teknik analisis data kualitatif
Tips Belajar

Yuk, Kenalan Dengan Teknik Analisis Data Kualitatif

Tonton Sekarang

Dalam menganalisis data, ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan, sesuai dengan jenis data yang kamu gali. Untuk data yang bersifat personal/ pribadi, kamu bisa melakukan teknik analisis data kualitatif.

Intinya, analisis data kualitatif membahas konsep suatu permasalahan dan tidak disertai data berupa angka. Misalnya, data-data rekaman suara/video, catatan, wawancara, partisipasi narasumber, serta tinjauan pustaka. 

Tentunya ada beberapa teknik yang dapat mendukung kamu melakukan analisis data kualitatif. Inilah tiga teknik tersebut.

Analisis Konten (Content Analysis)

Pada teknik analisis konten, pengamat mendapat data melalui alat rekaman, entah itu rekaman suara, gambar, atau gambar bergerak (video). Nah, rekaman tersebut diubah menjadi materi berupa teks dengan cara ditranskrip untuk kemudian dianalisis. Misalnya, kita mewawancarai seorang narasumber, merekam dengan video, lalu apa yang disampaikan oleh narasumber serta bahasa tubuhnya kita jadikan teks.

Teknik Analisis Data Berupa Wacana

Teknik ini bertujuan supaya kita bisa menganalisis komunikasi dan wacana-wacana dalam suatu konteks sosial. Dalam teknik ini, bidang yang dibahas adalah pidato, tulisan, bahasa, percakapan, dan sebagainya. Analisis wacana mengkaji bidang tersebut, serta cara penyampaian pesan yang terkandung di dalamnya. Misalnya, kita menganalisis pidato Presiden RI dan bagaimana beliau menyampaikan pesan dalam pidatonya.

Analisis Naratif

Teknik analisis naratif bertujuan untuk meneliti suatu kumpulan peristiwa yang terjadi. Lalu, peristiwa tersebut dideskripsikan dalam teks, lalu disajikan dalam bentuk narasi atau cerita. Misalnya, berita yang membahas jalannya sebuah pertandingan sepakbola.

Lalu, gimana cara kita melakukan analisis data kualitatif? Dalam analisis data kualitatif, ada beberapa langkah dan tahapan dalam pengumpulan data. 

1. Reduksi Data

Seperti namanya, ketika kita melakukan reduksi data, kita akan menyederhanakan data dengan melakukan penggolongan dan membuang data yang tidak perlu agar data-data tersebut menghasilkan informasi bermakna. Ini akan memudahkan kita dalam berbagai tahapan selanjutnya.

2. Menyajikan Data

Dalam menyajikan data kualitatif, bentuk penyajiannya bisa berupa teks naratif (catatan lapangan), grafik, jaringan, atau matriks. Dengan penyajian data yang baik dan benar, akan memahami data semakin mudah.

3. Kesimpulan Dan Verifikasi

Ini merupakan tahap terakhir dalam teknik analisis data kualitatif. Kita akan mencari hubungan, persamaan, atau perbedaan dalam data untuk menarik kesimpulan. Namun gak asal kesimpulan saja, karena kesimpulan tersebut harus kredibel dan memiliki bukti-bukti yang valid, serta harus bersifat objektif. 

Sudah siap untuk mengolah data? Selamat mencoba ya! Kalau kamu ingin mendalami ilmu seputar data, coba ikutan kelas Business Data Analytic dari goKampus yuk! Bekerja sama dengan universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University, memberikan kesempatan untuk meraih sertifikat profesional langsung dari NTU! Cek linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *