Rumah adalah tempat terbaik untuk pulang setelah melakukan ragam aktivitas di luar, seperti sekolah, bekerja, bermain dan lain sebagainya. Namun bagaimana jika tidak boleh keluar alias harus bertahan di rumah dalam waktu yang cukup lama karena ada suatu alasan penting? Seperti keadaan sekarang ini yang diharuskan untuk stay at home karena covid-19 atau corona. Pastinya, bosan di rumah akan sangat terasa dan begitu mengganggu. Lantas bagaimana untuk menyikapinya?

Baca Juga: 3 Langkah Efektif Belajar di Rumah

Sebelum kamu mengetahui bagaimana mengatasi cara terbaik untuk mengatasi rasa bosan di rumah. Pertama kita akan lebih dulu berbicara tentang mengapa rasa bosan itu tercipta. Sama-sama kita tahu bahwa rasa bosan itu bisa tercipta karena melakukan kegiatan yang sama berulang kali hingga rasa semangat besar saat memulai mulai menghilang.

Ketika rasa semangat hilang, maka kita akan bermalas-malasan, dengan kata lain tidak lagi produktif seperti sebelumnya. Untuk itulah mengusir rasa bosan menjadi hal yang harus dilakukan ketika terjebak dalam satu keadaan yang berulang.

Banyak cara untuk mengusir rasa bosan di rumah demi mengembalikan rasa semangat seperti semula. Namun dari banyaknya cara yang bisa sobat goKampus coba, setidaknya ada 3 cara ampuh untuk menaklukkan rasa bosan di rumah.

1. Mengubah Tampilan

Cara pertama untuk mengusir rasa bosan di rumah adalah dengan menghadirkan tampilan baru. Seperti disinggung sebelumnya, kalau rasa bosan itu bisa terjadi karena terjebak pada satu keadaan yang sama dan berulang. Dengan mengubah tampilan seperti kamar tidur, tempat belajar dan tempat kerja, dapat dipastikan rasa bosan akan menghilang.

Mengubah tampilan tidak perlu secara besar-besaran sobat. Kamu bisa mulai dengan mengubah posisi meja, kursi, lemari dan tempat tidur. Selain itu, lengkapi juga dengan bunga atau pengharum ruangan yang sobat sukai. Dan terakhir, bisa dengan memberikan sentuhan poster atau kata-kata bijak pada dinding.

2. Saatnya Bermain Bersama Keluarga

Setelah berangkat dari suatu hal yang sifatnya pribadi, sekarang kita beranjak ke suatu yang sifatnya bersama. Cara kedua untuk mengalahkan rasa bosan di rumah adalah dengan bermain bersama keluarga.

Mungkin saat tidak ada larangan untuk keluar rumah, sobat jarang sekali berkomunikasi dengan keluarga seperti orang tua, nenek, kakak, maupun kakak dan adik. Atau jarang bermain suatu permainan yang menyenangkan.

Inilah saatnya untuk melakukan hal yang selama ini terlewatkan. Hilangkan rasa bosan di rumah dengan bermain permainan yang menyenangkan. Contohnya, kamu bisa main monopoli atau nonton film bersama. Pokoknya, jadikan momen dirumahaja ini sebagai perekat kembali kebersamaan dengan keluarga.

3. Melakukan Hal Baru

Kembali ke ranah pribadi. Rasa bosan itu tidak hanya datang karena keadaan sekitar, tetapi juga dari diri sendiri. Ketika sudah terjebak akan rasa bosan, mengapa tidak mencoba untuk melakukan hal baru? Hal yang mungkin selama ini tidak berani untuk dilakukan?

Momen dirumahaja ini jadikan sebagai langkah berani atau perubahan pada diri kamu sobat. Mulailah berani untuk tidak lagi menunda hal yang baru. Karena ketahuilah, semua kesuksesan berawal dari keberanian.

Oleh karena itu, jangan lagi ragu. Lakukan sekarang juga! Contohnya, kamu tidak berani membuat konten video karena takut hasilnya jelek dan tidak disukai orang lain. Hilangkan perasaan pengecut itu dan percaya dirilah. Percayalah, segala hal yang pertama itu selalu berhasil untuk memacu diri kita agar lebih baik.

Itulah 3 cara ampuh dalam mengusir rasa bosan di rumah yang patut kamu coba sobat goKampus. Dan tenang saja! Meski kamu harus melakukan segala hal di rumah, kamu tetap bisa daftar kuliah. Melalui aplikasi goKampus, kamu bisa langsung diterima di kampus pilihan loh!

Tidak cuma bisa daftar kuliah aja, melalui aplikasi goKampus, sobat juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Untuk kamu yang juga butuh informasi magang, event kampus dan dana pendidikan, kamu juga bisa cukup mengandalkan aplikasi goKampus. Satu lagi, di aplikasi goKampus, banyak promo yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like