Pada tahun 2001, Akademi Pariwisata NHI (National Hotel Institute) Bandung telah membuka program studi perhotelan. Prodi ini sendiri memiliki 4 program pendidikan, yakni Rooms Division Service, Food & Beverage Services, Kitchen, dan Pastry.

Hadirnya prodi Perhotelan di NHI Bandung tidak terlepas dari catatan perdagangan dunia dalam satu dekade terakhir. Dimana industri pariwisata menjadi penyumbang terbesar, yakni sepertiga dari total keseluruhan.

Baca Juga: Beda! Perbedaan Antara AKPAR NHI Dengan STPB

Pada tahun 2010, Indonesia mencatatkan dirinya sebagai salah satu dari 10 besar negara yang menyerap tenaga kerja di bidang pariwisata. Tingkat pertumbuhan ketersediaan lapangan kerja pun bisa mencapai hingga 1,1 juta pertahun.

Dampaknya, pertumbuhan jumlah hotel di dalam negeri mengalami peningkatan begitu signifikan. Bahkan juga terjadi di luar negeri, mengingat pertumbuhan pariwisata dunia terus mengalami peningkatan. Alhasil, tenaga kerja profesional dan ahli sangat dibutuhkan di industri perhotelan.

Akpar NHI Bandung menghadirkan prodi Perhotelan dengan tujuan untuk menghadirkan para lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan tentang perhotelan yang berkualitas. Sehingga mereka mampu mengelola usaha pariwisata tidak hanya dengan baik dan bertanggung jawab, tetapi juga efisien, kreatif dan berjiwa wirausaha.

Prodi Perhotelan Akpar NHI Bandung merupakan suatu program pembelajaran yang menerapkan sekaligus mengembangkan pengetahuan, ilmu perhotelan, dan keterampilan lainnya di bidang perhotelan.

Mahasiswa jurusan Perhotelan Akpar NHI Bandung akan menempuh studi selama 6 semester, 3 sampai 5 tahun, dengan dibebankan 110 – 120 SKS. Gelar yang akan mereka dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan adalah Ahli Madya atau A.Md.Par.

Program Diploma III (D3) Perhotelan Akademi Pariwisata NHI Bandung dibagi menjadi 4 bidang peminatan, yakni Rooms Division Service, Food & Beverages Service, Kitchen dan Pastry.

Room Division Service

Peminatan Room Division Service atau Divisi Kamar mempelajari tentang Front Office, Laundry, dan Housekeeping. Dalam mendukung proses pembelajaran, Akademi Pariwisata NHI Bandung telah melengkapi berbagai sarana prasarana. Diantaranya seperti laboratorium praktikum berupa ruang simulasi, laboratorium bahasa, perpustakaan, internet, dan IT.

Selain sarana prasarana yang mendukung, tenaga pengajar dan para dosen juga merupakan yang berkompeten dan ahli. Mereka berasal dari lulusan S1 dan S2 yang telah memiliki pengalaman di industri pariwisata.

Food & Beverage Service

Peminatan Food & Beverage Service atau juga disebut dengan F&B Services bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki pengetahuan dan kompeten dalam pengelolaan kegiatan operasional pelayanan makanan dan minuman.

Sarana dan prasarana pendukung juga sama halnya dengan peminatan Room Division. Tersedia laboratorium, bar, restaurant, banquet, perpustakaan, steward, lounge, dan room service. Begitu juga dengan tenaga pengajar dan dosen yang berkualifikasi S1 dan S2.

Kitchen dan Pastry

Peminatan Kitchen dan Pastry menjadi bagian dalam program studi Diploma II Jurusan Perhotelan Akademi Pariwisata NHI Bandung. Dua peminatan ini bertujuan untuk mencetak para lulusan yang profesional dalam mengelola kegiatan operasional, khususnya di bidang pengolahan makanan.

Untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pengolahan makanan, Akpar NHI pun telah dilengkapi dengan laboratorium praktikum berupa pastry lab, kitchen lab, komputer lab, dan perpustakaan.

Proses belajar mengajar akan dibimbing langsung oleh para tenaga pengajar dan dosen yang berkompeten. Dimana mereka telah berpengalaman di industri pariwisata dan berkualifikasi S1, S2. Para dosen pun juga ada yang berasal dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau yang lebih dikenal dengan sebutan STP Bandung.

Tahukah kamu bahwa sebentar lagi goKampus akan turut hadir di Akademi Pariwisata NHI Bandung pada minggu ini. Di sana, goKampus akan membagi-bagikan hadiah seperti salah satunya adalah beasiswa kuliah.

Jadi, segera download aplikasi goKampus sekarang juga! Tersedia di Google Play Store dan App Store. Selain acara-acara kampus, ada informasi juga tentang beasiswa kuliah, magang, dana pendidikan, promo mahasiswa, dan pendaftaran kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like