fungsi manajemen keuangan
Tips Belajar

5 Fungsi Manajemen Keuangan dalam Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui

Tonton Sekarang

Keuangan menjadi hal pokok yang harus pebisnis maupun pemilik perusahaan perhatikan. Hal ini karena seluruh kegiatan yang ada di perusahaan berhubungan dengan keuangan. Manajemen keuangan yang baik memang penting agar perusahaan dapat berkembang menjadi lebih baik. Jika manajemen keuangan buruk, akan membuat perusahaan menjadi rugi atau bahkan gulung tikar. Selain itu, apa saja fungsi manajemen keuangan dalam bisnis? Yuk, cek di artikel ini!

5 Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berguna sebagai penyeimbang anggaran yang perusahaan miliki. Agar semakin memahami, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu fungsi manajemen keuangan. Mengutip dari buku “Dasar-Dasar Manajemen Keuangan” (2021) dan “Manajemen Keuangan dan Bisnis; Teori dan Aplikasi” (2020), ada beberapa fungsi manajemen keuangan yang harus manajer keuangan lakukan, yaitu:

1. Melakukan planning atau perencanaan keuangan, termasuk arus kas dan rugi laba

Manajer keuangan harus menentukan tujuan penggunaan uang, menetapkan jumlah dana yang akan perusahaan atau bisnis gunakan beserta sumber-sumber keuangan, hingga memprediksi besar keuntungan yang akan perusahaan peroleh.

2. Merencanakan alokasi budget secara efisien dengan memaksimalkan dana

Salah satu fungsi manajamen keuangan adalah mengalokasikan dana untuk biaya modal, pemeliharaan, gaji karyawan, penjualan, investasi, dan sebagainya.

3. Mengendalikan keuangan dengan melakukan evaluasi dan perbaikan keuangan serta sistemnya

Tentunya, fungsi ini bertujuan untuk memastikan segalanya berjalan sesuai dengan perencanaan di awal. Jika pada akhirnya terdapat beberapa hal yang gak sesuai rencana, masih dapat perusahaan kendalikan agar gak membahayakan perusahaan atau bisnis.

4. Memeriksa keuangan juga salah satu fungsi manajemen keuangan

Tujuan audit internal adalah untuk memastikan penggunaan uang sesuai dan gak menyimpang. Kegiatan audit keuangan meliputi analisis, menilai, meninjau ulang, hingga mengevaluasi kinerja setiap divisi yang berhubungan dengan perusahaan. Audit keuangan ini tentu harus sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

5. Setelah melakukan audit keuangan, manajer keuangan akan menyusun laporan keuangan

Isi laporan keuangan, yaitu laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan hingga analisis keuangan dari proses yang telah berjalan.

Itulah fungsi manajemen keuangan yang perlu kamu ketahui. Tertarik memahami lebih dalam tentang keuangan? Kamu bisa ikutan kelas Understanding Financial Reporting di sini. Gak hanya dapat beragam insight, kamu juga bisa mengikuti kelasnya dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura. Yuk, ikutan!

Oh iya, bertepatan dengan momen World Youth Skills Day yang dunia rayakan tiap 15 Juli, goKampus bagi-bagi voucher potongan untuk kamu yang daftar courses menggunakan kode GOWYSD22 pada 15-31 Juli 2022. Yuk, ikutan course dan gunakan voucher-nya biar kamu bisa #LearnBetterGoFaster with goKampus! Cek detail promo World Youth Skills Day 2022 di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *