Untuk meraih masa depan yang cerah, tidak cukup hanya berhenti belajar di bangku sekolah meski telah dilewatinya selama 12 tahun. Penting untuk kembali menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mengetahui cara daftar kuliah di Indonesia menjadi satu hal yang sangat penting.

Memang benar bahwa gelar sarjana bukan menjadi kepastian akan masa depan yang cerah. Namun jangan lupakan bahwa sekarang ini kita hidup di era modern yang dimana semuanya berjalan begitu cepat. Jika kita tak mampu beradaptasi, maka kemungkinan besar kita akan tertinggal dan semakin jauh dengan harapan memiliki masa depan yang sesuai dengan impian.

Baca Juga: 3 Universitas Dengan Program Kuliah Online

Benar pula bahwa kesuksesan seseorang itu tidak ditentukan dengan setinggi gelar yang mereka miliki. Tapi penting untuk kembali diingat, bahwa dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya akan memperbesar peluang mendapatkan masa depan yang diinginkan.

Menempuh pendidikan setinggi-tingginya memang tidak harus dilakukan dengan cara kembali belajar di bangku kuliah usai sebelumnya di sekolah, karena pendidikan terbagi menjadi dua jenis, yakni formal dan nonformal.

Akan tetapi, kita sama-sama tahu bahwa perguruan tinggi negeri di Jakarta maupun swasta adalah sebuah tempat untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan yang kita miliki, dimana akan dibimbing langsung oleh tenaga pengajar yang ahli dibidangnya masing-masing.

Untuk itu, mengapa kembali menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan di era informatika seperti sekarang ini. Namun sebelum itu, lebih dulu harus mengetahui cara-cara mendaftarkan diri ke perguruan tinggi di Indonesia.

1. Cari Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pertama dalam cara daftar kuliah di Indonesia dengan mudah adalah mengetahui informasi tanggal pendaftaran mahasiswa baru. Masing-masing perguruan tinggi negeri maupun universitas swasta di Jakarta akan mengumumkan informasi pendaftaran mahasiswa baru mereka melalui berbagai platform, mulai dari di situs resmi, hingga brosur.

Umumnya untuk perguruan swasta, pendaftaran mahasiswa baru mulai dibuka sejak bulan pertama di tahun baru, alias Januari. Sementara untuk universitas negeri, biasanya dimulai setelah pengumuman hasil Ujian Nasional.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Informasi tanggal pendaftaran sudah diketahui, cara kedua dalam proses pendaftaran diri ke universitas di Indonesia adalah mengambil formulir pendaftaran mahasiswa baru. Umumnya akan dibebankan biaya dengan besaran yang berbeda-beda ketika mengambil formulir.

Namun berkat perkembangan zaman yang begitu pesat, mengisi formulir pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan secara online. Cukup melalui smartphone ataupun laptop, dengan mudah melakukan langkah kedua ini. Tetapi belum semua perguruan tinggi menyediakan fitur daftar kuliah online.

3. Melampirkan Berkas Pendukung

Selain formulir yang harus dilengkapi, berkas lain juga harus dilampirkan pada saat mendaftarkan diri ke perguruan tinggi tujuan, sekaligus jadi cara ketiga daftar kuliah di Indonesia. Umumnya seperti fotocopy SKHUN dan Ijazah, fotocopy KTP, hingga transkrip nilai rapor sekolah.

4. Pastikan Semua Berkas Asli

Sebelum melangkah ke tahap kelima, pastikan dulu bahwa seluruh data-data yang dilampirkan adalah benar dan asli. Selain itu, pastikan pula bahwa semuanya sudah dilengkapi. Karena jika satu berkas ketinggalan atau lupa, prosesnya akan memakan waktu yang lebih lama.

5. Mengikuti Ujian Tertulis

Dan langkah terakhir dalam upaya proses daftar kuliah di universitas negeri adalah dengan mengikuti serangkaian ujian tertulis. Seperti diketahui bersama bahwa untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri diwajibkan untuk mengikuti ujian tertulis. Begitu juga dengan beberapa universitas swasta di Jakarta yang menerapkan ujian saringan masuk dalam proses menerima mahasiswa baru.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menjalani ujian tertulis. Dengan persiapan yang matang, maka ketika mengerjakan soal demi soal dalam ujian saringan masuk bukanlah perkara yang sulit untuk dihadapinya. Sekaligus juga memperbesar peluang untuk diterima menjadi mahasiswa di universitas terkait.

Sama-sama diketahui bahwa proses daftar kuliah di Indonesia itu memang mudah, namun yang sulit itu adalah lolos dari tahapan ujian tertulis. Untuk itu, persiapkan segalanya dengan baik demi mewujudkan impian diterima di perguruan tinggi tujuan sekaligus masa depan yang cerah.

Dan tahukah kamu bahwa sekarang ini telah hadir aplikasi bernama goKampus. Sebuah aplikasi yang memudahkan untuk melakukan pendaftaran kuliah. Tidak hanya itu, aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store juga menghadirkan ragam informasi seputar dunia perkuliahan. Mulai dari magang, beasiswa kuliah, hingga acara kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like