapa mengatur waktu menjadi cara menjalani kehidupan mahasiswa yang baik.

Bagi waktu dengan bijak dan tepat. Mengetahui kapan untuk kuliah, kapan untuk bermain bersama teman, dan kapan waktu untuk keluarga, dan lain sebagainya. Ini penting mengingat semua hal harus tetap seimbang, antara kesibukan dengan refreshing.

Ingin mengetahui tips dan trik lainnya seputar dunia perkuliahan? Download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Informasi mengenai pendaftaran kuliah, beasiswa, acara kampus, magang, dan dana pendidikan dengan mudah didapatkan dengan cukup satu aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like