cara mengurangi sampah plastik
Tips Belajar

6 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Sampah plastik masih menjadi isu di kehidupan kita. Dampak dan bahaya sampah plastik terus menghantui dari waktu ke waktu. Belum lagi pemanasan global yang turut kita rasakan saat ini. Tentunya masalah ini sudah gak boleh kita sepelekan lagi. Namun, pada kenyataannya, kita gak bisa jauh dari plastik. Agar dampak sampah plastik gak terus bertambah parah, maka kita harus berusaha mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimana cara mengurangi sampah plastik di kehidupan sehari-hari? Yuk, langsung kepoin artikel ini!

Cara Mengurangi Sampah Plastik

Demi pelestarian lingkungan dan bumi, kita bisa terapkan cara mengurangi sampah plastik berikut ini!

1. Hindari pemakaian sedotan plastik untuk mengurangi sampah plastik

Ketika membeli minuman kemasan, seperti teh, kopi, dan berbagai jenis minuman lainnya, hindari menggunakan sedotan plastik satu kali pakai. Kamu bisa membawa sedotan yang terbuat dari stainless steel, kertas, ataupun bambu. Cara yang kamu lakukan ini sudah membantu mengurangi sampah plastik. FYI, sempat trending beberapa waktu lalu kalau sedotan plastik merupakan sampah plastik yang paling banyak di lautan. Tentunya hal ini berbahaya bagi hewan ataupun ekosistem laut.

2. Gak menggunakan peralatan makan berbahan plastik

Masih banyak pedagang yang menggunakan plastik sekali pakai untuk peralatan makan. Untuk mengurangi penggunaan plastik, kamu bisa membawa peralatan makan yang berbahan stainless steel, kayu, kaca, dan bambu. Bahan kimia dari peralatan makan yang berbahan dasar plastik juga gak baik untuk kesehatanmu. Kamu bisa ajak temanmu untuk turut membawa peralatan makan sendiri ketika bepergian, sekolah, ataupun ke kantor.

3. Membawa reusable bag ketika berpergian

Salah satu sampah yang paling banyak ditemukan adalah sampah kantong plastik. Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik kamu bisa membawa reusable bag atau tote bag sendiri ketika akan pergi berbelanja. Kamu bisa memilih tote bag yang berbahan katun, kanvas, hingga anyaman. Pilihlah reusable bag yang berukuran besar sehingga dapat memuat banyak barang belanjaanmu.

Saat ini sudah banyak sekali reusable bag yang memiliki desain unik dan menarik sehingga kamu bisa berbelanja dengan fashionable! Jika jumlah barang belanjaanmu lebih banyak daripada kapasitas reusable bag, kamu bisa menggunakan kardus bekas sebagai bungkus belanjaanmu. Biasanya beberapa supermarket menyediakan kardus untuk barang belanjaan yang banyak.

4. Membawa tempat makan dan minum sendiri

Ketika akan pergi sekolah, kuliah, ataupun kerja, kamu bisa membawa bekal menggunakan wadah makan dan minum sendiri. Selain mengurangi penggunaan plastik, dengan membawa bekal sendiri maka kamu juga bisa menghemat pengeluaranmu.

Selain itu, jika akan makan di luar, kamu bisa membawa wadah makan atau minum milikmu sendiri. Misalnya, ketika membeli siomay, alih-alih menggunakan plastik sebagai pembungku, kamu bisa menggunakan kotak bekalmu sendiri. Begitu juga ketika akan membeli kopi di kedai kopi, kamu bisa menggunakan botol minummu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi atau berhenti membeli minuman kemasan plastik.

5. Gak menggunakan plastik untuk menyimpan makanan

Ketika akan menyimpan bahan belajaan, hindari penggunaan wadah plastik sekali pakai. Kamu bisa menggunakan wadah yang terbuat dari kaca, besi, kardus, atau karton. Dengan mengganti wadah penyimpanan ini, kamu turut mengurangi sampah plastik di bumi.

6. Mendaur ulang juga cara mengurangi sampah plastik

Jika kamu melihat banyak sampah plastik di rumahmu, jangan langsung di buang karena sampah plastik ini bisa kamu daur ulang menjadi barang yang berguna. Misalnya, kamu dapat membuat tas atau dompet dari bungkus makanan ringan. Kamu juga bisa membuat meja atau kursi yang terbuat dari botol bekas atau bahkan menjual kembali hasil prakarya tersebut kepada orang lain. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi sampah plastik dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik. Jangan lupa untuk ingatkan orang-orang di sekitarmu pentingnya mengurangi penggunaan plastik. Kalau bukan kita yang menjaga bumi ini, siapa lagi?

Baca Juga: Seperti Apa Tahapan Daur Ulang Sampah Plastik? Cek di Sini!

Oh iya, berterapatan dengan momen World Youth Skills Day yang dunia rayakan tiap 15 Juli, goKampus bagi-bagi voucher potongan untuk kamu yang daftar courses menggunakan kode GOWYSD22 pada 15-31 Juli 2022. Yuk, sign up dan gunakan voucher-nya biar kamu bisa #LearnBetterGoFaster with goKampus! Cek detail promoWorld Youth Skills Day 2022 di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *