kuliah di institut teknologi bandung
Upskill

5 Keunikan Kuliah di Institut Teknologi Bandung, Kampus Idaman!

Kalau ada yang bertanya ITB, pasti kamu sudah tahu jawabannya! Ya, ITB atau kepanjangan dari Institut Teknologi Bandung adalah salah satu kampus terkenal di Indonesia. Berkat reputasinya yang tinggi, wajar kalau “gengsi” untuk tembus menjadi mahasiswa di ITB juga cukup besar.

Hampir setiap tahun, kampus yang berdiri pada 2 Maret 1959 di Jawa Barat ini selalu menjadi rebutan para lulusan SMA. Gimana nggak, ITB sudah mengantongi akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Bahkan, beberapa program studi di ITB telah terakreditasi unggul.

Keunikan Kuliah di Institut Teknologi Bandung

Selain hal yang goKampus sebutkan tadi, ada sejumlah hal unik yang bisa kamu temui di Institut Teknologi Bandung. Apa saja?

1. Alur penjurusan a la Institut Teknologi Bandung yang berbeda

Fakta unik pertama adalah tentang akademik kampus ini. Institut Teknologi Bandung punya alur penjurusan yang berbeda dengan alur penjurusan kampus lainnya. Biasanya, kamu akan menentukan jurusan yang akan kamu masuki saat mendaftar kuliah.

Tapi, kalau kamu mendaftar di kampus ini, kamu akan melewati tahun-tahun awal di fakultas tanpa jurusan. Setelahnya, baru kamu akan diarahkan ke fakultas yang diminati. Cara ini ternyata ampuh loh buat meminimalisir fenomena “salah jurusan”.

2. Ada pasar seni ITB

Di ITB, ada acara 4 tahunan yang mahasiswa seni rupa biasanya gelar, yaitu pasar seni ITB. Uniknya, persiapan pasar seni memakan waktu hingga berbulan-bulan. Makanya jangan kaget kalau acaranya ramai dan selalu terbilang sukses.

Pasar seni ini sendiri pertama kali digelar tahun 1972 sebagai wadah untuk mempertemukan seniman dengan masyarakat langsung. Tujuannya adalah untuk meningkatkan apresiasi terhadap karya seni. Seru, ya!

3. Fasilitas Gedung Sabuga yang wow!

Sabuga adalah singkatan dari Sasana Budaya Ganesha. Gedung yang dimiliki oleh Institut Teknologi Bandung ini punya aula yang luas dan sering dipakai untuk berbagai macam acara loh. Karena fasilitasnya yang terdiri dari trek lari sampai kolam renang berstandar olimpiade, gedung ini biasanya juga mahasiswa baru manfaatkan untuk memperoleh nilai olahraga.

Nggak hanya itu, Sabuga juga sering dipakai untuk pertunjukan musik, job fair, sampai acara wisuda anak ITB lho. Sabuga juga dilengkapi dengan 3 ruangan yang digunakan sebagai wisata IPTEK, yaitu Science Gallery, Dome Theatre, dan Kids Smart.

4. Rata-rata alumninya sukses

Institut Teknologo Bandung menjadi salah satu kampus yang punya banyak alumni sukses. Hal ini tentu memudahkan mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu dari alumni dan mengembangkan networking saat bekerja. Selain itu, ITB juga mewadahi para alumninya agar tetap terhubung loh. Wadah tersebut dalam bentuk sebuah organisasi bernama Ikatan Alumni ITB (IA-ITB). Keren, ya!

5. Banyak beasiswa

Nah, para lulusan SMA banyak yang mengincar poin yang satu ini. Karena statusnya adalah kampus idaman, biaya kuliah ITB relatif mahal. Sebagai gambaran, biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester Fakultas Sekolah Bisnis dan Manajemen untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN maupun SBMPTN 2021 mencapai Rp20 juta.

Sementara biaya UKT per semester fakultas lainnya sebesar Rp12.500.000. Tapi tenang, kamu nggak perlu khawatir soa biaya. Soalnya ITB punya banyak program beasiswa bagi mahasiswanya.

Baca Juga: Skor TOEFL Adalah Syarat Beasiswa? Cari Tahu, Yuk!

Gimana? Keunikan dan reputasi yang bagus bikin kamu mau daftar kuliah di Institut Teknologi Bandung? Kalau kamu masih mau mencari-cari informasi tentang kampus idaman lain, program beasiswa, dan sistem pengajaran kampus mana yang bagus, kamu bisa langsung cek di web goKampus loh! Daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Penasaran? Klik linknya di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *