daftar kuliah di goKampus
Upskill

5 Langkah Mudah Daftar Kuliah di Indonesia

Untuk meraih masa depan yang cerah, tidak cukup hanya berhenti belajar di bangku sekolah meski telah terlewati selama 12 tahun. Penting untuk kembali menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mengetahui cara daftar kuliah di Indonesia menjadi satu hal yang sangat penting.

Memang benar bahwa gelar sarjana bukan menjadi kepastian akan masa depan yang cerah. Jangan lupakan bahwa sekarang ini kita hidup di era modern yang di mana semuanya berjalan begitu cepat. Jika kita tak mampu beradaptasi, maka kemungkinan besar kita akan tertinggal dan semakin jauh dengan harapan memiliki masa depan yang sesuai dengan impian.

Baca Juga: 3 Universitas Dengan Program Kuliah Online

Benar pula bahwa kesuksesan seseorang itu tidak berdasarkan setinggi gelar yang mereka miliki. Namun, dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya akan memperbesar peluang mendapatkan masa depan yang kita inginkan.

Menempuh pendidikan setinggi-tingginya memang tidak harus dengan cara kembali belajar di bangku kuliah usai sebelumnya di sekolah karena pendidikan terbagi menjadi dua jenis, yakni formal dan nonformal.

Namun, kita sama-sama tahu bahwa perguruan tinggi negeri di Jakarta maupun swasta adalah sebuah tempat untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan yang kita miliki, di mana tenaga pengajar yang ahli di bidangnya masing-masing yang akan membimbing.

Cara Mudah Daftar Kuliah

Untuk itu, mengapa kembali menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan di era informatika seperti sekarang ini. Namun sebelum itu, lebih dulu harus mengetahui cara-cara mendaftarkan diri ke perguruan tinggi di Indonesia.

1. Cari Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pertama dalam cara daftar kuliah di Indonesia dengan mudah adalah mengetahui informasi tanggal pendaftaran mahasiswa baru. Masing-masing perguruan tinggi negeri maupun universitas swasta di Jakarta akan mengumumkan informasi pendaftaran mahasiswa baru mereka melalui berbagai platform, mulai dari di situs resmi, hingga brosur.

Umumnya untuk perguruan swasta, pendaftaran mahasiswa baru mulai sejak bulan pertama di tahun baru, alias Januari. Sementara untuk universitas negeri, biasanya setelah pengumuman hasil Ujian Nasional.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Cara kedua dalam proses pendaftaran diri ke universitas di Indonesia adalah mengambil formulir pendaftaran mahasiswa baru. Umumnya biaya akan berbeda-beda ketika mengambil formulir.

Namun , erkat perkembangan zaman yang begitu pesat, mengisi formulir pendaftaran mahasiswa baru dapat kamu lakukan secara online. Cukup melalui smartphone ataupun laptop, dengan mudah melakukan langkah kedua ini. Tetapi belum semua perguruan tinggi menyediakan fitur daftar kuliah online.

3. Melampirkan Berkas Pendukung

Selain formulir yang harus kamu lengkapi, berkas lain juga harus terlampir pada saat mendaftarkan diri ke perguruan tinggi tujuan, sekaligus jadi cara ketiga daftar kuliah di Indonesia. Umumnya seperti fotocopy SKHUN dan Ijazah, fotocopy KTP, hingga transkrip nilai rapor sekolah.

4. Pastikan Semua Berkas Asli

Sebelum melangkah ke tahap kelima, pastikan dulu bahwa seluruh data-data yang dilampirkan adalah benar dan asli. Selain itu, pastikan pula bahwa semuanya sudah dilengkapi. Karena jika satu berkas ketinggalan atau lupa, prosesnya akan memakan waktu yang lebih lama.

5. Mengikuti Ujian Tertulis

Dan langkah terakhir dalam upaya proses daftar kuliah di universitas negeri adalah dengan mengikuti serangkaian ujian tertulis. Seperti diketahui bersama bahwa untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri diwajibkan untuk mengikuti ujian tertulis. Begitu juga dengan beberapa universitas swasta di Jakarta yang menerapkan ujian saringan masuk dalam proses menerima mahasiswa baru.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menjalani ujian tertulis. Dengan persiapan yang matang, maka ketika mengerjakan soal demi soal dalam ujian saringan masuk bukanlah perkara yang sulit untuk dihadapinya. Sekaligus juga memperbesar peluang untuk diterima menjadi mahasiswa di universitas terkait.

Sama-sama diketahui bahwa proses daftar kuliah di Indonesia itu memang mudah, namun yang sulit itu adalah lolos dari tahapan ujian tertulis. Untuk itu, persiapkan segalanya dengan baik demi mewujudkan impian diterima di perguruan tinggi tujuan sekaligus masa depan yang cerah.

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store. Buat kamu yang gak mau ribet ikut ujian, kamu daftar kuliah 1 jam diterima melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Yuk, cobain!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *