Universitas Hasanuddin
Upskill

Universitas Brawijaya, Kampus Menarik Di Kota Malang

Guys, siapa sih yang belum pernah mendengar nama Universitas Brawijaya? Universitas Brawijaya adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki banyak peminat lho. Tercatat, ada 61.743 siswa yang mendaftar ke UB pada UTBK-SBMPTN 2021.

Kampus yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur ini berdiri pada 5 Januari 1963. Awalnya, Universitas Brawijaya merupakan cabang dari Universitas Swasta Sawerigading, Makassar yang hanya menyediakan dua fakultas; Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi.

Sayangnya, kedua fakultas tadi kurang berkembang sehingga mahasiswa dan sejumlah masyarakat berinisiatif untuk mendirikan universitas sendiri di kota Malang. Nah, sekitar tahun 1957, terbentuklah Yayasan Perguruan Tinggi Malang, Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), dan disusul Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM).

Satu tahun setelahnya, Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan menyanggupi proses pembangunan Universitas Brawijaya menjadi PTN. Hasilnya, usaha tersebut berbuah manis sehingga kampus resmi berdiri pada 1963 berdasarkan keputusan Presiden RI saat itu.

Dalam perjalanannya, kampus ini sudah sejajar dengan beberapa kampus elite di Indonesia lho. Kemenristekdikti mencatat, kampus ini berada di lima besar kampus terbaik di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung. Sementara menurut laporan data QS, kampus ini menduduki peringkat 51 di Asia dan 400 dunia. Keren ya guys!

Jika melihat catatan manis yang tertulis sepanjang sejarah Universitas Brawijaya, wajar dong kalau kampus ini punya hal-hal menarik di baliknya. Apa saja? Yuk simak penelusurannya.

Beragam Aktivitas Kemahasiswaan

Universitas Brawijaya membagi unit aktivitas mahasiswa ke dalam lima minat, yaitu minat penalaran, minat olahraga, minat kesenian, minat khusus, dan minat kesejahteraan mahasiswa.

Masing-masing minat tersebut disesuaikan dengan keinginan mahasiswa itu sendiri lho. Misalnya kamu pecinta bulu tangkis, basket, sepak bola, dan olahraga lain, bisa bergabung ke minat olahraga. Tapi kalau kamu minatnya pada aktivitas band, paduan suara mahasiswa, UNITANTRI atau Unit Aktivitas Karawitan dan Tari, Teater Kutub, kamu bisa ikutan minat kesenian. Seru ya!

Unggul di Bidang Ilmiah

Nah, fakta ini yang bikin kampus ini menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Keunggulan lainnya di bidang sains atau ilmu ilmiah. Tercatat, universitas dengan 138 guru besar ini telah 6 kali menjuarai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Melalui PIMNAS, para mahasiswa menuangkan ide-ide kreatifnya dalam bidang karya ilmiah. Ada 7 PKM yang ada di PIMNAS, yaitu PKM-GT (Gagasan Tertulis), PKM-T (Penerapan Teknologi), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Kepada Masyarakat), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-PSH (Penelitian Sosial Humaniora), dan yang terakhir PKM-PE (Penelitian Eksakta)

Resmi Jadi PTN BH

Per 18 Oktober 2021, status Universitas Brawijaya resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTN BH. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 108 Tahun 2021 tentang PTN BH Universitas Brawijaya.

Terus apa untungnya? Sebagai PTN BH, Universitas Brawijaya bisa mengelola bidang akademik dan non akademik secara mandiri. Nggak hanya itu, pihak kampus juga akan memiliki organ Majelis Wali Amanat (MWA) yang bertugas menyusun, merumuskan, dan menetapkan kebijakan.

Dengan kemandirian tersebut, Universitas Brawijaya bisa mengelola rumah tangganya sendiri sesuai dengan tujuan kampus tersebut. Dengan begitu, perguruan tinggi bisa lebih cepat berkembang, berinovasi, keterbukaan dan kemampuan menyajikan informasi yang relevan secara tepat waktu sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan standar pelaporan yang berlaku kepada pemangku kepentingan.

Gimana menurut kamu tentang Universitas Brawijaya? Kalau kamu yang berminat untuk berkarier di bidang sains, kamu cocok banget kuliah di sini. Selain itu, kampus ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan mempunyai fakultas dan program studi D3, D4, hingga S1. Untuk pendaftaran, kamu bisa daftar kuliah di goKampus. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima. Udah siap daftar kuliah? Klik link ini: daftar di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *