mudik lebaran
Tips Belajar

Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Nyaman dan Lancar

Semua orang yang melakukan mudik lebaran pasti ingin sampai ke kampung halaman dengan selamat. Agar perjalanan mudik yang kamu alami nyaman dan lancar hingga sampai tujuan, inilah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga: Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung, Serupa Tapi Tak Sama!

1. Mudik Lebaran Lagi Ramai-Ramainya, Waspada COVID-19!

Meski COVID-19 sudah gak seganas pandemi pada 2020 dan 2021, kita harus mempersiapkan diri dengan baik saat mudik. Bawa masker secukupnya, juga perlengkapan tambahan seperti hand sanitizer. Ada baiknya sebelum mudik kamu sudah divaksin lebih dulu, agar tubuhmu lebih kuat dalam menghadapi bahaya virus korona.

Pada 2022, vaksin menjadi syarat untuk pemudik. Jika kamu sudah vaksin ketiga alias booster, kamu boleh melakukan perjalanan tanpa harus mengikuti tes kesehatan. Jika kamu baru dua kali divaksin (2 dosis), kamu harus menjalani pemeriksaan kesehatan dengan rapid test antigen lebih dulu. Baru sekali vaksin? Siap-siap untuk tes PCR dulu sebelum menempuh perjalanan mudik.

2. Cek Kesehatan

Ini sebenarnya berlaku bagi perjalanan jauh apa saja. Ada baiknya pemudik berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal ini bahkan sebetulnya harus jadi kewajiban, jika pemudik adalah kelompok rentan seperti ibu hamil, lanjut usia (lansia), atau penderita penyakit kronis.

3. Bawa Obat

Jika perjalanan mudik yang akan kamu alami bakal panjang hingga di atas 3 jam, ada baiknya kamu membawa obat-obatan sederhana seperti obat sakit kepala, anti-mual, obat diare, obat alergi, hingga jamu dan madu. 

4. Bawa Pakaian Hangat

Indonesia memang negara tropis, tapi beberapa daerah memiliki suhu yang relatif dingin. Selain itu, suhu di dalam kendaraan umum seperti bis, kereta, dan pesawat terbang bisa jadi cukup dingin, apalagi jika kamu menempuh perjalanan pada malam hari. Sediakanlah pakaian hangat seperti jaket dan sweater.

Bagi kamu yang membawa kendaraan sendiri, inilah beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum menempuh perjalanan mudik.

5. Cek Kendaraan

Pastikan kendaraan yang kamu gunakan dalam kondisi prima. Sebab, perjalanan jauh bukan main-main. Kalau salah, urusannya bahkan bisa nyawa, loh! Lebih baik pergi ke bengkel dulu deh, sebelum berangkat. Cek berbagai komponen kendaraan seperti rem, oli, filter udara, aki, komponen lampu, kaki-kaki, dan sebagainya. Pastikan kendaraanmu siap tempur.

6. Cek Rute Perjalanan

Perencanaan yang matang akan membuat perjalananmu menyenangkan. Zaman sekarang sudah canggih, kamu bisa mengecek rute dengan aplikasi navigasi seperti Waze dan Google Maps. Catat lokasi penting seperti SPBU, restoran, dan fasilitas kesehatan di sekitar rute perjalanan.

7. Jangan Memaksakan Diri

Jika kamu mengendarai kendaraan, jangan pernah memaksakan diri. Ingin buang air? Segera cari toilet. Merasa lelah? Beristirahatlah. Ngantuk? Tidur dulu sebentar. Jangan memaksakan diri, karena itu sama saja dengan cari mati. Lebay? Gak juga, sudah banyak loh, kejadian kecelakaan karena pengemudi terlalu memaksakan diri.

Saat membuat rute perjalanan, lihat dan tentukan tempat-tempat yang cocok untuk beristirahat. Selain itu harus kamu ingat, gak hanya pengendara yang bisa lelah karena perjalanan. Penumpangnya juga bisa kelelahan.

Bagi kamu yang sedang mudik, stay safe ya! Selepas mudik jangan lupa upgrade skill di goKampus! Di goKampus, kamu bisa upgrade skill melalui kelas online sekaligus mendapatkan sertifikat berlisensi Nanyang Technological University Singapura atau Trent Global College sebagai modal kamu mencari pekerjaan terbaik! Penasaran? Klik di sini

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *