Tidak sedikit ternyata yang menganggap bahwa kuliah online itu adalah cara praktis atau cepat untuk memperoleh gelar pendidikan. Masih banyak yang ragu untuk mulai memilih kuliah online karena beragam anggapan negatif yang tercipta di luar sana. Padahal, anggapan tersebut hanyalah sebuah mitos kuliah online yang patut untuk diluruskan.

Tak dapat dipungkuri memang bahwa model pembelajaran tatap muka secara langsung atau konvensional lebih familiar dibandingkan dengan metode pembelajaran secara daring atau online. Ini terdengar wajar, karena memang sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, proses belajar menggunakan metode konvensional.

Baca Juga: 3 Keuntungan Kuliah Online Yang Patut Kamu Ketahui

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, didukung pula dengan tingkat kebutuhan pendidikan yang semakin tinggi bagi masyarakat, perguruan tinggi pun mulai menawarkan kuliah online. Tak hanya perguruan tinggi swasta, tetapi juga yang berstatus negeri. Mereka berlomba-lomba untuk menghadirkan sistem kuliah online yang berkualitas, layaknya seperti kuliah konvensional pada umumnya.

Untuk itulah, sudah saatnya beragam mitos tentang kuliah online yang berkeliaran di kalangan masyarakat dihilangkan. Memangnya, apa saja sih mitosnya? Sudah dirangkum, setidaknya ada 3 mitos tentang kuliah online yang berkembang di lingkungan masyarakat.

1. Ijazah Kuliah Online Berbeda Dengan Kuliah Umum

Mitos tentang kuliah online yang pertama bukan lain adalah bahwa kuliah online itu mendapatkan ijazah yang berbeda dengan kuliah konvensional pada umumnya. Mungkin, kamu pun pernah mendengar pandangan itu atau mungkin kamu salah satu orang yang percaya dengan anggapan tersebut?

Faktanya sobat, anggapan tersebut hanyalah sebuah mitos belaka. Tidak benar adanya. Dapat dipastikan bahwa lulusan kuliah online tetap mendapatkan ijazah yang sama alias tidak ada bedanya dengan kuliah umum lainnya. Tidak hanya ijazah, gelar pun juga sama.

Ragu dengan fakta yang mematahkan mitos ini? Kamu bisa cek di masing-masing website universitas yang menyediakan program kuliah online ya sobat. Di sana, kamu akan menemukan jawaban pasti sekaligus mematahkan mitos bahwa ijazah kuliah online itu berbeda dengan kuliah konvensional.

2. Sistem Kuliah Online Itu Ribet

Mitos kedua tentang kuliah online yang sering terdengar di lingkungan masyarakat adalah ribet atau menyusahkan. Tidak sedikit yang bilang kalau kuliah online itu bukannya memudahkan, justru sebaliknya dan juga membingungkan.

Faktanya sobat, pada awal masa perkuliahan, setiap universitas akan menjelaskan secara tuntas tentang kuliah online. Mulai dari bagaimana cara mengaksesnya, apa saja fitur yang tersedia dan bagaimana menggunakannya, hingga dosen pun juga akan menjelaskan tentang sistem penilaian tugas maupun kuis.

Anggapan bahwa kuliah online itu ribet dan menyusahkan, tidaklah benar. Ini kembali pada diri kita sendiri bagaimana memahami sistem kuliah online yang berlangsung sesuai dengan universitas pilihan. Singkirkan anggapan ini dan beranilah untuk memulai.

3. Kuliah Daring Berarti Bisa Nyontek

Dan mitos terakhir yang berkembang di kalangan masyarakat tentang kuliah online adalah bisa atau mudah untuk menyontek. Tak dapat dipungkuri memang bahwa proses kuliah konvensional saja masih banyak yang nyontek. Minim pengawasan menjadi faktor lain.

Faktanya, ketika ujian baik itu Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS), akan tetap dilangsungkan secara tatap muka. Dengan kata lain, proses belajar sebelum dan sesudah UTS memang dilakukan secara online, namun tidak dengan proses ujiannya.

Sehingga, anggapan bahwa mahasiswa program kuliah online itu mental nyontek tidak benar adanya. Mereka harus tetap mampu menguasai materi demi materi agar mampu mengerjakan soal saat ujian berlangung.

Itulah 3 mitos tentang kuliah online yang berkembang di lingkungan masyarakat. Ketiga anggapan yang sejatinya tidaklah benar adanya. Dan perlu diketahui pula bahwa kuliah online itu menghadirkan berbagai keuntungan yang tidak bisa didapatkan oleh mahasiswa dengan program kuliah konvensional.

Kini, tidak hanya kuliah saja yang hadir secara online, tetapi juga daftar kuliah. Ya, kamu bisa daftar kuliah secara online hanya cukup dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki sobat. Caranya, download aplikasi goKampus di App Store maupun Google Play Store. Selain itu, ada fitur lain yang bisa kamu manfaatkan, seperti beasiswa, magang, promo mahasiswa, event kampus dan dana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like